google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Daftar Negara Paling Rasis di Dunia Tidak Hanya Amerika

12 Negara Paling Rasis di Dunia - Citizen6 Liputan6.com

Paham rasisme atau rasialisme menjadi masalah besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Paham ini yang membedakan bentuk fisik, ras dan warna kulit ini sudah sering menjadi konflik yang berkepanjangan dari zaman dahulu hingga sekarang.

Rasisme adalah prasangka dan diskriminasi terhadap orang – orang dari ras tertentu yang berbeda dari yang lain. Masih banyak sekali negara – negara yang paham akan rasisme ini, walaupun mereka sedang berusaha cinta damai tetapi rasisme tetap saja terjadi.

Salah satu contoh rasisme adalah penembakan salah satu orang asia yang terjadi di Atlanta, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu telah membukakan mata dunia. Ini membuktikan tingkat kebencian dan rasisme yang terjadi di daerah itu terhadap warga keturunan asia.

Negara Paling Rasis di Dunia

  1. Amerika Serikat
Presiden Donald J. Trump Mengumumkan Strategi Keamanan Nasional untuk  Memajukan Kepentingan Amerika | Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia

Meskipun negara Amerika Serikat atau disingkat USA sekarang adalah negara adidaya, hal itu tidak membuat negara mereka bebas dari paham rasisme. Sudah tidak heran lagi apabila Amerika Serikat menjadi negara paling rasis karena paham rasialisme mereka sudah terjadi sejak zaman perang dan baru menurun saat Abraham Lincoln menjadi presiden Amerika Serikat abad ke 16.

Negara Amerika Serikat ini memiliki undang – undang tentang diskriminatif secara rasis. Wilayah – wilayah yang sering terjadi rasisme adalah Missouri, Missippi, Arizona dan lain – lain. Orang – orang yang bukan keturunan Amerika asli, menjadi korban perlakuan rasis di Amerika Serikat. Tidak hanya yang bukan keturunan Amerika asli tetapi juga perbedaan warna kulit sering terjadi rasisme di Amerika Serikat.

2. Ukraina

Ukraina Tak Gentar dengan Tekanan Rusia

Rasisme di Ukraina sedikit berbeda dengan apa yang terjadi di Amerika Serikat. Kalau di Amerika Serikat yang menjadi masalah adalah warna kulit, di Ukraina yang menjadi korban adalah kaum minoritas dan kaum LGBT.

3. Israel

Sosok Isaac Herzog, Presiden Baru Israel Cucu Eks Rabi Yahudi Palestina

Negara yang tengah berseteru dan menjajah Palestina ini juga merupakan negara paling rasis di dunia. Israel setiap hari terus – terusan melakukan serangan terhadap masyarakat Palestina tanpa henti – hentinya dan dilakukan secara terang – terangan.

Seperti yang kita ketahui peperangan yang terjadi antara Palestina dan Israel terjadi bertahun – tahun lamanya. Kejahatan mereka sangat – sangat rasisme terhadap masyarakat Palestina. Masyarakat Palestina terpaksa mengungsi ke wilayah lain dan meninggalkan negara mereka karena pelakuan kejam yang dilakukan Israel.

4. Myanmar

Asean Dinilai Patut Khawatirkan Dampak Kudeta Militer di Myanmar - Kabar24  Bisnis.com

Negara teraris di dunia adalah Myanmar. Negara Myanmar adalah salah satu negara yang memiliki jumlah etnis terbanyak, sekitar 100 etnis yang ada di negara ini. Walaupun begitu paham rasisme tetap terjadi di negara ini yang menjadi korbannya adalah muslim rohingnya yang di perlakukan kejam oleh pemerintahan militernya sendiri.

5. Slovakia

9 Fakta Slovakia, Negara Tempat Beribu-ribu Gua yang Eksotis Abis!

Negara terarsis selanjutnya adalah Slovakia. Negara Slovakia adalah salah satu negara yang memiliki undang – undang yang menjamin hak asasi manusia di berbagai kegiatan bermasyarakat dan bernegara. Tetapi kenyataan tidak begitu mereka sama saja.

6. Afrika Selatan

Massa di Nigeria serang toko milik warga Afrika Selatan

Sejarah menunjukkan pakar rasisme pernah menjadikan negara ini negara yang paling menakutkan. Orang – orang berkulit putih di Afrika Selatan memandang rendah orang – orang berkulit hitam. Beruntung, Nelson Mandela seorang politisi yang memperjuangkan gerakan anti-aparheid yang bisa mengubah cara pandang pemerintah setempat. Walaupun demikian, kasus rasisme tetap saja terjadi.

7. Arab Saudi

Dubes Arab Saudi Kirim Surat ke Puan untuk Klarifikasi Isu Haji, Ini Isi  Lengkapnya Halaman all - Kompas.com

Negara terasis ke tujuh adalah Arab Saudi. Meski disebut – sebut sebagai negara kaya, di Arab Saudi kerap terjadi praktik rasisme dan diskriminasi. Pemerintah Arab Saudi sering sekali memperlakukan tenaga kerja asing secara kasar. Masyarakat Arab Saudi juga ikut melakukan rasis terhadap warga negara lain yang sedang mengungsi.

8. Inggris

Dubes Indonesia untuk Inggris Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu  Elizabeth II

Negara terasis ke delapan adalah Inggris. Negara yang satu ini merupakan negara yang paling rasis di dunia. Yang menjadi korban dalam rasisme yang terjadi di Inggris adalah imigran dari India. Tidak hanya imigran dari India tetapi juga imigran dari negara Rumania, Bulgaria, hingga Rusia. Mereka juga menyebut negara Amerika dengan sebutan Yankess.

9. Prancis

Cegah Kerumunan Massa di Malam Tahun Baru, 100.000 Polisi Prancis Bakal  Patroli - Global Liputan6.com

Di negara tempat menara Eiffel itu dilaporkan beberapa kasus diskriminasi terhadap komunitas asia. Warga negara dari benua ASIA menjadi korban rasisme yang terjadi di Prancis, mereka melakukan rasis dengan cara pelecehan dan penyiksaan.

10. Jerman

Demonstrasi Anti COVID-19 di Jerman Berujung Ricuh, 300 Orang Ditangkap -  Global Liputan6.com

Negara terasis yang terakhir adalah Jerman. Berbagai insiden rasial dan diskriminasi terhadap orang – orang keturunan Asia di Jerman telah diberitakan oleh media berita. Yang menjadi negara ini rasis adalah majalah mingguan Der Spiegel menerbitkan sampul kontroversial yang menyalahkan China atas wabah virus corona saat ini dan memicu kebencian Anti-Asia.