google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Kalahkan Brazil, Argentina Raih Gelar Juara

Argentina vs Brazil
Kalahkan Brazil, Argentina sukses memenangkan gelar Copa America 2021.

cr photo: AP News

Kemenangan penting berhasil diraih oleh tim nasional Argentina saat menghadapi Brazil dalam pertandingan final ajang Copa America. Tak terlalu diunggulkan karena sang lawan bertindak sebagai tuan rumah, nyatanya Argentina bermain sangat baik di laga ini. Tak hanya tampil apik saat menyerang, namun mereka juga sangat baik ketika meredam serangan bergelombang pasukan Selecao. Melalui perjuangan tak kenal menyerah, pada akhirnya Argentina sukses memenangkan pertandingan ini. Skuad asuhan Lionel Scaloni ini berhasil mengalahkan Brazil dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Gol semata wayang yang jadi penentu kemenangan Argentina di pertandingan ini dilesakkan oleh winger asal klub Paris Saint-Germain, Angel Di Maria. Sepanjang laga sebenarnya terjadi jual serangan yang sangat menarik. Brazil mendominasi laga ini dengan mencatatkan 60 persen penguasaan bola berbanding 40 persen. Jumlah tembakan yang mereka lepas juga lebih banyak, yakni 13 tembakan. Sementara Argentina hanya berhasil menciptakan 6 tembakan saja. Namun permainan efektif dan efisien pasukan Abiceleste berhasil membawa mereka sukses menaklukan tuan rumah di laga krusial ini.

Atas raihan kemenangan ini, Argentina sukses keluar sebagai juara ajang Copa America edisi 2021. Ini adalah gelar Copa America ketiga Argentina setelah terakhir kali meraihnya di tahun 1993 silam. Gelar ini juga sangat berarti bagi sang kapten sekaligus megabintang Argentina, Lionel Messi. Jatuh bangun Messi untuk bisa mempersembahkan gelar bergengsi pada Argentina pada akhirnya berakhir manis dengan raihan Copa America edisi 2021 di markas riva abadi mereka ini. Sedangkan bagi Brazil, mereka harus puas melihat sang rival berpesta di tanahnya sendiri dan harus rela hanya berhasil menempati posisi runner-up di kompetisi ini.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan dua raksasa Amerika Latin, yakni Argentina melawan Brazil dalam pertandingan final ajang Copa America 2021. Sama sama menyandang status sebagai calon kuat juara, laga final ini memang dinilai sebagai final paling ideal. Semenjak babak pertama dimulai oleh wasit, kedua kesebelasan langsung menampilkan permainan agresif dan saling menyerang.

Tim nasional Argentina yang bermain lebih terorganisir pada akhirnya sukses melesakkan gol terlebih dulu pada menit ke-22 babak pertama. Rodrigo de Paul, berhasil memberikan umpan terukur kepada Angel Di Maria. Tanpa kesalahan, pemain milik klub PSG itu sukses melahirkan gol untuk membawa Argentina sementara ini meminpin dengan skor 1-0 atas sang tuan rumah.

Pada sisa waktu babak pertama, Brazil yang tertinggal berkali kali berusaha untuk melesakkan gol balasan. Akan tetapi disiplinnya pertahanan Tim Tango berhasil meredam permainan agresif sang lawan. Sampai babak pertama selesai skor tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Brazil yang masih tertinggal lantas mengurung pertahanan Argentina untuk bisa melesakkan gol balasan. Beberapa peluang pun didapat Brazil, salah satu yang terbaik adalah lewat aksi Renan Lodi yang naik membantu serangan. Akan tetapi sangat disayangkan uaha bek Atletico Madrid itu masih bisa digagalkan oleh save heroik Emiliano Martinez.

Argentina sebenarnya hampir mengakhiri laga ini lebih cepat saat Lionel Messi mendapatkan kans terbuka untuk mencetak gol kedua bagi timnya. Namun sangat disayangkan usahanya masih bisa diblok oleh para pemain belakang Brazil. Sampai dengan babak kedua selesai tak ada lagi gol yang tercipta. Laga pun selesai dengan skor 1-0 untuk kemenangan Tim Tango Argentina.

Susunan Pemain Argentina vs Brazil

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez, Gonzalo Montiel, Christian Romero, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna, Angel Di Maria, Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovanni Lo Celso, Lionel Messi, Lautaro Martinez.

Brazil (4-3-3): Ederson Moraes, Renan Lodi, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo, Fred, Casemiro, Lucas Paqueta, Richarlison, Neymar Junior, Everton Luiz.