google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Download Foto di Whatsapp Gagal, Apa Penyebabnya?

Source : http://www.pixabay.com

Mungkin diantara kamu ada yang pernah mengalami saat melakukan download foto di Whatsapp namun file tersebut tidak berhasil diunduh. Pada dasarnya, terdapat beberapa penyebab, baik dari dalam maupun luar yang dapat menyebabkan berkas media seperti foto atau video di layanan WhatsApp tidak bisa diunduh atau prosesnya mengalami kegagalan di tengah jalan. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas pada artikel berikut.

Sebagaimana yang kita ketahui, platform pesan singkat milik pengembang raksasa Facebook ini membutuhkan banyak hal agar aplikasi dapat berjalan dengan baik sebagaimana layanan komunikasi berbasis aplikasi pada umumnya.

Apabila mengalami satu atau lebih gangguan dalam proses kerjanya, maka WhatsApp pun akan mengalami sejumlah permasalahan. Dari sejumlah fitur yang tidak bisa berfungsi hingga aplikasi akan benar-benar berhenti bekerja. WhatsApp tidak bisa mengunduh atau download foto maupun berkas media termasuk salah satu akibat dari gangguan tersebut. Untuk menyelesaikan masalah ini, penting untuk kita mengetahui apa yang jadi penyebab sebenarnya.

Penyebab Download Foto di Whatsapp Tidak Berhasil

Pengaturan Waktu dan Tanggal Salah

  • Buka menu pengaturan atau Settings
  • Kemudian, masuk ke bagian General Management, System, atau General sesuai dengan perangkat yang digunakan
  • Cari dan pilih menu Date & time
  • Periksa tanggal dan waktu apakah sudah sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak
  • Apabila pengaturan tanggal atau waktu di handphone salah, aplikasi WhatsApp tidak akan dapat terhubung dengan server. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah termasuk pada saat akan mengunduh berkas media.

Melakukan pengecekan tanggal dan waktu di handphone seperti langkah-langkah di atas bisa ditempuh untuk memastikan hal itu. Disamping itu, kita pun sekaligus bisa mengubahnya secara manual atau mengaktifkan opsi pengaturan otomatis melalui halaman yang sama apabila masih belum sinkron.

Jaringan Internet Terganggu

Koneksi atau sambungan ke server memungkinkan aplikasi WhatsApp untuk saling bertukar data mulai dari mengirim teks biasa hingga konten multimedia. Jaringan internet yang bermasalah tentu bisa mengusik hal tersebut. Pengguna bisa memastikan apakah koneksi internet cukup kuat atau tidak untuk berkomunikasi dengan mencoba membuka halaman web melalui peramban atau streaming video di aplikasi YouTube.

Untuk memperbaiki jaringan internet yang sedang mengalami gangguan, beberapa cara dapat dicoba sebagai solusi. Contohnya dengan menggunakan mode pesawat selama beberapa saat, mengubah koneksi ke kartu seluler lain, beralih ke jaringan Wi-Fi, hingga mereset setelan koneksi di handphone.

Server WhatsApp Bermasalah

Berbicara mengenai masalah koneksi, kita juga perlu untuk memastikan bahwa server WhatsApp sedang baik-baik saja karena proses untuk mengunduh foto pun akan bermasalah apabila mengalami gangguan.

Sebagai tambahan informasi, server WhatsApp dapat dilakukan pengecekan melalui layanan pihak ketiga seperti Downdetector maupun outage.report. Kedua situs tersebut akan menampilkan data dan informasi dari berbagai jenis laporan gangguan.

Memori Penyimpanan Penuh

Sumber masalah bagi pengguna perangkat seluler berikutnya adalah memori penyimpanan penuh. Bahkan, sejumlah aplikasi dan fitur bisa berhenti bekerja akibat dari penuhnya memori penyimpan handphone. Aplikasi WhatsApp sendiri butuh kapasitas penyimpanan luas supaya dapat berjalan dengan lancar. Untuk mengunduh foto atau video contohnya, kita perlu mempunyai ruang yang lebih besar dari ukuran berkas agar proses download berhasil.

Untuk dapat mengetahui sisa kapasitas penyimpanan di handphone sebenarnya tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan mengakses file manager atau halaman pengaturan meskipun setiap perangkat biasanya akan mempunyai cara yang sedikit berbeda.

Memindahkan data, membersihkan data file sampah atau tidak terpakai, uninstall aplikasi, hingga menggunakan layanan cloud mungkin bisa menjadi upaya yang tepat untuk diambil jika memori penyimpanan memang menipis.

Masalah Kartu Memori Eksternal

WhatsApp mengklaim bahwa kasus tidak dapat mengunduh foto atau berkas media lain pun bisa muncul akibat masalah kartu SD, meskipun aplikasinya belum mendukung penyimpanan data ke memori eksternal.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memastikan bahwa kartu SD tidak penuh. Akan tetapi, jika ruang penyimpanan sudah cukup lega namun masalah masih terjadi, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan menghapus data-data WhatsApp yang tersimpan di dalam ruang penyimpanan tersebut.

Disamping itu, status penyimpanan kartu SD yang berubah menjadi Read-Only juga bisa menyebabkan masalah WhatsApp tidak bisa download berkas media. Oleh sebab itu, penting untuk memastikannya dengan menggunakan layanan via komputer.

Terkadang, memformat kartu SD juga bisa menjadi langkah jitu apabila beberapa metode di atas belum berhasil menyelesaikan masalah. Namun demikian sebagai konsekuensinya, kita bisa kehilangan seluruh data yang ada di dalamnya saat melakukan format.

Kesalahan Aplikasi Atau Sistem

Memperbarui sistem operasi maupun aplikasi ke versi terbaru dapat juga menjadi upaya selanjutnya dalam mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa download foto maupun berkas media. Hal ini dikarenakan masalah tersebut pun bisa terjadi karena bug yang muncul dalam pengembangan aplikasi maupun sistem operasi yang secara teknis membutuhkan solusi melalui pembaruan.

Namun perlu diingat, kesalahan pada level aplikasi maupun sistem operasi sayangnya juga bisa terjadi karena ketidaksesuaian setelan hingga keterbatasan sumber daya di dalam handphone itu sendiri. Memuat ulang handphone, membersihkan data, hingga memasang ulang aplikasi untungnya bisa menjadi solusi praktis jika beberapa kesalahan seperti itu terjadi pada akun Whatsapp kamu.