google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Dean Henderson Jadi Kiper Utama MU Musim Depan

Dean Henderson
Singkirkan De Gea, Dean Henderson akan jadi kiper utama Manchester United mulai musim depan.

cr photo: Twiiter Dean Henderson

Manchester United lewat sang pelatih, yaitu Ole Gunnar Solskjaer dikabarkan akan menetapkan Dean Henderson sebagai kiper utama musim depan. Keputusan ini diambil lewat pertimbangan yang sangat ketat karena memang United memiliki dua kiper berkualitas. Pada akhirnya Solskjaer memilih Dean Henderson ketimbang David de Gea sebagai kiper utama Manchester United mulai musim 2021-2022. Keputusan tersebut kemudian memunculkan banyak spekulasi, termasuk kemungkinan hengkangnya De Gea musim depan.

Pada musim ini, kesebelasan Manchester United seperti yang diketahui alami kegamangan dalam memilih penjaga gawang utama. Bukan karena MU krisis kiper, namun justru mereka memiliki banyak kiper berkualitas. Selain Sergio Romero yang miliki kualitas terlalu baik sebagai kiper ketiga, MU miliki dua kiper utama yang sama baiknya, yaitu Dean Henderson dan David de Gea. Karena tak memungkinkan satu klub memiliki dua kiper utama, kedua kiper tersebut kemudian terlibat persaingan di bawah mistar gawang United.

Sepanjang musim ini sendiri, MU memang seolah tak miliki kiper utama, ini dikarenakan Solskjaer memutuskan melakukan rotasi agar keduanya tetap mendapatkan waktu bermain. Henderson diberikan banyak sekali waktu bermain pasca kepulangannya dari Sheffield United, namun De Gea juga musim ini masih mendapat waktu bermain yang dikatakan cukup sering. Namun situasi seperti kemungkinan tak akan terjadi di musim depan. Pasalnya setelah berpikir dan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya Solskjaer sudah memutuskan siapa yang akan menjadi kiper utama Setan Merah musim depan.

Solskjaer Pilih Dean Henderson

Melansir laporan The Mirror, pelatih MU, yaitu Ole Gunnar Solskjaer memutuskan untuk memilih Dean Henderson sebagai kiper utama Manchester United mulai musim depan. Dipilihnya Henderson sebagai kiper utama MU ini berdasarkan performa sang kiper muda musim ini. Meski De Gea juga terbilang tampil tak buruk, akan tetapi menurut Ole, sosok Henderson miliki performa yang sedikit lebih baik dari De Gea.

Semenjak dipulangkan dari masa peminjamannya di Sheffield United, Henderson memang sudah memasang target untuk bisa merebut posisi kiper utama MU dari tangan De Gea. Penjaga gawang berkebangsaan Inggris itu awalnya memang masih sering menduduki bench. Namun, sejak memasuki pertengahan musim, dirinya mulai sering diberikan kesempatan bermain oleh Solskjaer. Apalagi ketika De Gea izin meninggalkan tim karena ada urusan keluarga. Henderson yang menggantikannya tampil di Liga Inggris dan Europa League tampil sangat baik. Sampai akhirnya Henderson pun menjadi pesaing ketat De Gea di posisi penjaga gawang Manchester United.

Apabila melihat dari statistik, Henderson sendiri miliki catatan yang lumayan baik di musim ini. Total sang kiper sudah turun 26 kali untuk MU musim ini di semua kompetisi termasuk Liga Champions. Rinciannya adalah, 26 kali bermain, 22 kali kebobolan, dan 13 kali cleansheet. Untuk ukuran kiper muda, jelas statistik ini cukup baik bagi Henderson. Tak mengherankan bila kemudian Ole menetapkannya sebagai kiper utama MU musim depan.

De Gea Bisa Pindah Musim Depan

Ditetapkannya Henderson sebagai kiper utama Manchester United untuk musim depan membuat banyak spekulasi merebak, terutama soal masa depan David de Gea. Kiper asal Spanyol tersebut dilaporkan tak akan mau menjadi kiper pelapis. Meskipun Ole sendiri menegaskan bahwa De Gea akan bertahan, lantaran sosoknya akan menjadi pemain yang tetap bisa memberikan kontribusi besar bagi tim musim depan.

Keretakan hubungan De Gea dan Manchester United pun sudah terendus klub lain yang siap menampung kiper top dunia tersebut. Juventus dikabarkan jadi peminat utama sang kiper, namun selain itu ada AS Roma yang akan coba memanfaatkan kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih anyar mereka untuk bisa menggaet De Gea. Walau demikian, belum ada tanggapan apapun soal masa depan De Gea dari sang pemain sendiri.