google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Kolombia Menang Tipis atas Ekuador

Kolombia vs Ekuador
Kolombia menang tipis saat berhadapan dengan Ekuador dalam laga Copa America 2021.

cr photo: FotMob

Pertandingan menarik hadir di salah satu laga pembuka Copa America 2021 antara tim nasional Kolombia menghadapi Ekuador. Bermain di Pantanal Arena, kedua kesebelasan sama sama memburu kemenangan demi bisa mendapat start apik yang menaikan percaya diri mereka di sepanjang turnamen ini. Permainan pun cukup berimbang antara kedua kesebelasan di sepanjang jalannya laga. Bahkan Ekuador cenderung lebih menguasai bola khususnya selama babak kedua. Akan tetapi mentalitas baja Kolombia yang sudah tertempa berhasil memaksa sang lawan menyerag. Pada laga kali ini, Kolombia sukses memenangkan pertandingan dengan skor tipis saja, yakni 1-0.

Gol tunggal yang jadi penentu kemenangan pasukan Kolombia di pertandingan ini dilesakkan oleh pemain depan mereka yang bernama Edwin Cardona. Melihat dari statistik, sebenarnya memang Ekuador jauh lebih unggul pada pertandingan ini. Mereka total mencatatkan penguasaan bola sebesar 59 persen dan melepas 8 tembakan dengan 2 yang on target. Sedangkan Kolombia hanya berhasil total membuat 41 persen penguasaan bola, dan mencatatkan 5 tembakan saja dengan 2 yang on target. Meski demikian, efektifitas menjadi kunci kemenangan Kolombia di pertandingan ini.

Berkat kemenangan ini, Kolombia berhasil naik ke posisi 2 klasemen sementara Grup A Copa America. El Tri Color mengemas tiga poin sama seperti Brazil, namun mereka kalah selisih gol. Brazil sendiri di pertandingan lain berhasil menaklukan Venzuela dengan skor 3-0. Sedangkan bagi Ekuador, kekalahan ini sudah pasti membuat mereka terjun ke posisi 4 klasemen Grup A dengan masih mengoleksi 0 poin. Kekalahan ini juga mesti membuat Ekuador bangkit demi bermain maksimal di laga tersisa fase grup.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Kolombia bertemu lawan cukup berat, yakni Ekuador dalam laga pertama Copa America 2021 Grup A. Bermain di negara Brazil, laga ini pun berjalan cukup menarik semenjak babak pertama dimulai. Kedua tim sama sama menginginkan kemenangan untuk meraih 3 poin penuh. Alhasil sejak wasit memulai laga, tensi pertandingan sudah cukup tinggi terjadi antara kedua kesebelasan.

Ekuador memiliki satu peluang yang hampir saja memberikan gol pembuka bagi skuad mereka. Peluang ini didapat oleh Enner Valencia yang mendapat bola matang di dalam kotak penalti Kolombia. Sayang sekali eks striker West Ham United itu masih gagal mengeksekusi peluang yang ia miliki dengan baik, alhasil skor tetap tak berubah masih imbang 0-0.

Memasuki menit akhir laga, duel sengit kedua tim akhirnya berujung sebuah gol di menit ke-42 untuk Kolombia. Diawali pergerakan Miguel Borja yang kemudian ia selesaikan dengan sebuah umpan terukur. Bola sukses disambar Edwin Cardona menjadi gol untuk membawa Kolombia sementara memimpin 1-0. Keunggulan ini kemudian berhasil dipertahankan oleh tim Kolombia sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Kolombia yang unggul mendapat serangan dan tekanan yang lebih massive dari para pemain Ekuador. Di babak kedua ini serangan Ekuador lebih terpusat di sisi lapangan mengandalkan winger winger cepat mereka. Beberapa kali mereka sukses menebar ancaman yang memang hampir saja membuat gawang Kolombia yang dijaga oleh David Ospina.

Valencia kembali mendapatkan peluang terbuka untuk melesakkan gol penyama kedudukan. Kali ini ia mendapatkan bola matang dari Pervis Estupinan. Namun kembali Valencia gagal memaksimalkan peluang yang ia dapatkan sehingga gol belum kunjung lahir untuk Ekuador. Sepanjang babak kedua ini, sama sekali tak ada gol lagi yang lahir karena buruknya penyelesaian akhir kedua tim. Alhasil Ekuador mesti merelakan kekalahan mereka atas kolombia dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Kolombia vs Ekuador

Kolombia (4-4-2): David Opsina, Daniel Munoz, Yerry Mina, Oscar Murillo, Yairo Moreno, Juan Cuadrado, Wilmar Barrios, Mathias Uribe, Edwin Cardona, Rafael Santos Borre, Miguel Borja.

Ekuador (4-4-2): Pedro Ortiz, Pervis Estupinan, Piero Hincapie, Robert Arboleda, Angelo Preciado, Fidel Martinez, Moises Caicedo, Sebas Mendez, Gonzalo Plata, Michael Estrada, Enner Valencia.