google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Peru Berhasil Kalahkan Kolombia

Kolombia vs Peru
Kolombia dihajar oleh Peru dalam lanjutan pertandingan Copa America 2021.

cr photo: Stadium Astro

Hasil memuaskan berhasil diraih oleh tim nasional Peru yang mengalahkan tim kuat Kolombia dalam laga lanjutan ajang Copa America. Sebagai tim yang tak diunggulkan di laga ini Peru sedianya tampil sangat baik di sepanjang jalannya pertandingan. Mereka memang tak tampil dominan, akan tetapi pertahanan yang disiplin Peru berhasil membuat sang lawan cukup frustasi. Sempat terlibat pertarungan sengit, pada akhirnya Peru berhasil menjadi pemenang di pertandingan ini. Peru sukses meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Gol gol penentu kemenangan Peru di laga ini masing masing dicetak oleh Sergio Pena dan own goal bek lawan, yakni Yerry Mina. Sedangkan satu satunya gol balasan pasukan Kolombia dicetak oleh pemain mereka yang bernama Miguel Borja. Secara statistik, di laga ini memang Kolombia jauh lebih mendominasi. Mereka mencatatkan penguasaan bola mencapai 59 persen berbanding 41 persen. Namun permainan efektif Peru berhasil membuat mereka tetap membuat banyak peluang walau kalah penguasaan bola. Peru di laga ini membuat total 11 tembakan, hanya kalah satu dari Kolombia yang melesakkan 12 tembakan.

Raihan maksimal ini berhasil membuat Peru naik ke posisi 3 klasemen Grup A dengan poin 3 hasil dari dua kali bermain dengan catatakan sekali menang dan sekali kalah. Peru kini hanya terpaut 3 poin saja dari Brazil yang duduk nyaman di puncak klasemen. Sedangkan bagi Kolombia, kekalahan ini membuat mereka gagal menggeser posisi Brazil di atas mereka. Kolombia masih tertahan di posisi 2 klasemen dengan raihan 4 poin dari 3 laga dengan hasil, sekali menang, sekali kalah, dan sekali imbang.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik menghadirkan tim kuat, yaitu Kolombia berhadapan dengan Kuda Hitam, yakni Peru dalam lanjutan pertandingan Copa America 2021. Kolombia yang lebih diunggulkan menang di laga ini lantas bermain apik. Sejak laga dimulai mereka berhasil mengambil alih kendali laga. Namun di luar dugaan, Peru berhasil memberikan perlawanan yang ketat kepada lawannya tersebut.

Bahkan Peru bisa membuka skor terlebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-17. Kerja keras Sergio Pena berhasil ia selesaikan dengan sepakan terarah yang gagal dihalau kiper Kolombia. Aksi Pena ini sukses sementara membawa Peru memimpin dengan skor 0-1.

Tertinggal satu gol membuat Kolombia mau tak mau tampil lebih terbuka dan agresif demi bisa menyamakan kedudukan. Akan tetapi usaha keras Kolombia selalu membentur pertahanan kokoh sang lawan. Sampai babak pertama selesai skor pun tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Peru.

Babak Kedua

Pertandingan berjalan lebih menarik di babak kedua, karena Kolombia memutuskan untuk menaikan tensi permainan dan intesitas serangan mereka. Hal ini sukses membuat Peru sangat kewalahan untuk bisa menahan serangan demi serangan Kolombia.

Setelah berusaha keras, akhirnya Kolombia berhasil melesakkan gol di menit ke-53. Berawal dari pelanggaran pemain Peru di area terlarang. Wasit lantasmenunjuk titik putih dan memberikan sepakan penalti pada Kolombia. Tanpa kesalahan, Miguel Borja sukses melesakkan gol yang ubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Skor imbang membuat duel kedua tim kian menarik. Setelah saling jual beli serangan, pada akhirnya Peru lah yang sukses memanfaatkan satu peluangnya menjadi gol. Pada menit ke-64, tekanan mereka memaksa Yerry Mina tak sengaja melesakkan own gol. Aksi fatal pemain Everton ini membuat Peru unggul lagi 2-1. Kemudian skor ini sama sekali tak berubah hingga laga selesai, dan kemenangan pun jadi milik Peru.

Susunan Pemain Kolombia vs Peru

Kolombia (4-2-3-1): David Ospina, Stefan Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo, Wilmar Barrios, Sebastian Perez, Juan Cuadrado, Edwin Cardona, Duvan Zapata, Miguel Borja.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese, Marcos Lopez, Alexander Callens, Christian Ramos, Aldo Corzo, Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Christian Cueva, Sergia Pena, Andre Carillo, Gianluca Lapadula.