google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Bungkam Peru, Kolombia Raih Juara Ketiga

Kolombia vs Peru
Menang dramatis atas Peru, Kolombia raih juara ketiga ajang Copa America 2021.

cr photo: Juniper Sports

Laga seru terjado saat dua tim kedua hitam bertemu, yakni Kolombia melawan Peru dalam laga perebutan juara ketiga ajang Copa America. Punya kualitas yang tak jauh berbeda, kedua kesebelasan memang terlibat persaingan sengit di sepanjang jalannya pertandingan. Bukan hanya saling berbalas serangan, namun kedua tim saling berbalas gol di pertandingan ini. Lewat pertarungan sengit, pada akhirnya Kolomboa sukses mengunci kemenangan di laga ini melawan Peru. Pasukan berjuluk Los Cafeteros menang dengan akhir cukup dramatis, yakni 3-2.

Pada pertandingan kali ini, pemain Kolombia yang bernama Luis Diaz menjadi bintang setelah melesakkan dua gol yang pimpin kemenangan timnya. Sedangkan satu gol lainnya dilesakkan oleh winger Juventus, yakni Juan Cuadrado. Sementara itu dua gol balasan skuad Peru masing masing dicetak oleh Yoshimar Yotun dan juga Gianluca Lapadula. Meski kalah, Peru tetap mendapat apresiasi di laga ini setelah berhasil memperlihatkan permainan yang impresif dan meladeni permainan agresif sang lawan.

Berkat kemenangan ini, Kolombia berhasil merebut posisi juara ketiga ajang Copa America 2021. Kolombia berhasil meraih medali perunggu, meski tak terlalu prestisius, namun capaian ini sudah cukup bagi Juan Cuadrado dan kawan kawan untuk menutup kiprah apik mereka sepanjang turnamen ini. Sedangkan bagi Peru, kekalahan ini membuat Peru harus puas hanya berhasil mengakhiri turnamen dengan menempati juara keempat.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Kolombia bersua lawan kuat, yakni tim nasional Peru dalam laga penentuan juara ketiga ajang Copa America 2021. Memainkan laga yang tak terlalu menentukan kedua kesebelasan bermain sangat lepas tanpa beban. Alhasil permainan terbuka dan agresif ditunjukkan keduanya semenjak wasit membuka babak pertama. Jual beli serangan langsung terjadi antara kedua kesebelasan di laga ini.

Sepanjang jalannya pertandingan babak pertama Kolombia sedikit menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang sempat mereka dapatkan. Salah satunya lewat sepakan Edwin Cardona. Namun memang usahanya masih gagal berbuah gol.

Peru yang mengandalkan permainan reaktif berhasil membuka skor terlebih dulu di laga ini saat babak pertama memasuki menit ke-45 atau menit menit akhir. Menerima bola sodoran dari Christian Cueva, Yoshimar Yotun melepas tembakan keras yang gagal dihalau kiper Kolombia. Lesakkan Yotun ini sukses melahirkan gol yang menutup babak pertama dengan skor 0-1 untuk keunggulan Peru.

Babak Kedua

Masuk ke jalannya laga babak kedua, Kolombia yang tertinggal menaikan tensi serangan mereka. Alhasil mereka sukses mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-49 babak kedua. Aksi Juan Cuadrado sepakannya sukses menghujam gawang lawan dan sukses bawa Kolombia menyamakan skor menjadi 1-1.

Tampil lebih menekan, skuad berjuluk Los Cafeteros berhasil membalikkan skor usai Luis Diaz melesakkan gol kedua Kolombia di menit ke-66. Diaz meneruskan umpan Camilo Vargas untuk melahirkan gol yang kini bawa Kolombia berbalik unggul 2-1.

Peru yang kini tertinggal tak mau menyerah begitu saja. Berbalik jadi menguasai laga, Peru yang pantang menyerah sukses menyamakan skor di menit ke-82. Aksi Gianluca Lapadula meneruskan umpan Vargas sukses merubah kedudukan menjadi kembali imbang 2-2.

Ketika pertandingan terasa akan berakhir imbang, Kolombia secara dramatis melesakkan gol di masa injury time babak kedua. Luis Muriel dengan cerdik memberikan bola kepada Luis Diaz yang berdiri bebas. Diaz tanpa kesulitan melesakkan gol untuk memastikan Kolombia memenangkan duel ini dengan skor akhir 3-2.

Susunan Pemain Kolombia vs Peru

Kolombia (4-4-1-1): Camilo Vargas, Stefan Medina, Yerry Mina, Oscar Murillo, William Tesillo, Juan Cuadrado, Wilmar Barrios, Gustavo Cuellar, Luis Diaz, Edwin Cardona, Duvan Zapata.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese, Marco Lopez, Alexander Callens, Anderson Santamaria, Aldo Corzo, Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Christian Cueva, Sergio Pena, Andre Carillo, Gianluca Lapadula.