google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Belgia Sukses atasi Perlawanan Rusia

Belgia vs Rusia
Tampil garang, Romelu Lukaku sumbang dua gol dalam kemenangan Belgia atas Rusia di laga Grup B Euro 2020.

cr photo: Marca

Raihan maksimal berhasil didapat oleh tim nasional Belgia saat menghadapi Rusia dalam lanjutan pertandingan Grup B Euro 2020. Bermain di Gazprom Arena, St. Petersburg, sebenarnya di laga ini Rusia berstatus sebagai tuan rumah. Hal tersebut lah yang kemudian memang membuat Tim Beruang Merah ini cukup memberikan perlawanan yang ketat pada calon juara Euro tersebut. Walau demikian, kegigihan skuad asuhan Stanislas Cherchesov ini meskti berakhir dengan hasil yang tak menyenangkan. Belgia masih berhasil membuat sang tuan rumah tak berdaya dengan mengamankan kemenangan cukup telak, yaitu 3-0.

Pada pertandingan ini, Romelu Lukaku bermain sangat baik dengan memborong dua dari tiga gol kemenangan timnya. Selain itu, ia juga mendedikasikan bracenya tersebut untuk rekan setimnya di Inter Milan, Christian Eriksen yang di laga Denmark vs Finlandia kolaps di tengah pertandingan. Sementara itu satu gol sisanya yang dicetak Belgia lahir melalui aksi bek kanan mereka, Thomas Meunier. Kemenangan ini sendiri cukup wajar didapat oleh Belgia yang memang sangat dominan di sepanjang laga dengan mencatatkan penguasaan bola 67 persen berbanding 33 persen. Jumlah tembakan yang mereka lepas juga lebih banyak, yaitu 9 tembakan, berbanding 5 tembakan milik Rusia.

Kemenangan impresif ini sukses membuat Belgia membuka kiprah mereka di ajang Euro 2020 dengan sangat baik. Meraih tiga poin penuh sukses membawa mereka duduk di puncak klasemen sementara Grup B dengan poin 3. Mereka unggul selisih gol dari Finlandia yang ada di posisi 2 klasemen. Sementara bagi Rusia, kekalahan ini membuat mereka kini menjadi juru kunci grup dengan masih mengoleksi 0 poin.

Rangkuman Pertandingan

Rusia menjalani laga berat menghadapi tim kuat, Belgia dalam pertandingan pertama Grup B ajang Euro 2020. Di laga ini Rusia memang bermain sebagai tuan rumah. Akan tetapi pada kenyataannya Belgia bermain lebih terorganisir sehingga mereka hanya bisa meladeninya dengan semangat juang yang tinggi. Kondisi ini sebenarnya sempat membuat Belgia mengalami kebuntuan.

Namun pada menit ke-10 kesalahan dilakukan oleh para pemain belakang Rusia. Hal ini membuat bola kemudian jatuh di kaki Romelu Lukaku. Tanpa kesalahan, striker Inter Milan itu melepaskan sepakan yang gagal dihalau kiper Rusia. Lesakkan Lukaku ini sukses merubah skor sementara menjadi 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Sukses unggul lebih dulu membuat Belgia kian cair permainannya. Alhasil di menit ke-34 mereka sukses menambah keunggulannya. Berawal dari bola umpan yang dilepas Thorgan Hazard masih bisa ditepis oleh kiper Rusia. Akan tetapi bola rebound berhasil disambar oleh Thomas Meunier menjadi gol untuk ubah kedudukan menjadi 2-0. Kedudukan ini kemudian sukses dipertahankan Belgia sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Laga berjalan lebih menarik di babak kedua, di mana Rusia mulai berani keluar menyerang meladeni permainan agresif sang lawan. Skuad asuhan Stanislas Cherhesov ini sukses beberapa kali membuat peluang yang hampir saja membobol gawang Belgia.

Salah satu peluang terbaiknya didapat oleh Roman Zobnin. Melihat adanya space, Zobnin lalu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Sangat disayangkan usaha pemain Rusia ini masih belum menghasilkan gol sehingga skor masih tak berubah 0-2 bagi keunggulan Belgia.

Gagal melesakkan gol balasan, pada akhirnya gawang Rusia harus kembali kebobolan di menit ke-88 babak kedua. Menerima umpan terobosan Thomas Meunier, Lukaku sukses mencetak gol keduanya di laga ini untuk menjauhkan keunggulan Belgia menjadi 3-0. Sampai laga selesai skor berhasil dipertahankan Belgia dan mereka pun berhak atas tiga poin atas kemenangan ini.

Susunan Pemain Belgia vs Rusia

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen, Timothy Castagne, Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard, Dries Mertens, Romelu Lukaku, Yannick Carrasco.

Rusia (4-2-3-1): Anton Shunin, Yuri Zhirkov, Georgi Dzhikiya, Andrei Semyonov, Mario Fernandes, Magomed Ozdoyev, Dmitri Barinov, Daler Kuzyaev, Aleksandr Golovin, Roman Zobnin, Artem Dzyuba.