google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Argentina ke Final Usai Singkirkan Kolombia

Argentina vs Kolombia
Kalahkan Kolombia lewat adu penalti, Argentina bertemu Brazil di partai final Copa America 2021.

cr photo: AlleySport

Pertandingan menarik tersaji ketika tim nasional Argentina berhadapan dengan Kolombia dalam babak semifinal ajang Copa America. Pada laga ini Lionel Messi dan kawan kawan dihadapkan dengan perlawanan super ketat yang ditunjukkan skuad Kolombia di sepanjang jalannya pertandingan. Meski demikian, Argentina berhasil tampil tenang dan sukses memenangkan laga ini lewat laga ketat. Abiceleste sukses mengalahkan Los Cafeteros lewat drama adu penalti yang cukup dramatis dengan skor akhir 3-2.

Pada waktu normal sendiri laga ini memang berakhir dengan skor imbang 1-1. Satu gol milik Argentina dilesakkan oleh Lautaro Martinez. Sedangkan satu gol balasan skuad Kolombia dilesakkan oleh Luis Diaz yang sepanjang laga memang tampil apik. Dari statistik terlihat laga ini memang berjalan cukup berimbang. Kolombia unggul sedikit dari sisi penguasaan bola dengan presentase 51 persen berbanding 49 persen. Jumlah tembakan pun Kolombia unggul sedikit, yakni 14 berbanding 13. Tapi kepiawaian Emiliano Martinez sebagai kiper di adu penalti sukses jadi penentuk kemenangan Argentina di laga ini.

Berkat kemenangan ini, Argentina sukses lolos ke partai puncak, yakni partai final ajang Copa America 2021. Pada babak final nanti Argentina sudah ditunggu rival abadi mereka, yaitu Brazil. Di laga semifinal lain, Brazil memang sukses mengalahkan Peru dengan skor akhir 1-0. Laga ini akan jadi sangat menarik karena keduanya merupakan penguasan Amerika Selatan saat ini. Sedangkan bagi Kolombia, kekalahan ini otomatis membuat mereka gagal melenggang ke babak final.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Argentina menjalani laga berat saat menghadapi Kolombia dalam lanjutan babak semifinal ajang Copa America 2021. Bermain di venue netral, kedua kesebelasan sudah langsung sama sama menampilkan permainan terbuka dan agresif. Argentina yang lebih diunggulkan menang lantas mengambil alih kendali permainan sejak wasit memulai babak pertama.

Gol cepat sukses dilesakkan pasukan Abiceleste saat babak pertama baru berjalan tujuh menit. Lionel Messi dengan cerdik melepas umpan pada Lautaro Martinez yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Martinez berhasil menceploskan bola masuk ke gawang lawan untuk bawa Argentina sementara unggul 1-0.

Setelah kebobolan, Kolombia bermain jauh lebih agresif demi bisa menyamakan kedudukan. Beberapa kans sempat didapat oleh Juan Cuadrado dan kawan kawan. Sayang ketangguhan Emiliano Martinez mampu mematahkan peluang peluang tersebut. Sampai dengan babak pertama selesai, usaha Kolombia mengejar ketertinggalan gagal. Alhasil skor 1-0 untuk keunggulan Argentina menjadi hasil di babajk pertama.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki jalannya babak kedua, Kolombia masih berusaha mengimbangi permainan agresif lawannya. Manfaatkan serangan balik cepat, usaha keras Kolombia untuk membalas gol akhirnya terlaksana di menit ke-60 babak kedua. Luis Diaz sukses menyelesaikan umpan yang dilepas oleh Edwin Cardona untuk merubah skor menjadi imbang 1-1.

Di sisa waktu babak kedua, masing masing tim sebenarnya punya peluang untuk melesakkan gol tambahan. Tapi buruknya penyelesaian akhir membuat kedua tim selalu temui kebuntuan. Skor imbang 1-1 pun bertahan sampai laga babak kedua selesai. Skor imbang ini membuat laga langsung dilanjut ke drama adu penalti karena tak ada perpanjangan waktu.

Pada babak ini, kiper Argentina, Emiliano Martinez tampil sebagai pahlawan. Ia sukses menahan sepakan 3 eksekutor Kolombia, yakni Davinson Sanchez, Yerry Mina, dan Edwin Cardona. Sedangkan tiga algojo Argentina, yakni Lionel Messi, Leandro Paredes, dan Lautaro Martnez sukses menjalankah tugasnya. Argentina pun menang dengan skor akhir adu penalti 3-2.

Susunan Pemain Argentina vs Kolombia

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez, Nahuel Molina, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo de Paul, Gedson Rodriguez, Giovanni Lo Celso, Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez.

Kolombia (4-4-2): David Ospina, William Tesillo, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Daniel Munoz, Luis Diaz, Gustavo Cuellar, Wilmar Barrios, Juan Cuadrado, Duvan Zapata, Rafael Santos Borre.