Dallas Mavericks Siapkan Kontrak Maksimal untuk Luka Doncic

Luka Doncic
Dallas Mavericks siap jadikan Luka Doncic pemain dengan gaji tertinggi di NBA.

cr photo: Sports Illustrated.

Sosok Luka Doncic agaknya akan menetap lebih lama bersama Dallas Mavericks usai pihak manajemen berencana memberikan kontrak maksimal untuk pemain Slovenia tersebut. Nama Luka Doncic sudah bisa dianggap sebagai salah satu bintang paling terang di NBA saat ini, meski ia sendiri belum pernah membawa Mavericks juara NBA. Akan tetapi performanya sangat konsisten setiap tahunnya dengan catatan catatan ajaib yang kerap ia buat. Demi menjaga agar Doncic tak pergi, Mavericks pun memiliki rencana memberikannya kontrak maksimal senilai 346 juta dollar Amerika, atau jika dirupiahkan ada sekitar 5,5 triliun rupiah untuk lima tahun selanjutnya.

Luka Doncic merupakan satu bintang NBA yang performanya sangat konsisten dalam beberapa waktu belakangan ini bersama tim Dallas Mavericks. Atas penampilannya yang ajaib tersebut, Luka pun mendapatkan julukan Luka Magic. Saat ini sang pemain sebenarnya masih memiliki sisa kontrak sampai tahun 2026 mendatang atau masih tersisa dua tahun. Akan tetapi Dallas Mavericks sendiri memiliki rencana untuk memperpanjangnya terutama jika ia bisa mencapai ambang 65 pertandingan musim ini yang membuat sang pemain masuk dalam jajaran All NBA.

Semenjak berkiprah di ajang NBA, mantan pemain tim basket Real Madrid tersebut sudah sukses empat kali masuk All-NBA First Team. Hal ini nampaknya akan berulang kembali di musim 2023-2024 ini, di mana saat ini Luka sudah mendekati 65 pertandingan yang merupakan ambang batas syarat bagi seseorang bisa masuk daftar tersebut. Ada hal menarik, di mana jika Luka bisa melakukannya, Mavericks berencana untuk memberikan kontrak maksimal yang nilainya sangat menggiurkan, yaitu 5,5 triliun rupiah untuk 5 tahun selanjutnya.

Siap Jadi Pemain NBA Termahal

Menurut laporan dari Bobby Marks di laman ESPN dan Main Basket, memang ada rencana yang tengah disiapkan oleh manajemen Dallas Mavericks atas superstar milik mereka tersebut. Pasalnya opsinya memang terbatas, yaitu memberikannya kontrak baru atau membiarkannya berstatus free agent di tahun 2026 nanti saat kontraknya habis dan diputuskan untuk tidak mereka perpanjang.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa Mavericks siap membayar mahal Luka dalam kontrak barunya. Bahkan nominal yang sudah disebutkan di atas membuat Luka akan menjadi pemain NBA dengan nilai kontrak termahal. Akan tetapi ia belum bisa menandatangani kontrak tersebut akhir musim ini. Karena kontrak maksimal memiliki syarat bahwa sang pemain harus 7 musim di NBA, sedangkan ini baru musim keenam Luka Doncic bersama Mavericks. Jadi kontraknya baru bisa ditandatangani musim 2026 nanti.

Jika nanti kontrak tersebut benar benar ditandatangani oleh Luka, maka artinya ia akan mendapatkan bayaran sekitar 69 juta dolar per tahunnya. Angka ini lebih besar dari gaji yang ia miliki saat ini, di mana Luka memiliki gaji sebesar 40 juta dollar per tahunnya. Nominal 69 juta dollar tersebut juga akan membuat Luka melewati gaji yang dimiliki Jaylen Brown sebagai pemain dengan gaji tertinggi di NBA saat ini.

Layak Digaji Besar

Jika dilihat dari performa dan apa yang sudah ia lakukan selama ini bersama Dallas Mavericks, Luka Doncic memang sangat layak mendapatkan bayaran sebesar itu. Musim ini saja ia memiliki rataan 34 poin per game, 9,8 assist per game, dan juga 9,1 rebound yang membuat dirinya menjadi salah satu skoring terbaik di NBA. Bahkan ia pun dinilai layak sekali menjadi MVP NBA musim kali ini.