google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Donny van de Beek Dicoret Timnas Belanda Untuk Euro

Donny van de Beek
Alami cedera, Donny van de Beek harus absen di pagelaran Euro 2020.

cr photo: Goal

Berita buruk datang dari kesebelasan tim nasional Belanda, di mana Donny van de Beek dikabarkan alami cedera cukup serius. Nama Van de Beek pun mau tak mau harus dicoret dari daftar pemain Belanda yang akan menjalani turnamen Piala Eropa 2020 yang segera bergulir beberapa hari lagi. Kehilangan Van de Beek ini bisa dikatakan cukup merugikan Belanda, karena walau di klubnya Van de Beek tampil kurang maksimal, tapi ia selalu bermain apik saat membela Timnas Belanda. Absennya Van de Beek juga digadang gadang akan sedikit mengurangi kekuatan De Oranje di gelaran Piala Eropa 2020 nanti.

Sosok Van de Beek sendiri awalnya memang masih berhasil menembus timnas Belanda untuk tampil di Euro nanti. Ini menjadi sebuah kebahagiaan sendiri bagi Van de Beek yang selama musim ini bermain belum maksimal di MU. Van de Beek didatangkan MU dari klub Belanda, Ajax Amsterdam. Sayang memang proses adaptasi Van de Beek berjalan lambat di Old Trafford, sehingga ia masih belum bisa menunjukkan performa yang maksimal.

Walau demikian, pelatih timnas Belanda, yakni Frank de Boer melihat beda sosok Van de Beek ini. Ia masih menganggap bahwa Van de Beek ini adalah bagian penting di skuad Belanda. Oleh karena itu, legenda sepakbola Belanda itu masih tetap memanggil Van de Beek ke skuadnya untuk Euro. Van de Beek sendiri memang sudah menjadi langganan masuk timnas sejak era Ronald Koeman, oleh karena itu ia lebih gampang beradaptasi saat bermain di tim nasional.

Donny van de Beek Cedera

Sayangnya jelang beberapa hari saja sebelum gelaran Euro 2020 dimulai, masalah menghampiri Van de Beek. Awalnya dirinya dikabarkan cedera setelah terlihat berlatih secara terpisah dengan rekan rekannya. Sebelum akhirnya cederanya Van de Beek ini resmi dkonfirmasi oleh pihak Timnas Belanda. Lewat sebuah pengumuman, Van de Beek pun resmi dinyatakan tak akan ikut berpartisipasi di Euro 2020.

Walaupun berkurang satu pemain karena cedera, namun lewat sebuah pernyataan lain, Frank de Boer mengatakan bahwa ia tak akan memanggil pemain lain untuk menggantikan Van de Beek. Ini menyusul banyaknya stock gelandang yang dimiliki Belanda yang bisa menggantikan posisi Van de Beek. Di sana ada nama nama seperto Davy Klaassen, Teun Koopmeiners, hingga Ryan Gravenberch yang bisa saling bergantian mengisi pos tersebut.

Selain mereka jelas masih ada nama nama lainnya yang akan membuat lapangan tengah Belanda lebih solid. Dari mulai Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldu, dan bahkan Daley Blind pun bisa mengisi posisi gelandang tengah. Cukup beralasan memang apabila Frank de Boer kemudian memutuskan untuk tak memanggil pemain pengganti.

Belanda sendiri di ajang Euro 2020 ini tergabung ke dalam grup yang bisa disebut cukup tricky. Belanda ada di Grup C bersama Austria, Makedonia Utara, dan Ukraina. Pada laga pembuka Grup C di tanggal 14 Juni mendatang, Belanda akan menghadapi lawan terkuat mereka di grup tersebut, yakni Ukraina. Belanda bisa mudah saja lolos dari grup ini, namun bila lengah, dua Kuda Hitam, yakni Ukraina dan Austria siap memberikan mimpi buruk bagi De Oranje.

Pernyataan Resmi Belanda Soal Donny van de Beek

“Van de Beek sayang sekali harus rela tidak bisa bermain di Euro edisi kali ini. Gelandang kami itu menderita cedera, dan hasil pemeriksaan menunjukkan ia tidak akan bisa pulih tepat waktu sebelum Euro dimulai.” tulis perwakilan Timnas Belanda di akun Sosial Media mereka.