google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Brazil Susah Payah Taklukan Chile

Brazil vs Chile
Brazil sukses menang tipis atas Chile untuk lolos ke babak semifinal Copa America 2021.

cr photo: Juniper Sports

Raihan maksimal berhasil didapat oleh Brazil yang menghadapi tim nasional Chile dalam laga perempatfinal ajang Copa America. Sebagai tuan rumah di turnamen ini, ditambah punya jajaran pemain berkelas, Brazil jauh lebih diunggulkan untuk menang. Selanjutnya yang terjadi ternyata Chile mampu memberikan perlawanan yang sangat ketat ke skuad Selecao. Meski demikian, anak asuhan pelatih Tite berhasil mengatasi tekanan tersebut dengan sangat baik. Mereka pada akhirnya berhasil mengamankan kemenangan di pertandingan ini dengan skor akhir tipi saja, yakni 1-0 atas Chile.

Gol semata wayang yang jadi penentu kemenangan Brazil di pertandingan ini dilesakkan oleh gelandang serang Olympique Lyon, yakni Lucas Paqueta. Di laga yang berjalan ketat ini juga wasit mengeluarkan satu kartu merah yang diberikan kepada pemain Brazil, yakni Gabriel Jesus. Secara statistik karena kalah jumlah pemain, Brazil memang tak bermain dominan. Chile unggul segalanya atas sang tuan rumah, di mana mereka menguasai laga dengan presentase 59 persen berbanding 41. Jumlah tembakan Chile juga lebih banyak, yakni 11 berbanding 10. Namun ketenangan Brazil membuat sang lawan benar benar tak bisa membalas sampai laga selesai.

Atas kemenangan tipis ini, Brazil berhasil melenggang ke babak selanjutnya, yakni babak semifinal ajang Copa America 2021. Pada babak semifinal nanti, Brazil sudah ditunggu oleh Peru yang mana di laga lain Peru berhasil secara dramatis menaklukan Paraguay lewat adu penalti setelah hanya bisa bermain imbang 3-3 di waktu normal. Kekalahan ini juga otomatis membuat Chile gugur dari kompetisi ini dan harus puas hanya berhasil mencapai perempatfinal.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Brazil menjalani laga berat menghadapi Chile dalam pertandingan babak perempatfinal ajang Copa America 2021. Sebagai tuan rumah, Brazil lebih diunggulkan menangi laga ini, oleh sebab itulah skuad asuhan Tite langsung bermain agresif sejak laga dimulai. Brazil benar benar mengurung pertahanan sang lawan bahkan semenjak wasit memulai babak pertama.

Menurunkan Neymar sebagai ujung tombak, Brazil memiliki sejumlah peluang lewat sang megabintangnya tersebut. Neymar yang bekerjasama dengan Gabriel Jesus berhasil membongkar pertahanan Chile, namun penyelesaian akhirnya masih gagal menembus gawang sang lawan.

Chile sendiri di laga ini turun dengan skuad terbaik mereka termasuk duet striker Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas. Mereka juga sempat beberapa kali mengancam gawang Brazil lewat skema serangan balik. Namun sampai dengan babak pertama selesai, kedua tim sama sama gagal melesakkan gol sehingga babak pertama selesai dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Brazil lantas bermain dengan tempo yang sangat cepat. Langsung mengambil alih serangan, Brazil sukses melesakkan gol saat babak kedua baru berjalan satu menit. Lucas Paqueta berhasil melepas tembakan yang gagal dihalau kiper lawan sehingga Brazil pun kini unggul dengan skor 1-0.

Namun suka cita Brazil tak bertahan begitu lama, karena dua menit setelahnya, yakni di menit ke-48 mereka harus kehilangan satu pemainnya. Gabriel Jesus lakukan pelanggaran keras yang membuatnya langsung diganjar kartu merah sehingga di sisa laga Brazil harus bermain dengan 10 pemain.

Keunggulan jumlah pemain sayangnya tak bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Chile. Serangan demi serangan mereka mampu dipatahkan dengan baik oleh pertahanan Brazil. Pada akhirnya Brazil pun menang dengan skor akhir 1-0 di laga ini.

Susunan Pemain Brazil vs Chile

Brazil (4-2-3-1): Ederson Moraes, Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi, Casemiro, Fred, Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison, Neymar Junior.

Chile (5-3-2): Claudio Bravo, Eugenio Mena, Sebastian Vegas, Gary Medel, Francisco Sierralta, Maurcio Isla, Charles Aranguiz, Erik Pulgar, Arturo Vidal, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas.