google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Cuci Gudang, Chelsea Siap Lepas Hingga 10 Pemain

Chelsea - Thomas Tuchel
Tak silau dengan kesuksesan musim ini, Chelsea berniat lakukan perombakan besar di skuadnya untuk menyambut musim depan.

cr photo: The Athletic

Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions musim 2020-2021 nampaknya tak membuat manajemen langsung merasa berpuas diri. Menyongsong musim depan, The Blues di bawah kepeminpinan Thomas Tuchel dikabarkan berencana melakukan perombakan cukup besar di skuadnya. Tujuan perombakan ini adalah untuk menjadikan skuad The Blues jauh lebih kompetitif untuk musim depan. Ini cukup beralasan karena apabila melihat rival rival Chelsea, hampir semuanya lakukan pembenahana cukup serius. Apalagi musim depan supporter sudah bisa kembali datang ke stadion, sehingga atmosfer persaingan akan terasa jauh lebih ketat.

Seperti yang diketahui, musim ini performa Chelsea disebut sebut cukup berjalan dramatis. Mengawali musim dengan Frank Lampard sebagai pelatih kepala di musim keduanya membesut The Blues. Sayangnya, Super Frank seolah kehilangan sentuhannya. The Blues memang tampil agresif, namun performanya sangat tidak stabil. Bahkan di ajang Liga Inggris mereka sempat terlempar jauh dari posisi 4 besar. Walau di Liga Champions langkah mereka selama diasuh Lampard cukup mulus.

Tetapi seiring waktu berjalan, performa The Blues kian memprihatikan di bawah asuhan Lampard, sampai akhirnya manajemen memutuskan mencopot jabatan pelatih kepala dari Lampard. Bergerak cepat, manajemen langsung menunjuk Thomas Tuchel yang saat itu juga belum lama dipecat dari Paris Saint-Germain. Tangan dingin Tuchel ternyata cocok untuk Tim London Barat itu.

Perlahan Tuchel berhasil membawa skuad The Roman Emperor memperbaiki peringkatnya di EPL. Tuchel pun sukses menyulap Chelsea menjadi tim yang tak hanya sulit dibobol, namun juga sulit dikalahkan, apalagi setelah mereka merekrut kiper anyar, yaitu Edouard Mendy. Puncaknya adalah, Tuchel sukses membawa The Blues menjadi juara Liga Champions setelah di final menaklukan superioritas Manchester City dengan skor akhir 1-0. Ini menakjubkan karena sebelumnya tim asal London itu tak diunggulkan. Gelar ini menjadi trofi Liga Champions kedua untuk The Blues.

Rombak Skuad untuk Musim Depan

Kesuksesan yang diberikan Tuchel tak membuat manajemen tim silau. Mereka tetap fokus untuk membangun tim ini demi tetap kompetitif musim depan. Bahkan belakangan muncul kabar bahwa Chelsea siap lakukan prombakan besar besaran. Bukan hanya belanja pemain berkelas, namun mereka juga berencana melepas hingga 10 pemainnya untuk memberikan ruang pada pemain baru yang lebih siap bertarung.

Sejauh ini sudah ada dua nama yang hampir pasti keluar dari Stamford Bridge menurut laporan The Athletic. Mereka adalah Fikayo Tomori dan Olivier Giroud. Untuk Tomori, ia sudah menjadi pemain Milan, namun dengan status pinjaman, rencananya Milan bermaksud untuk mempermanenkannya. Sementara Giroud semakin dekat untuk menyebrang ke kota Milan dengan status bebas transfer.

Kemudian ada juga sosok Tammy Abraham yang memang semenjak kedatangan Tuchel, ia seolah terpinggirkan dari skuad The Blues. Penyerang berbakat berkebangsaan Inggris itu padahal cukup rajin menyumbang gol bila dipercaya bermain. Tetapi nampaknya kualitasnya tak sesuai dengan skema Tuchel sehingga ia harus pergi. Nama lainnya ada Kurt Zouma yang sejatinya merupakan pemain yang cukup sering tampil. Namun Tuchel sepertinya lebih memilih menjualnya untuk mendatangkan bek baru.

Selain empat nama tersebut, nama nama lainnya yang akan dilepas manajemen The Blues adalah, Michy Batshuayi, Ross Barkley, Davide Zappacosta, Emerson Palmieri, Tiemoue Bakayoko, dan Danny Drinkwater. Di mana pemain pemain tersebut kebanyakan hanyalah pemanas bench yang sedang dalam masa peminjaman dan akan kembali musim depan. Dengan melepas 10 pemain tersebut jelas manajemen akan memiliki uang tambahan untuk belanja tim, serta memberikan ruang pada pemain baru yang akan datang.