google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Belgia Sukses Taklukan Portugal

Belgia vs Portugal
Gol tunggal Thorgan Hazard bawa Belgia kalahkan Portugal untuk melaju ke babak perempatfinal Euro 2020.

cr photo: Times of India

Laga besar terjadi saat dua tim kuat, yakni Belgia dan Portugal saling berjumpa di pertandingan babak 16 besar ajang Euro 2020. Stadion Olimpiade Seville di Spanyol menjadi saksi laga menarik antara kedua kesebelasan yang sama sama masuk bursa calon juara Euro ini. Tak ayal banyak juga yang menyebut ini adalah final kepagian. Sepanjang laga, Belgia sebenarnya di awal mampu mendominasi laga. Akan tetapi secara keseluruhan, Portugal lah yang mengendalikan pertandingan ini. Namun ketidakmampuan Portugal memaksimalkan peluang yang mereka dapat membuat mereka malah tersungkur. Belgia sukses amankan kemenangan di laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Gol semata wayang yang jadi penentu kemenangan Belgia di pertandingan ini dilesakkan oleh saudara kandung Eden Hazard, yakni Thorgan Hazard. Dilihat dari statistik, Belgia memang kalah cukup jauh dari sang lawan. Di mana dari segi penguasaan bola, Portugal unggul dengan presentase 58 persen berbanding 42 persen. Sedangkan untuk jumlah tembakan, Portugal juga membuat lebih banyak tembakan. Total Selecao das Quinas membuat hingga 23 tembakan berbanding 6 milik Belgia. Namun pada akhirnya efektifitas Belgia dalam bermain sukses berikan mereka kemenangan di laga ini.

Atas hasil maksimal ini, pasukan Roberto Martinez sukses memastikan satu tempat di babak perempatfinal ajang Piala Eropa 2020. Pada babak perempatfinal Belgia sudah ditunggu lawan berat, yakni Italia. Glis Azzuri sendiri lolos usai susah payah mengalahkan Austria di babak 16 besar dengan skor akhir 2-1. Sedangkan bagi Portugal, ini tentu saja menjadi hasil yang memahitkan. Berstatus sebagai juara bertahan, anak asuhan Fernando Santos mesti rela terhenti kiprah mereka di babak 16 besar Euro 2020.

Rangkuman Pertandingan

Duel antara raksasa terjadi dalam lanjutan babak 16 besar Euro 2020 yang pertemukan tim nasional Belgia melawan Portugal. Sama sama berhasrat besar melaju ke babak perempatfinal, kedua tim sama sama turun dengan skuad terbaik mereka. Sejak babak pertama dimulai, keduanya sudah memperlihatkan permainan terbuka yang membuat jual beli serangan langsung terjadi di menit awal babak pertama.

Portugal yang awalnya berada dalam tekanan sang lawan perlahan mampu keluar dari tekanan tersebut. Mereka kemudian membuat beberapa peluang yang cukup berbahaya. Salah satunya melalui aksi Cristiano Ronlado. Sayang usaha sang kapten masih belum bisa menjebol gawang Belgia yang dijaga Thibaut Courtois.

Alih alih mencetak gol, Portugal yang bermain ofensif malah harus kebobolan di menit akhir babak pertama, tepatnya di menit ke-42. Berawal dari umpan terukur Thomas Meunier, bola jatuh di kaki Thorgan Hazard. Berdiri cukup bebas, pemain Borussia Dortmund itu sukses menaklukan Rui Patricio. Lesakkan Thorgan Hazard ini membawa Belgia unggul 1-0 sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Setelah istirahat, Portugal yang tertinggal berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Skuad asuhan Fernando Santos lantas menaikan intensitas serangan mereka. Selain itu, Bernardo Silva dan kawan kawan juga menaikan tempo permainan menjadi lebih cepat. Hal ini membuat Belgia mau tak mau memang tampil jauh lebih bertahan di sepanjang babak kedua.

Di sepanjang babak kedua berlangsung, Portugal sebenarnya punya banyak peluang. Namun mereka seolah kurang beruntung, beberapa peluang ada yang membentur gawang. Beberapa lainnya bisa dimentahkan dengan baik oleh Courtois yang bermain apik di laga ini. Belgia sendiri tak bisa menambah skor, namun keberhasilan mereka meredam sang lawan membuat mereka sukses amankan kemenangan 1-0 tersebut sampai laga ini berakhir.

Susunan Pemain Belgia vs Portugal

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Thorgan Hazard, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Pepe, Diogo Dalot, Renato Sanches, Joao Palhinha, Joao Moutinho, Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva.