Dibayangi Nasib Buruk, Pecco Bagnaia Harap Hasil Terbaik di GP Catalunya Tahun Ini

Pecco Bagnaia sadar bahwa dirinya memiliki nasib buruk di GP Catalunya, Spanyol, meski demikian ia tetap berharap hasil terbaik bisa didapatkan di Gp Catalunya edisi tahun 2024 ini. Setelah seri kelima di Sirkuit Le Mans, Prancis akhir pekan lalu, Moto GP musim 2024 ini memasuki seri keenamnya di GP Catalunya, tepatnya di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Ini merupakan sirkuit yang tak pernah memberikan hasil baik kepada sang juara bertahan Pecco Bagnaia, pasalnya ia justru kerap mengalami kesialan entah itu gagal menang atau bahkan gagal finish. Walau demikian, Bagnaia harap di GP Catalunya edisi kali ini ia bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Moto GP musim 2024 ini memasuki seri keenamnya yang akan dimainkan di Catalunya, Spanyol tepatnya di Sirkuit Catalunya. Semua rider tentunya memiliki kenangan tersendiri terhadap sirkuit yang terletak di Montmello ini, tak terkecuali dengan sang juara dunia musim lalu, Pecco Bagnaia. Namun bagi Bagnaia, tak ada kenangan baik yang ia rasakan di sirkuit ini melainkan sebaliknya ia kerap bernasib naas. Semenjak memulai karirnya di duni pacu kuda besi ini, yaitu pada kelas Moto3, Bagnaia bahkan tak pernah memenangkan balapan di sini.

Kemudian naik ke kelas Moto GP dengan motor jauh lebih mumpuni sekelas Ducati pun, Bagnaia sama sekali belum pernah merasakan kemenangan. Malah sebaliknya selain kerap gagal menang, di sirkuit ini Bagnaia juga kerap gagal finish karena alami kecelakaan atau masalah lain. Seperti contohnya musim lalu ia alami kecelakaan di sirkuit ini yang membuatnya akhirnya tak bisa menyelesaikan balapan. Sedangkan capaian terbaik Bagnaia di sirkuit ini adalah berhasil finish di urutan keenam balapan ketika mengikuti musim 2020 lalu.

Tetap Ingin Hasil Terbaik

Rentetan hasil buruk yang kerap dialami Pecco Bagnaia di sirkuit ini pada musim musim sebelumnya memang membuat ia tak bisa sesumbar. Walaupun demikian, Bagnaia tak mau menyerah mengejar kemenangan di Catalunya, Bagnaia pun mengungkapkan bahwa dirinya tetap akan berusaha dan berharap agar ia bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari kiprahnya di Catalunya ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tak ada hasil lain yang wajib didapat Bagnaia memang selain kemenangan di GP Catalunya saat ini. Pasalnya ia paham saat ini situasinya benar benar berbeda, ia tak boleh melepaskan poin begitu saja karena persaingan di papan atas klasemen Moto GP begitu ketat. Jikalau saja Bagnaia kembali gagal di sirkuit Catalunya tahun ini, maka ia mesti bekerja jauh lebih keras lagi untuk bisa mengejar rival rivalnya di seri-seri selanjutnya.

Untuk saat ini Pecco Bagnaia sendiri masih tertahan di posisi kedua klasemen sementara Moto GP musim 2024. Bagnaia duduk sebagai runner-up dengan koleksi 91 poin, ia terpaut cukup jauh, yaitu selisih 38 poin dari Jorge Martin yang ada di puncak klasemen. Sementara itu Bagnaia juga harus waspada karena ia hanya unggul dua poin dari Marc Marquez dan Enea Bastianini yang ada tepat di bawahnya pada tabel klasemen.

Komentar Pecco Bagnaia

“Sama seperti di Prancis, di sirkuit ini kami juga tak memiliki nasib baik pada musim 2022 dan 2023 lalu. Akan tetapi untuk saat ini saya harap semua lebih baik. Pekan lalu di Le Mans, hasilnya cukup positif walaupun masih ada beberapa mkekurangan jika dibanding rival kami. Tapi memang menjadi hal penting bagi tim untuk terus bekerja keras dan menjaga agar tak kehilangan jiwa kompetitif.” ungkap Bagnaia dikutip dari laman GPOne.