Diisukan Pergi dari Liverpool, Luis Diaz Dikaitkan dengan Barcelona

Liverpool diisukan akan melepas salah satu winger andalannya, yaitu Luis Diaz musim panas ini, di mana sang pemain terus dikaitkan dengan salah satu raksasa Liga Spanyol, Barcelona. Salah satu rumor yang cukup kencang berhembus belakangan ini dari kubu Liverpool adalah mengenai kepergian Luis Diaz. Sang pemain terus diisukan akan meninggalkan Anfield menyusul sang manajer, Jurgen Klopp. Pemain asal Kolombia tersebut pun tak mesti khawatir jika harus meninggalkan Liverpool musim panas nanti. Pasalnya saat ini salah satu klub besar asal Catalan, yaitu Barcelona dikabarkan tengah membidik eks winger gesit milik FC Porto tersebut.

Sosok Luis Diaz sendiri merupakan pemain yang didatangkan Liverpool dari FC Porto pada tahun 2022 lalu. Kala itu biaya yang dikeluarkan Liverpool untuk merekrutnya sekitar 60 juta euro, dengan rincian 45 juta euro sebagai biaya transfer, sementara 15 juta euro sisanya merupakan rincian bonus. Tak butuh waktu lama bagi Diaz untuk langsung nyetel dengan gaya permainan Liverpool di bawah Jurgen Klopp sebagai manajer. Karakter Diaz yang agresif, sangat cocok dengan sistem permainan The Reds yang mengandalkan sistem pressing ketat.

Sangat disayangkan saat sedang menikmati masa-masa menyenangkannya bersama Liverpool, Diaz malah mengalami cedera yang cukup serius. Kala itu ia menepi beberapa bulan, dan ketika kembali sang pemain belum lagi mampu menunjukkan performa seperti saat ia pertama datang. Walaupun demikian ia merupakan salah satu opsi utama Klopp di sisi kiri penyerangan The Reds, terlebih saat Sadio Mane resmi meninggalkan klub. Akan tetapi dalam beberapa waktu belakangan ini ada kabar yang menyebut Diaz juga akan segera meninggalkan Liverpool.

Dikaitkan dengan Barcelona

Belum pasti mengenai alasan munculnya rumor yang menyebut Diaz ingin meninggalkan Liverpool musim panas nanti. Akan tetapi beberapa media meyakini, keinginan sang pemain pindah ada hubungannya dengan keputusan Jurgen Klopp pergi di akhir musim ini. Pasalnya sosok Luis Diaz sendiri merupakan pemain yang didatangkan Klopp, sehingga ia tak yakin dengan pelatih baru musim depan ia bisa tetap menjadi opsi utama tim di lini serang.

Sebuah laporan di laman Mundo Deportivo menyebut sang pemain saat ini memiliki harapan untuk bisa hijrah ke tanah Spanyol, di mana ia ingin bergabung dengan Barcelona. Sementara itu beberapa media Spanyol sendiri mengabarkan bahwa pihak Barcelona menyambut baik hal tersebut. Saat ini manajemen Blaugrana sedang mengintip opsi untuk bisa membawa Luis Diaz musim depan ke Camp Nou.

Posisi Barcelona sendiri saat ini memang sedang cukup kekurangan pemain yang bisa mengisi pos sayap kiri. Biasanya di sana ada nama-nama seperti Ferran Torres ataupun Pablo Gavira. Akan tetapi Ferran performanya tidak konsisten, sementara Gavi masih cedera, dan ia bukan pemain yang berposisi asli sebagai pemain sayap. Jadi cukup masuk akal jika memang kemudian manajemen Los Cules menginginkan jasa Diaz.

Peluang Kecil

Sayangnya jika berbicara mengenai peluang Barcelona untuk mendatangkan Luis Diaz memang tak bisa dikatakan besar. Meskipun sang pemain berminat pindah, akan tetapi saat ini kondisi Barcelona sendiri keuangannya belum sepenuhnya stabil, sementara di satu sisi manajemen Liverpool mematok harga di atas 80 juta euro bagi tim manapun yang menginginkan jasa Luis Diaz.

Walau begitu sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dipakai jika Barca memang sangat menginginkan jasa Diaz. Pertama mereka bisa melakukan opsi peminjaman kepada Liverpool dengan pembelian permanen di akhir masa peminjaman. Selain itu, mereka bisa menjual lebih dulu sejumlah pemainnya untuk mendapatkan budget yang bisa dipakai menebus Diaz dari Liverpool.