google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Chile Ditahan Bolivia di Babak Kualifikasi Piala Dunia

Chile vs Bolivia
Chile ditahan imbang Bolivia dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

cr photo: Futbol Peruano

Pertandingan menarik menghadirkan duel antara tim nasional Chile dengan Bolivia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Sama sama sedang berada di luar zona aman untuk lolos ke Piala Dunia, kedua kesebelasan terlibat pertarungan sengit sepanjang pertandingan. Sebagai tuan rumah, Chile bermain sangat dominan dengan menguasai jalannya laga. Sedangkan Bolivia yang andalkan serangan balik bermain cukup baik dengan strategi bertahannya. Terlibat pertarungan sengit, sayang kedua tim harus puas sama sama gagal meraih kemenangan. Skor akhir laga ini sendiri adalah imbang 1-1.

Satu gol yang dilesakkan oleh Chile lahir dari aksi Erik Pulgar. Sedangkan satu gol balasan milik tim nasional Bolivia dilesakkan Marcelo Moreno lewat titik putih. Melihat dari statistik pertandingan, hasil imbang ini memang cukup mengecewakan bagi Chile. Pasalnya, mereka memegang penguasaan bola dengan presentase cukup jomplang, yakni 68 persen berbanding 32 persen. Jumlah tembakan yang dilepas Chile juga jauh lebih banyak, yakni 19 tembakan, sementara Bolivia hanya membuat 4 tembakan. Meski demikian, kurang efektifnya permainan Chile memaksa mereka hany bisa meraih hasil imbang.

Untuk Chile, kekalahan ini masih menahan mereka tetap berada di posisi 7 klasemen. Alexis Sanchez dan kawan kawan terpaut 2 poin saja dari zona aman untuk setidaknya bisa lolos ke babak play-off. Sejauh ini Chile sendiri memang baru berhasil mengoleksi 6 poin dari 6 kali berlaga. Sementara bagi Bolivia, hasil ini juga tak merubah posisi mereka tetap di peringkat 8 klasemen sementara babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bolivia sejauh ini baru mengoleksi dari 6 kali berlaga di babak kualifikasi.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Chile kedatangan sesama tim penghuni papan bawah klasemen, yaitu Bolivia di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Sama sama menginginkan kemenangan untuk memperbaiki posisi, kedua kesebelasan berusaha tampil apik sejak laga dimulai. Terkhusus bagi Chile yang di laga ini tampil sebagai tuan rumah, mereka langsung menekan pertahanan lawannya sejak awal awal babak pertama berjalan.

Mengandalkan duet Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas di lini serang, Chile cukup dominan dalam hal melakukan serangan. Di sebuah kesempatan, Sanchez memiliki kans untuk melesakkan gol ke gawang Bolivia, sayang usahanya masih belum berhasil membuahkan satupun gol.

Peluang untuk mencetak gol juga sempat didapat oleh Bolivia meski mereka tak banyak mendapat kesempatan melakukan serangan. Sebuah sepakan keras Marcelo Moreno cukup terarah ke gawang Claudio Bravo, namun sayang ternyata arahnya masih melenceng sedikit dari gawang. Tak ada gol di babak pertama sehingga skor imbang 0-0 menghiasi papan skor saat turun minum.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Chile yang belum kunjung mencetak gol meski menguasai laga berusaha bermain lebih sabar. Mereka melakukan pendekatan secara lebih sistematis untuk membongkar rapatnya pertahanan lawannya tersebut.

Setelah berusaha berkali kali, kerja keras Chile berhasil membuahkan hasil ketika babak kedua memasuki menit ke-69. Bola umpan Charles Aranguiz berhasil diteruskan menjadi gol oleh seorang Erik Pulgar. Pemain milik klub Fiorentina itu sukses melesakkan gol yang membawa timnya sementara ungul 1-0.

Keunggulan ini sangat disayangkan membuat Chile sedikit terlena. Alhasil mendekati menit akhir, tepatnya ketika babak kedua memasuki menit ke-81, bencana menimpa Chile. Salah satu pemain mereka melakukan pelanggaran di dalam kotak terlaran, wasit lantas memberikan penalti untuk Bolivia. Marcelo Moreno yang maju sebagai eksekutor berhasil melesakkan gol lewat titik putih untuk merubah skor menjadi imbang 1-1. Skor imbang ini ternyata bertahan sampai laga selesai untuk hasil imbang bagi kedua tim.

Susunan Pemain Chile vs Bolivia

Chile (3-4-3): Claudio Bravo, Francisco Sierralta, Gary Medel, Guillermo Maripan, Mauricio Isla, Erik Pulgar, Eugenio Mena, Jean Meneses, Eduardo Vargas, Alexis Sanchez.

Bolivia (4-5-1): Carlos Lampe, Jose Sagredo, Adrian Jusino, Luis Haquin, Diego Ibanez, Rodrigo Ramallo, Borus Cespedes, Danny Bejarano, Leonel Justiniano, Henry Vaca, Marcelo Moreno.