google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Ceko Sukses Menangi Duel atas Skotlandia

Skotlandia vs Ceko
Brace menawan Patrick Schick berhasil bawa Ceko kalahkan Skotlandia di laga Grup D Euro 2020.

cr photo: Football365

Pertandingan menarik menghadirkan dua tim Kuda Hitam, yaitu tim nasional Ceko dan Skotlandia di lanjutan Euro 2020 Grup D. Pada laga yang digelar di Hampden Park, Glasgow ini, Skotlandia turun dengan status sebagai tuan rumah. Andrew Robertson dan kawan kawan lantas mengincar kemenangan dengan bermain lebih agresif dari sang lawan. Kondisi ini memang membuat kemudian Skotlandia lebih banyak memegang bola bahkan menciptakan peluang. Namun efektifitas Ceko yang sangat baik membuat sang tuan rumah menjadi tak berdaya. Pada akhir pertandingan, Ceko sukses menaklukan Skotlandia dengan skor akhir cukup memuaskan, yaitu 0-2.

Pada laga kali ini, sosok striker milik Bayer Leverkusen, yaitu Patrick Schick menjadi bintang. Pasalnya, ia sukses memborong dua gol yang menjadi penentu kemenangan timnya atas Skotlandia. Apabila melihat dari statistik di sini jelas Skotlandia lebih dominan. Mereka menguasai penguasaan bola dengan presentase 58 persen berbanding 42 persen. Jumlah tembakan yang dilepas Skotlandia pun lebih banyak, yakni 19 kali dengan 4 yang on target. Sedangkan Ceko hanya membuat 10 tembakan dengan 7 yang on target. Pada akhirnya efektifitas dan efisiensi permainan lah yang bawa Ceko meraih kemenangan di laga ini.

Atas kemenangan ini, Ceko sukses mengawali kiprah mereka di Euro 2020 dengan sangat baik. Saat ini mereka menduduki posisi puncak klasemen dengan poin 3. Mereka unggul selisih gol dari Inggris yang di laga lain hanya menang 1-0 menghadapi Kroasia. Sementara bagi Skotlandia, kekalahan ini otomatis membuat posisi mereka saat ini ada di dasar klasemen Grup D dengan poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru mempertemukan tim nasional Skotlandia menghadapi Ceko dalam pertandingan lanjutan Grup D ajang Euro 2020. Sebagai tuan rumah, di laga ini Skotlandia mengincar kemenangan demi memuluskan laju mereka ke babak 16 besar. Sejak babak pertama dimulai, Skotlandia pun sudah berhasil memegang kendali permainan dan memaksa lawannya sedikit bertahan.

Peluang cukup terbuka didapat Skotlandia untuk bisa membuka keunggulan mereka di pertengahan masa babak pertama. Lydon Dykes menerima bola sodoran dari Joh McGinn di dekat gawang Ceko. Sayang sepakan akhir striker Glasgow Rangers itu masih gagal menjebol gawang sang lawan alhasil skor masih 0-0.

Alih alih mencetak gol, gawang Skotlandia malah harus kebobolan lebih dulu karena kelengahan mereka. Pada menit ke-42, Vladimir Coufal melepaskan umpan matang yang sukses diselesaikan dengan baik oleh Patrick Schick. Aksi eks striker AS Roma tersebut berhasil membawa Ceko unggul sementara 0-1 yang bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Setelah istirahat, posisi tertinggal membuat Skotlandia kian meningkatkan tensi permainan mereka. Intensitas serangan Skotlandia pun meningkat memasuki babak kedua. Andrew Robertson sangat rajin membantu serangan mereka dari sisi sayap, begitu juga O’Donnell yang menjadi tandem Robertson di saya kanan. Walau demikian, Ceko tetap tenang untuk bisa meredam serangan tuan rumah.

Bukannya mencetak gol, Skotlandia yang apes malah harus kembali kebobolan. Kali ini gol lahir di menit ke-52 babak kedua kembali melalui aksi Patrick Schick. Sang striker yang melihat posisi kiper Skotlandia maju terlalu jauh lantas melepas sepakan dari tengah lapangan. Bola meluncur deras masuk menjadi gol dan merubah keunggulan Ceko kini menjadi 0-2.

Di sisa waktu babak kedua, Skotlandia benar benar berusaha melesakkan gol balasan. Che Adams yang turun di babak kedua pun memiliki beberapa peluang walau tak lahirkan gol. Pada akhirnya Skotlandia pun gagal mencetak gol balasan sehingga Ceko akhiri laga dengan kemenangan meyakinkan 0-2.

Susunan Pemain Skotlandia vs Ceko

Skotlandia (3-5-2): David Marshall, Jack Hendry, Grant Hanley, Liam Cooper, Stephen O’Donnell, John McGinn, Scott McTominay, Stuart Armstrong, Andrew Robertson, Lyndon Dykes, Ryan Christie.

Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik, Jan Boril, Tomas Kalas, Ondrej Celustka, Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Alex Kral, Jakub Jankto, Vladimir Darida, Lukas Masopust, Patrick Schick.