google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Belanda Menang Dramatis atas Ukraina

Belanda vs Ukraina
Gol di menit akhir Denzel Dumfries berhasil menentukan kemenangan Belanda atas Ukraina di laga Grup C Euro 2020.

cr photo: Football365

Pertandingan menarik hadir saat tim nasional Belanda memainkan laga melawan Ukraina dalam lanjutan Euro 2020 Grup C. Bertanding di Johan Cruyff Stadium, Belanda sebagai tuan rumah nyatanya mendapat perlawanan ketat dari sang tamu. Di sepanjang babak pertama laga memang sempat berjalan alot antara kedua kesebelasan. Akan tetapi pertandingan berjalan sangat menarik di babak kedua. Saling balas gol terjadi antara kedua tim. Sampai pada akhirnya secara dramatis Belanda sukses mengamankan kemenangan. Skuad asuhan Frank de Boer berhasil mengamankan tiga poin berkat kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 3-2.

Gol gol yang dicetak oleh skuad De Oranje pada pertandingan kali ini masing masing dicetak oleh Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, dan Denzel Dumfries. Sedangkan dua gol balasan yang dicetak pasukan Ukraina masing masing lahir dari kaki Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk. Statistik mencatat Belanda lebih ungguk di segi penguasaan bola dengan presentase 62 persen berbanding 38. Mereka juga unggul dalam jumlah tembakan, dengan melepas total 15 tembakan. Sementara Ukraina sepanjang pertandingan hanya membuat 7 tembakan.

Tambahan tiga poin dari laga ini berhasil membuat Belanda mengawali pertandingan mereka di Euro 2020 dengan hasil maksimal. Belanda kini menempati posisi 2 klasemen di bawah Austria yang di pertandingan lain menang atas Makedonia Utara dengan skor ahir 3-1. Sementara sebaliknya bagi Ukraina, hasil ini membuat mereka tertahan di posisi 3 klasemen dengan masih meraih poin 0.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik menghadirkan tim nasional Belanda dengan lawannya, Ukraina dalam pertandingan lanjutan Euro 2020 Grup C. Berstatus sebagai tuan rumah, di laga ini Belanda sangat termotivasi untuk bisa memenangkan pertandingan. Oleh karena itu semenjak laga dimulai, pasuka Frank de Boer langsung mengambil inisiatif penyerangan ke jantung pertahanan sang lawan.

Akan tetapi memang di sepanjang babak pertama, kedua tim masih terlihat cukup berhati-hati. Sehingga kualitas serangan mereka masih tak begitu membahayakan. Tidak begitu banyak peluang yang dibuat kedua tim di sepanjang babak pertama. Tak ada gol pula yang lahir di babak pertama yang membuat skor imbang 0-0 bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Saat memasuki jalannya pertandingan babak kedua laga berubah menjadi jauh lebih menarik. Belanda yang menginginkan kemenangan mau tak mau bermain jauh lebih terbuka di pertandingan babak kedua. Hasilnya cukup memuaskan di mana Belanda akhirnya sukses membuka skor di menit ke-52 babak kedua. Sepakan keras Georginio Wijnaldum berhasil menjebol gawang lawan yang bawa Belanda memimpin 1-0.

Tak butuh waktu terlalu lama bagi Belanda untuk bisa menggandakan skor. Selang enam menit saja, yaitu di menit ke-58, Belanda berhasil melesakkan gol keduanya. Wout Weghorst berhasil melesakkan gol lewat sepakan jarak dekat yang merubah skor kini menjadi 2-0 untuk Belanda.

Namun di luar dugaan, Ukraina yang sudah tertinggal dua gol ternyata enggan menyerah begitu saja. Memasuki menit ke-75, anak asuhan Andriy Shevchenko berhasil melesakkan gol yang perkecil ketertinggalan. Andriy Yarmolenko sukses memaksimalkan umpan Roman Yaremchuk untuk membuat skor kini menjadi 2-1.

Kejutan pun terjadi ketika empat menit berselang, yakni di menit ke-79 Ukraina ternyata berhasil melesakkan gol keduanya. Roman Yaremchuk yang sebelumnya membuat assist kini sukses melesakkan golnya sendiri memaksimalkan umpan Ruslan Malinovskiy. Lesakkan gol pemain Lokomotiv Moskow ini sukses membuat skor menjadi imbang 2-2.

Ketika pertandingan terasa akan berakhir imbang, Belanda secara dramatis sukses melesakkan gol ketiganya di menit akhir babak kedua. Tepat di menit ke-85, bola flick Nathan Ake berhasil diteruskan menjadi gol oleh Denzel Dumfries. Aksi pemain muda itu sukses memastikan Belanda menang secara dramatis dengan skor akhir 3-2.

Susunan Pemain Belanda vs Ukraina

Belanda (3-4-1-2): Marten Stekelenburg, Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Daley Blind, Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Patrick van Aanholt, Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, Memphis Depay.

Ukraina (4-3-3): Heorhiy Bushchan, Mitaliy Mykolenko, Mykola Matvienko, Illya Zabarnyi, Oleksandr Karavayev, Oleksandr Zinchenko, Serhiy Sydorchuk, Ruslan Malinovskiy, Oleksandr Zubkov, Roman Yaremchuk, Andriy Yarmolenko.