google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Chile Sukses Bungkam Bolivia

Chile vs Bolivia
Gol tunggal Ben Brereton menangkan Chila atas Bolivia di ajang Copa America 2021.

cr photo: REUTERS/Carla Carniel

Kemenangan berhasil diraih oleh tim nasional Chile ketik berhadapan dengan Bolivia dalam lanjutan pertandingan Copa America 2021. Tampil sebagai salah satu tim yang diunggulkan, sepanjang jalannya laga Chile lantas menguasai jalannya pertandingan. Skuad asuhan Martin Lasarte di pertandingan ini benar benar membuat sang lawan kesulitan bahkan untuk sekedar mengembangkan permainan. Bolivia yang hanya mengandalkan serangan balik sesekali pada akhirnya harus menerima kekalahan di laga ini. Chile pun sukses amankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja atas Bolivia, yakni 1-0.

Satu satunya gol penentu kemenangan Chile di pertandingan ini dicetak oleh Ben Brereton di menit awal babak pertama. Secara statistik memang sangat terlihat bahwa Chile layak menang, pasalnya mereka sangat bermain dominan di sepanjang laga. Chile di laga ini total mencatatkan penguasaan bola dengan presentase hingga 62 persen berbanding 38 persen. Sedangkan dari sisi peluang, Chile juga jauh lebih unggul. Total Chile di laga ini sukses melepaskan 18 tembakan dengan 11 yang on target. Sementara Bolivia hanya membuat 10 tembakan dengan 3 saja yang on target.

Berkat kemenangan ini, Chile untuk sementara naik ke posisi 2 klasemen Grup B Copa America. Chile berhasil mengumpulkan 4 poin dari 2 laga hasil dari sekali imbang dan sekali menang. Mereka hanya kalah dari Argentina di puncak klasemen yang di laga lain sukses memenangkan pertandingan atas Uruguay. Sedangkan bagi Bolivia, kekalahan ini kian menenggelamkan mereka di posisi juru kunci Grup B. Bolivia belum sama sekali mengemas poin usai kalah dua kali dalam dua kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru mempertemukan tim nasional Chile menghadapi Bolivia dalam lanjutan pertandingan Grup B Copa America 2021. Sama sama mengincar tiga poin, kedua tim sedianya berusaha tampil menyerang sejak pertandingan babak pertama dimulai. Akan tetapi Chile dengan kualitas pemain di atas sang lawan berhasil mendominasi jalannya pertandingan.

Usaha Chile untuk bisa membuka skor pada akhirnya sukses membuahkan hasil saat babak pertama baru berjalan sepuluh menit. Diawali umpan yang dilepas Eduardo Vargas, bola jatuh di kaki Ben Brereton. Tanpa kesalahan, Brereton sukses melesakkan gol yang sukses bawa Chile sementara memimpin dengan skor 1-0.

Setelah unggul, Chile kian percaya diri untuk bisa menjalani sisa pertandingan. Mereka bermain jauh lebih dominan dan berhasil menciptakan sejumlah peluang. Akan tetapi penampilan apik kiper Bolivia membuat Chile tak kunjung berhasil menambah gol. Kedudukan 1-0 untuk Chile ini pun kemudian bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Pertandingan berjalan lebih menarik di babak kedua saat Bolivia berusaha untuk keluar menyerang. Mereka lantas memang mendapatkan sejumlah peluang untuk mencetak gol. Akan tetapi penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka tak berhasil untuk bisa melesakkan gol penyama kedudukan.

Sedangkan dari Chile sendiri, meski bermain dominan tak menjamin mereka bisa dengan muda menambah keunggulan. Pada kenyataannya Arturo Vidal dan kawan kawan dibuat cuku[ frustasi di babak kedua karena tangguhnya pertahanan Bolivia. Beruntung bagi Chile karena lawannya tersebut tak mampu mengejar ketertinggalan sampai laga selesai, alhasil kemenangan jadi milik Chile dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Chile vs Bolivia

Chile (4-3-3): Claudio Bravo, Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan, Eugenio Mena, Arturo Vidal, Erik Pulgar, Charles Aranguiz, Jean Meneses, Eduardo Vargas, Ben Brereton.

Bolivia (4-4-2): Carlos Lampe, Roberto Fernandez, Adrian Jusino, Jairo Quinteros, Diego Bejarano, Juan Carlos Arce, Leonel Justiniano Arauz, Ramiro Vaca, Erwin Saavedra, Gilbert Alvarez, Jeyson Ariel Chura Almanza.