DFB Pokal: Pupus Asa Freiburg, RB Leipzig Juara DFB Pokal

Freiburg vs RB Leipzig
Diwarnai dua kartu merah, RB Leipzig juara DFB Pokal usai bungkam Freiburg lewat drama adu penalti.

cr photo: Eurosport.

Kemenangan super dramatis berhasil didapat oleh RB Leipzig saat melawan Freiburg dalam babak final gelaran DFB Pokal. Kedua tim sama sama finish di posisi 6 besar klasemen, itulah yang membuat duel ini berjalan menarik. Berlangsung di venue netral, baik Freiburg maupun Leipzig sama sama bermain terbuka demi mengamankan kemenangan. Setelah pertarungan super ketat, pada akhirnya pertandingan ini selesai untuk kemenangan Leipzig lewat drama adu penalti.

Pertandingan mesti dilanjut ke babak adu penalti lantaran di waktu normal dan extra time kedua tim hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1. Satu satunya gol yang dilesakkan oleh kubu Freiburg lahir lewat aksi Maximilian Eggestein. Sedangkan satu gol balasan dari pasukan RB Leipzig dicetak oleh seorang Christopher Nkunku. Partai seru ini juga diwarnai dengan dua kartu merah yang lahir untuk kedua pemain RB Leipzig, mereka masing masing adalah Marcel Halstenberg, dan juga Kevin Kampl.

Atas kemenangan ini, RB Leipzig berhasil menjadi juara ajang DFB Pokal musim 2021-2022. Trofi ini merupakan trofi major pertama yang sukses didapat oleh Leipzig semenjak mereka berhasil promosi ke kasta tertinggi sepak bola Jerman. Keberhasilan ini juga seolah membalas kegagalan mereka musim lalu, ketika laga final malah kalah dari skuad Borussia Dortmund. Sedangkan bagi Freiburg, kekalahan ini sangat disayangkan membuat mereka hanya menjadi runner-up kompetisi.

Rangkuman Pertandingan

Duel antara RB Leipzig melawan Freiburg tersaji dalam pertandingan final gelaran DFB Pokal musim kompetisi 2021-2022. Bermain di venue netral, kedua tim sama sama sangat berhasrat untuk memenangkan pertandingan dan akhiri musim ini dengan satu trofi. Semenak duel babak pertama dimulai, Leipzig lebih dulu mengambil alih kendali jalannya pertandingan.

Tetapi justru Freiburg yang bermain juga agresif ternyata mampu melesakkan gol lebih dulu. Pada menit ke-19, Maximilian Eggestein sukses meneruskan umpan terukur Roland Sallai untuk melesakkan gol sekaligus membawa Freiburg sementara unggul 1-0. Ini menjadi satu satunya gol di babak pertama sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Freiburg bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Setelah turun minum duel seperti terlihat baik baik saja bagi Freiburg, apalagi usai di menit ke-57 satu pemain Leipzig, yakni Marcel Halstenberg dikartu merah wasit sehingga kini Freiburg unggul jumlah pemain.

Akan tetapi meski hanya dengan 10 pemain, Leipzig sanggup membalas ketertinggalannya. Pada menit ke-76, Christopher Nkunku berhasil memanfaatkan satu kans kecil usai bekerjasama dengan Willi Orban untuk melesakkan gol dan merubah skor jadi 1-1. Tak ada gol tambahan sampai laga selesai, duel pun dilanjut ke babak extra time karena skor tetap imbang 1-1.

Sepanjang babak extra time juga tak ada gol tambahan. Justru yang ada hanya kartu merah kedua dari skuad Leipzig yang kini didapat oleh Kevin Kampl. Sayang meski duel berlangsung 11 melawan 9, Freiburg tak bisa memanfaatkannya dan laga harus dilanjut ke extra time.

Pada babak adu penalti ini, dua dari empat eksekutor Freiburg, yaitu Christian Guenter dan Ermedin Demirovic gagal melesakkan gol. Sedangkan keempat eksekutor Leipzig semuanya berhasil. Alhasil skor akhir adu penalti 2-4 dan Leipzig pun juara DFB Pokal.

Susunan Pemain Freiburg vs RB Leipzig

Freiburg (3-4-2-1): Mark Flekken, Manuel Gulde, Philipp Lienhart, Nico Scholetterbeck, Lukas Kubler, Maximilian Eggestein, Nicolas Hofler, Christian Gunter, Roland Sallai, Vincenzo Grifo, Lucas Holer.

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Marcel Halstenberg, Willi Orban, Mohamed Simakan, Benjamin Henrichs, Kevin Kampl, Konrad Laimer, Lukas Klostermann, Christopher Nkunku, Emil Forsberg, Andre Silva.