Erik Ten Hag Didukung Tetap Latih MU Oleh Roy Keane

Roy Keane memberikan dukungan kepada sosok Erik Ten Hag untuk tetap menjadi pelatih dari Manchester United untuk musim depan. Bukan rahasia lagi kalau nasib Erik Ten Hag sebagai manajer Manchester United saat ini tengah di ujung tanduk melihat buruknya tren yang dimiliki MU menjelang musim 2023-2024 ini selesai. Akan tetapi sebuah dukungan moral diberikan sosok Roy Keane, kepada sang manajer asal Belanda tersebut. Keane yang terkenal kritis dan blak blakan belum lama ini ternyata mendukung Ten Hag tetap melatih MU untuk musim depan, karena dirinya melihat sosok Ten Hag masih layak sekali diberikan kesempatan oleh memperbaiki semuanya.

Pada musim kompetisi 2023-2024 ini Manchester United memang mengalami masa masa yang buruk, bahkan berbanding terbalik dari musim lalu. Sejak awal musim MU memang sudah terlihat angin-anginan. Kondisi sempat membaik di pertengahan musim, akan tetapi kembali jauh memburuk menjelang akhir musim ini. Salah satu faktor penyebabnya adalah badai cedera parah yang menimpa skuad Setan Merah. Bahkan di musim ini saja Setan Merah memiliki hingga 66 kasus cedera yang membuat Ten Hag mesti melakukan 16 kali pergantian kombinasi pertahanan mereka.

Saat ini Manchester United sendiri duduk di posisi 8 klasemen, kans mereka untuk sekedar masuk Zona Conference League pun bahkan sangat kecil melihat sisa game musim ini yang terbilang berat. Peluang lain untuk MU masuk kompetisi Eropa adalah dengan mengalahkan Manchester City di final FA Cup, akan tetapi itupun tetap hal yang sangat berat. Kondisi ini membuat nasib Erik Ten Hag sebagai manajer MU semakin sulit, bahkan tak sedikit yang memprediksi bahwa manajer asal Belanda tersebut akan didepak oleh manajemen MU di akhir musim ini.

Layak Bertahan

Meskipun banyak yang menilai Ten Hag akan dipecat, akan tetapi tak sedikit juga yang mendukungnya bertahan. Salah satunya adalah Roy Keane, hal ini cukup menarik karena sedianya Keane adalah legenda MU yang sangat kritis dan blak-blakan, bahkan ia tak jarang mengkritik keras Ten Hag musim ini. Meski demikian, ia pribadi menilai Ten Hag masih sangat layak diberikan kesempatan melatih MU lagi minimal sampai musim depan.

Mantan kapten MU yang terkenal dengan sikap keras dan beraninya itu mengungkapkan bahwa setelah melihat banyak laga, ia sadar bahwa musim ini performa buruk MU tak sepenuhnya salah pelatih. Ada juga kesalahan dari pihak pemain yang ia lihat seperti enggan bertarung lagi. Di sisi lain situasi semakin buruk karena musim ini MU kehilangan sangat banyak pemainnya karena alami cedera.

Keane sendiri meyakini bahwa Ten Hag masih memiliki kapasitas untuk bisa membawa MU lebih baik lagi jika diberikan waktu dan kesempatan lebih lama lagi. Terbukti musim lalu di musim debutnya, ia bisa membawa MU yang sudah enam musim puasa gelar meraih gelar juara EFL Cup, dan membawa MU finish di posisi 3 klasemen akhir Liga Premier Inggris. Jadi Keane menilai sebenarnya Ten Hag memang memiliki potensi asal bisa diberi waktu dan kesempatan.

Pernyataan Keane

“Saya pribadi masih berharap bahwa dia (Erik Ten Hag) tetap diberikan waktu lebih lama menangani tim ini. Dia merupakan pelatih yang sudah berpengalaman. Saya sendiri juga masih melihat ia layak melatih tim ini. Memang hars diakui musim ini banyak sekali masalah menimpa tim ini, dan salah satunya tentu masalah cedera dan itu harus diakui mempengaruhi sekali kinerja tim.” ujar Keane dilansir dari laman Sky Sports.

“Saya mengharapkan tim mau memberikannya kesempatan dan waktu lebih lama di tim ini. Bila diberi waktu, saya yakin dia masih mampu memperbaiki semuanya di musim panas nanti. Kita tentu tak boleh melupakan apa yang ia berikan, banyak hal positif yang ia hadirkan musim lalu di tim ini. Jadi sekali lagi saya harap manajemen mau memberinya kesempatan memperbaiki kekacauan ini.” tambahnya.