google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Copa America: Uruguay Menang Tipis atas Paraguay

Uruguay vs Paraguay
Gol penalti Edinson Cavani sukses bawa Uruguay menangi duel melawan Paraguay di ajang Copa America.

cr photo: BBC

Kemenangan krusial berhasil diraih oleh tim nasional Uruguay ketika berhadapan dengan Paraguay di lanjutan fase grup Copa America. Sama sama memiliki kencenderungan bermain ofensif, kedua tim memang terlibat persaingan hebat di sepanjang laga ini. Paraguay sedikit lebih mendominasi jalannya pertandingan. Akan tetapi Uruguay bermain sangat efisien, meski tak banyak memegang bola, serangan mereka jauh lebih berbahaya. Setelah bekerja keras, pada akhirnya Uruguay sukses memenangkan laga ini. Pasukan Biancoceleste sukses menang dengan skor tipis saja, 1-0.

Satu satunya gol semata wayang penentu kemenangan Uruguay di pertandingan ini dicetak oleh striker Manchester United, Edinson Cavani melalui titik penalti. Jika dilihat dari statistik, Paraguay sebenarnya sedikit unggul di segi penguasaan bola dengan mencatatkan 52 persen berbanding 48 persen. Namun Uruguay sangat agresif saat memegang bola. Ini bisa dilihat dari jumlah tembakan mereka yang mencapai 18 dengan 6 di antaranya on target. Sedangkan Paraguay hanya membuat 4 tembakan tanpa ada satupun yang mengarah ke gawang.

Hasil maksimal ini sukses membuat Uruguay naik ke posisi 2 klasemen sementara Grup B Copa America. Mereka duduk di bawah Argentina yang mengakhiri babak fase grup sebagai juara grup. Uruguay total meraih 7 poin dari 4 laga dengan hasil, 2 kali menang, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Paraguay, kekalahan ini membuat mereka turun ke posisi 3 klasemen. Meski demikian, Paraguay tetap lolos ke babak perempatfinal usai menempati posisi 4 besar. Paraguay total meraup 6 poin dari 4 kali bermain dengan rincian, 2 kali menang dan 2 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik mempertemukan Uruguay dengan Paraguay dalam lanjutan pertandingan babak fase grup ajang Copa America 2021. Sama sama sudah dipastikan lolos ke babak perempatfinal, kedua kesebelasan memang tampil saling terbuka. Keduanya sama sama menginginkan kemenangan, oleh karena itu sejak laga dimulai, sudah diwarnai jual beli serangan antar kedua tim ini.

Uruguay berhasil memecah kebuntuan di laga ini saat pertandingan memasuki menit ke-21. Diawali pelanggaran yang dilakukan pemain Paraguay di area terlarang. Wasit lantas menunjuk titik putih untuk Uruguay. Edinson Cavani yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya mencetak gol dan membawa timnya unggul 1-0.

Setelah kebobolan, Paraguay bermain berusaha lebih agresif. Namun tekanan mereka yang sifatnya sporadis sangat mudah dipatahkan oleh pertahanan Uruguay. Sampai dengan babak pertama selesai, tidak ada lagi gol yang tercipta. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay.

Babak Kedua

Setelah istirahat, Paraguay masih memegang kendali permainan. Akan tetapi lagi lagi ketidakmampuan mereka mendekati kotak penalti sang lawan membuatnya sia sia. Miguel Almiron sempat melepas tembakan namun arahnya masih sangat jauh dari target.

Pasukan Uruguay sendiri bukan tanpa peluang, Edinson Cavani dan Giorgian De Arrascaeta juga bergantian memberikan ancaman ke gawang lawannya. Sayang memang eksekusi akhirnya masih sangat lemah untuk bisa menjebol gawang Paraguay. Terus menerus terlibat persaingan ketat, kedua tim sama sama gagal melesakkan gol di sisa waktu babak kedua. Sampai babak kedua selesai, tak ada lagi gol tambahan. Alhasil Uruguay sukses pertahankan kemenangan mereka dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Uruguay vs Paraguay

Uruguay (4-3-2-1): Fernando Muslera, Nahitan Nandez, Jose Gimenez, Diego Godin, Matthias Vina, Federico Valverde, Mathias Vecino, Rodrigo Bentancur, Giorgian De Arrascaeta, Nicolas De La Cruz, Edinson Cavani.

Paraguay (4-4-2): Antony Silva, Omar Alderete, Junior Alonso, Robert Rojas, Alberto Espinola, Angel Romero, Mathias Villasanti, Gaston Gimenez, Braian Samudio, Gabriel Avalos, Miguel Almiron.