google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

DFB Pokal: Bekuk RB Leipzig, Borussia Dortmund Juara

RB Leipzig vs Borussia Dortmund
Taklukan RB Leipzig, Borussia Dortmund sukses juarai gelaran DFB Pokal musim 2020-2021.

cr photo: Eurosport

Raihan maksimal sukses didapat oleh keseblasan Borussia Dortmund saat melawan RB Leipzig dalam partai final ajang DFB Pokal. Memainkan laga di venue netral, pertandingan berjalan sangat menarik di sepanjang hampir 90 menit. RB Leipzig memang berhasil menguasai laga ini dengan tampil lebih dominan. Akan tetapi memang Dortmund berhasil bermain solid dan sangat efektif di laga ini. Alhasil di akhir pertandingan pasukan Edin Terzic berhasil memenangkan laga ini dengan skor cukup telak untuk ukuran partai final, yaitu 1-4.

Dua bintang muda Borussia Dortmund tampil begitu trengginas pada laga kali ini. Mereka adalah Jadon Sancho dan Erling Haaland yang masing masing sukses melesakkan brace untuk memimpin kemenangan timnya atas Leipzig. Sementara itu, satu satunya gol balasan pasukan berjuluk Die Bullen di laga ini dicetak oleh Dani Olmo. Meski menguasai laga dengan menciptakan hingga 22 tembakan, Leipzig pada akhirnya tak berdaya usai sang lawan bermain dengan sangat efektif dan efisien. Bisa dilihat dari statistik, di mana Dortmund hanya membuat 10 tembakan namun berhasil berbuah empat gol kemenangan.

Hasil ini berhasil memastikan Borussia Dortmund keluar sebagai juara ajang DFB Pokal untuk musim kompetisi 2020-2021. Ini menjadi major trofi pertama yang akhirnya didapatkan Dortmund setelah alami paceklik gelar hampir empat tahun terakhir ini. Sementara bagi Leipzig, kekalahan ini harus mengubur dalam dalam ambisi mereka meraih major trofi pertama di kancah sepakbola Jerman. Sekaligus memupus asa Julian Naggelsman menjadi pelatih Jerman termuda yang sukses meraih gelar DFB Pokal ini.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan kesebelasan RB Leipzig dengan Borussia Dortmund dalam pertandingan final ajang DFB Pokal musim kompetisi 2020-2021. Tampil di Olympia Stadium Berlin, kedua kesebelasan sama sama mengincar kemenangan demi amankan satu satunya trofi bagi mereka musim ini. Alhasil jual beli serangan sudah terjadi bahkan saat babak pertama baru saja dimulai.

Dortmund yang lebih banyak mengandalkan sepakbola reaktif dan serangan balik sukses memaksimalkan kelengahan bek bek Leipzig di awal babak pertama. Baru lima menit laga berjalan, Jadon Sancho sudah berhasil menjebol gawang Leipzig yang dikawal Peter Gulacsi. Memanfaatkan bola sodoran Mahmoud Dahoud, Sancho sukses melepaskan sepakan ke tiang jauh yang sementara membawa Dortmund unggul 0-1.

Setelah kebobolan, Leipzig jauh lebih tampil menyerang dan mendominasi jalannya pertandingan. Akan tetapi alih alih menyamakan skor, gawang mereka malah kembali kebobolan. Marco Reus memberikan assist yang memudahkan Erling Haaland mencetak gol. Aksi striker yang baru saja sembuh dari cedera ini sukses menggandakan skor timnya menjadi 0-2.

Pada masa injury time babak pertama, Dortmund seolah menghukum buruknya koordinasi pertahan Leipzig. Gol ketiga sukses mereka sarangkan, kali melalui aksi kedua Jadon Sancho yang bekerjasama dengan Marco Reus. Lesakkan winger Inggris itu sukses menutup babak pertama dengan skor 0-3 untuk keunggulan Dortmund.

Babak Kedua

Setelah istirahat, laga menjadi lebih menarik karena Leipzig benar benar lebih berhati-hati terhadap serangan balik Dortmund. Julian Naggelsman juga melakukan beberapa pergantian yang sukses membuat serangan demi serangan Leipzig menjadi lebih hidup dan berbahaya.

Usaha keras Leipzig untuk memperkecil ketertinggalan akhirnya berbuah manis pada menit ke-71 babak kedua. Umpan pendek Christopher Nkunku diteruskan dengan sepakan jarak jauh oleh Dani Olmo yang menghujam deras gawang Dortmund. Lesakkan gelandang asal Spanyol itu sukses melahirkan gol untuk merubah kedudukan kini menjadi 1-3.

Akan tetapi pada akhirnya di menit akhir babak kedua, Dortmund kembali berhasil menambah gol mereka. Erling Haaland mencetak gol keduanya di laga ini usai memanfaatkan umpan Jadon Sancho di menit ke-82. Lesakkan Haaland ini memastikan Dortmund memenangkan laga dengan skor akhir 1-4.

Susunan Pemain RB Leipzig vs Borussia Dortmund

RB Leipzig (3-1-4-2): Peter Gulacsi, Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg, Kevin Kampl, Nordi Mukiele, Marcel Sabitzer, Dani Olmo, Amadou Haidara, Alexander Sorloth, Hwang Hee-chan.

Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki, Raphael Guerreiro, Matt Hummels, Manuel Akanji, Lukasz Piszczek, Mahmoud Dahoud, Emre Can, Jude Bellingham, Jadon Sancho, Erling Haaland, Marco Reus.