google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Denis Zakaria Jadi Rebutan Arsenal dan Man City

Denis Zakaria
Denis Zakaria jadi rebutan dua klub Inggris, Arsenal dan Manchester City.

cr photo: Bavarian Football Works

Gelandang enerjik punggawa tim nasional Swiss, yakni Denis Zakaria dikabarkan masuk ke dalam pantauan dua klub Inggris, yakni Arsenal dan Manchester City. Zakaria memang bermain apik di sepanjang musim 2020-2021 bersama klubnya di Bundesliga, yakni Borussia Monchengladbach. Tidak hanya itu, Zakaria juga jadi bagian penting tim nasional Swiss sepanjang gelaran Euro 2020. Ia berhasil membawa Swiss mampu melaju ke babak perempatfinal usai menaklukan Prancis di babak 16 besar. Sebelum sayangnya mereka dihajar oleh Spanyol lewat drama adu penalti.

Nama Denis Zakaria sendiri memang tak setenar gelandang gelandang di Bundesliga. Sosoknya pertama kali bergabung dengan Borussia Monchengladbach pada tahun 2017 lalu. Kala itu manajemen Gladbach mendatangkan Zakaria untuk menggantikan kepergian Mahmoud Dahoud. Di mana Dahoud sendiri saat ini sudah menjadi pilar penting di skuad Borussia Dortmund.

Beberapa musim berseragam Gladbach, Zakaria lantas kini sudah menjadi pilar utama skuad asuhan Marco Rose tersebut Zakaria yang biasa beroperasi di sektor gelandang bertahan adalah salah satu filter terbaik di skuad Gladbach. Ia pun sukses membantu Gladbach konsisten bertengger di papan tengah bahkan papan atas Bundesliga Jerman. Bahkan Zakaria juga pernah membantu Gladbach lolos ke ajang Liga Champions beberapa musim lalu. Usianya baru 24 tahun, maka tak mengherankan namanya kini menjadi masuk ke dalam komoditi yang diincar klub klub besar Eropa.

Arsenal Ingin Datangkan Zakaria

Salah satu klub yang cukup meminati Zakaria adalah raksasa asal Inggris, yakni Arsenal. Seperti yang diketahui, Arsenal saat ini tengah terancam alami krisis gelandang. Pasalnya di musim panas ini mereka kemungkinan akan ditinggal beberapa pemain pentingnya. Seperti Granit Xhaka, yang mana Xhaka dalam beberapa waktu belakangan kencang diisukan akan menyusul Jose Mourinho ke Italia untuk bergabung dengan Roma. Bahkan banyak yang menyebut kepindahan Xhaka hanya tinggal menunggu waktu.

Selain Xhaka, dua gelandang lain yang siap angkat kaki adalah Dani Ceballos dan Martin Odegaard. Kedua pemain itu dikabarkan lebih memilih kembali ke klub asalnya, yakni Real Madrid ketimbang melanjutkan karirnya di Arsenal. Belum lagi rumor lain yang menyebut bahwa Emile Smith-Rowe yang tengah diburu Chelsea. Arsenal pun kini hanya memiliki dua gelandang tengah murni, yakni Mohamed Elneny dan Thomas Partey. Inilah yang melatarbelakangi Arsenal inginkan Zakaria.

The Gunners sendiri memang berusaha memanfaatkan hubungan Xhaka dan Zakaria yang sesama warga Swiss untuk coba membujuk Zakaria ke Arsenal. Apalagi Arsenal ia akan mendapat jaminan bermain secara reguler di skuad utama. Bila Zakaria datang, jelas ini akan membuat Mikel Arteta bisa tenang memilih duet Thomas Partey di lini tengah.

Manchester City Ikut Buru Zakaria

Akan tetapi Arsenal nampaknya akan mendapat kesulitan berarti untuk bisa mendapatkan Denis Zakaria. Pasalnya mereka bukan satu satunya tim yang meminati Zakaria. Manchester City dikabarkan juga ingin mendatangkan talenta asal Swiss tersebut ke Etihad Stadium. Bahkan nampaknya City berani membayar lebih tinggi demi bisa mengamankan jasa Zakaria.

City sendiri memang sedang butuh satu sosok gelandang bertahan yang baru. Pasalnya meski mereka memiliki Rodri, namun mereka tak punya pelapis sepadan. Di bench mungkin masih ada Fernandinho, tapi sang gelandang senior hanya akan bertahan satu musim lagi di City. Kendati demikian, keputusan terkait transfer Zakaria ini jelas semuanya akan dikembalikan kepada Gladbach selaku pemilik Zakaria. Dalam laporan terbaru, Gladbach sebenarnya enggan menjual Zakaria, namun bisa jadi bila ada tawaran menggiurkan, mereka akan berubah pikiran.