google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Brazil Menang Tipis Melawan Kolombia

Brazil vs Kolombia
Sempat tertinggal, Brazil sukses menang dramatis atas Kolombia di lanjutan Copa America.

cr photo: Sportskeeda

Hasil maksimal berhasil diraih oleh kesebelasan tim nasional Brazil ketika menghadapi lawan kuat, Kolombia di lanjutan laga Copa America. Bermain sebagai tuan rumah, Brazil memang mendapat kesulitan sangat berarti di sepanjang jalannya pertandingan. Bahkan di pertandingan ini Kolombia berhasil unggul terlebih dulu dan memimpin laa nyaris sepanjang 80 menit. Akan tetapi ketenangan dan mentalitas kuat pemain Brazil benar benar bicara di laga ini. Pada akhir pertandingan mereka sukses memenangkan laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol kemenangan skuad berjuluk Selecao di pertandingan ini dicetak masing masing oleh Roberto Firmino dan Casemiro. Sedangkan satu satunya gol balasan Kolombia dicetak lewat aksi cantik Luis Diaz. Tampil di kandang sendiri memang membuat Brazil sangat dominan di laga ini. Total mereka mencatat 70 persen berbanding 30 persen penguasaan bola. Serta membuat hingga 15 tembakan dengan 4 di antaranya on target. Sedangkan Kolombia selama 90 menit pertandingan hanya berhasil membuat 3 tembakan dengan 2 yang on target.

Kemenangan ini sukses meneruskan tren positif Brazil yang sukses menyapu bersih 3 laga awal dengan hasil tiga poin. Dengan hasil ini, Brazil pun kokoh di puncak klasemen sementara Grup A dengan poin sempurna, yakni 9. Sedangkan bagi Kolombia, meski kalah beruntung mereka tetap ada di posisi 2 klasemen. Mereka masih tertinggal 5 poin dari Brazil di puncak klasemen. Dari 4 kali berlaga, Kolombia membuat 1 kali kemenangan, 1 kali seri, dan 2 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga ketat tersaji ketika tim nasional Brazil menghadapi Kolombia di lanjutan pertandingan ajang Copa America 2021. Bermain di kandang sendiri, Brazil gengsi untuk kalah, oleh karena itu skuad asuhan pelatih Tite ini tetap mengincar kemenangan demi melanjutkan tren apik mereka. Sejak laga dimulai, Brazil langsung mengambil kendali permainan dan memaksa Kolombia lebih bertahan.

Akan tetapi karena lengah, Brazil malah harus kebobolan saat babak pertama memasuki menit ke-10. Sebuah umpan terukur yang dilepas Juan Cuadrado menemui Luis Diaz yang berdiri bebas di tiang jauh. Diaz lalu melakukan overhead kick sensasional yang sukses menghujam gawang Brazil. Aksi ciamik penyerang Kolombia itu sukses merubah kedudukan sementara menjadi 0-1 untuk Kolombia.

Setelah tertinggal, Brazil benar benar mengurung pertahanan sang lawan. Neymar hampir menyamakan skor di menit akhir babak pertama. Akan tetapi posisi tubuh yang tak sempurna membuat tembakannya melenceng padahal gawang sudah kosong. Tak ada lagi gol di sisa waktu babak pertama, Kolombia pun sukses unggul 0-1 sampai turu minum.

Babak Kedua

Selepas istirahat, pelatih Tite mencoba melakukan rotasi dengan mengganti beberapa pemainnya yang tak bermain maksimal. Usahanya ini sukses membuat Brazil memang lebih intens dalam menyerang dan mereka punya lebih banyak kans mencetak gol.

Setelah berusaha keras, usaha tak kenal menyerah Brazil berbuah manis di menit ke-78 babak kedua. Berawal umpan yang dilepas Renan Lodi, bola sukses disambar Roberto Firmino. Gol pun sukses dilesakkan striker Liverpool tersebut dan merubah kedudukan sementara menjadi imbang 1-1.

Sesaat memang laga terasa akan berakhir imbang. Akan tetapi di masa injury time babak kedua, bola umpan sepak pojok Neymar berhasil diteruskan oleh sundulan Casemiro. Bola melesak masuk ke gawang Kolombia dan memastikan di laga ini kemenangan jatuh kepada tuan rumah dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Brazil vs Kolombia

Brazil (4-4-2): Weverton, Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro, Everton Ribeiro, Casemiro, Fred, Richarlison, Gabriel Jesus, Neymar Junior.

Kolombia (4-4-2): David Ospina, William Tesillo, Yerry Mina, Davinson Sanchez, Daniel Munoz, Luis Diaz, Mathias Uribe, Wilmar Barrios, Juan Cuadrado, Duvan Zapata, Rafael Santos Borre.