google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Efek Vaksin Covid-19 Pfizer Diduga Bisa Menyebabkan Radang Jantung

Pro dan kontra mengenai efek samping vaksin virus corona masih terus berlanjut. Jikalau sebelumnya suntikan dari vaksin AstraZeneca yang menjadi perdebatan, sekarang ini efek dari vaksin Covid-19 Pfizer pun sedang ramai diperbincangkan.

Para penelti di Israel sudah mengemukakan kemungkinan adanya hubungan antara vaksin Covid-19 Pfizer dengan masalah peradangan pada jantung atau dikenal dengan istilah miokarditis. Kekhawatiran ini pun semakin mencuat seiring rencana pemerintah akan melakukan program vaksinasi kepada kelompok anak – anak dan remaja.

Vaksin Covid-19 Pfizer Bisa Menyebabkan Peradangan Pada Jantung

Dilansir dari Bloomberg, Kementerian Kesehatan Israel sebenarnya telah menandai efek samping dari vaksin Pfizer sejak beberapa bulan yang lalu. Namun efek samping dari vaksin ini yang berkaitan dengan radang jantung baru saja ditemukan.

Sebagian besar dari warga Israel ini memang menggunakan vaksin Pfizer- BioNTech dan pertama kalinya menandai efek samping dari radang jantung ini pada bulan April lalu. Dalam temuan yang sudah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan Israel, para peneliti melakukan investigasi dan melaporkan ada sebanyak 275 kasus peradangan jantung sejak bulan Desember hingga bulan Mei.

Dari jumlah inilah ada 148 kasus yang terjadi dalam kurun waktu satu bulan setelah mendapatkan suntikan vaksinasi. Sebagian besar pun bahkan terjadi relatif cepat setelah suntikan dosis kedua diberikan. Peradangan jantung yang diakibatkan vaksin Pfizer ini dilaporkan lebih rentan menyerang pria muda berumur di bawah 30 tahun.

Bukan hanya itu saja, mengutip dari laman Scienci Magazine, Kementerian Kesehatan Isreal di bulan Januari lalu sedang membentuk panel yang dipimpin langsung oleh Dror Mevorach, selaku kepala penyakit dalam di Hadassah University Medical Center untuk segera menyelidiki masalah dari efek samping vaksin Covid-19 Pfizer. Ia beserta rekannya pun mengidentifikasi ada sebanyak 110 kasus dari radang jantung di antara 5 juta orang di Israel ini sebagai penerima dua dosis dari vaksin Covid-19 Pfizer.

Melihat angka yang sudah ada, para peneliti pun sebenarnya tidak begitu khawatir. Yang artinya adalah hanya ada 1 dari total 50 ribu orang penerima vaksin Covid-19 yang mengalami efek samping berupa peradangan pada jantung. Jumlah ini pun dianggap tidak terlalu membuat khawatir, mengingat kasus dari radang jantung ini pada populasi yang umumnya dipicu oleh infeksi dari bakteri maupun virus, termasuk juga untuk Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, dokter Devia Irine Putri pun ikut menjelaskan, meskipun sudah ada temuannya, masih dibutuhkan pula penelitian dengan cakupan yang lebih luas lagi mengenai efek samping dari vaksin Covid-19 yang bisa menyebabkan radang jantung.

CDC atau Centers for Disease Control and Prevention pun sejauh ini masih belum memberikan keterangan secara resmi mengenai dampak dari vaksin Covid-19 buatan Amerika Serikat tersebut.

Ketahui Efek Dari Radang Jantung yang Harus Diwaspadai

Miokarditis ini terjadi pada saat otot jantung atau miokardium ini sedang meradang. Untuk kondisi yang normal, otot ini pun akan membuat jantung bekerja dengan cara memompa darah dari dan keluar jantung, lalu disalurkan ke seluruh anggota tubuh manusia.

Ketika pembengkakan pada otot jantung ini terjadi, maka akan terganggu sistem kelistrikan jantung serta kemampuan dari kinerja jantung saat memompa darah pun bakalan berkurang. Yang artinya adalah, dalam kondisi tertentu, tubuh manusia tidak akan bisa mendapatkan pasokan darah yang cukup.

Pada akhirnya kondisi inilah bisa saja menimbulkan berbagai permasalahan pada kesehatan, seperti halnya gangguan pembekuan darah, serangan jantung atau pun stroke. Pasien dengan kondisi yang cukup berat mungkin saja harus membutuhkan alat pacu jantung, defibrillator, atau pun bisa pula transplantasi jantung.

‘’Penyebab dari radang jantung ini dikarenakan adanya infeksi virus, bakteri, jamur atau pun parasite. Gejala yang muncul pun sangat beragam, mulai dari nyeri dada, nyeri sendi, sesak, demam, serta jantung berdebar. Namun, bila ditangani dengan cepat, kondisi bisa disembuhkan,’’ ungkap dokter Devia.

Untuk sejauh ini, hampir dari seluruh kasus radang jantung akibat dari vaksin Pfizer bergejala sangat ringan dan mudah ditangani. Kasus yang ringan, biasanya pasien akan diberikan obat anti inflamasi.