google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Finlandia Menang Tipis atas Denmark

Denmark vs Finlandia
Gol tunggal Joel Pohjanpalo sukses menangkan Finlandia atas Denmark di laga Grup B Euro 2020.

cr photo: Prime Time Zone

Laga menarik mempertemukan tim nasional Denmark menghadapi Finlandia dalam lanjutan pertandingan fase grup Euro 2020 Grup B. Bermain di Copenhagen, Denmark tampil sebagai tuan rumah, kemenangan pun menjadi misi utama mereka di laga ini. Akan tetapi pada kenyataannya Finlandia mampu bermain dengan sangat baik terutama ketika bertahan. Walau tak bisa membuat banyak peluang dan lebih sering berada tekanan, Finlandia yang sukses memanfaatkan satu peluang sukses amankan kemenangan di laga ini. Finlandia menang dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1.

Satu satunya gol semata wayang yang jadi penentu kemenangan Finlandia di pertandingan ini dilesakkan oleh striker mereka, yakni Joel Pohjanpalo. Dilihat dari statistik laga secara keseluruhan, Denmark sedianya tampil jauh sangat dominan dari lawannya tersebut. Tim Dinamit mencatatkan penguasaan bola dengan total presentase 70 persen berbanding 30 persen. Jumlah tembakan yang Denmark lepaskan juga jauh lebih banyak, yakni 22 tembakan, sedangkan Finlandia hanya mencatatkan 1 tembakan. Walau demikian, efektifitas menjadi masalah bagi Denmark, alhasil mereka pun mesti alami kekalahan dari tamunya tersebut.

Karena kekalahan ini, Denmark pun harus rela terdampar di posisi 3 klasemen sementara Grup B dengan poin masih 0. Kekalahan ini juga membuat mereka otomatis harus meraih hasil maksimal di dua laga selanjutnya. Sedangkan bagi Finlandia, kemenangan sukses memberikan mereka tiga poin yang membuat mereka kini duduk di posisi 2 klasemen di bawah Belgia dengan koleksi 3 poin, namun hanya kalah selisih gol.

Rangkuman Pertandingan

Grup B Euro 2020 membuka pertandingan dengan duel antara Denmark menghadapi Finlandia menjadi laga pembukanya. Di pertandingan Denmark berstatus sebagai tuan rumah karena bermain di Parken Stadium, Copenhagen. Ingin memberikan hasil maksimal untuk para pendukungnya, Denmark pun sejak awal laga langsung memberikan tekanan kepada lawannya demi hasil kemenangan.

Jalannya pertandingan babak pertama cukup didominasi oleh Denmark, beberapa peluang sempat mereka dapatkan lewat Youssouf Poulsen dan Martin Braithwaite. Akan tetapi usaha usaha mereka masih mampu dengan baik diredam oleh lini belakang Finlandia.

Akan tetapi laga kemudian sempat dihentikan menjelang babak pertama berakhir karena adanya sebuah insiden. Saat itu bintang Denmark, Christian Eriksen tiba-tiba saja ambruk saat hendak menerima bola. Awalnya para pemain tidak sadar, namun kemudian kondisi Eriksen terlihat mengkhawatirkan yang membuat semua orang di stadion bergerak cepat. Tim Medis datang untuk memberikan pertolongan pertama kepada Eriksen. Setelah perawatan intensif, pada akhirnya Eriksen mampu kembali sadar dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Karena insiden tersebut jalannya babak kedua sempat dihentikan.

Babak Kedua

Setelah menunggu beberapa waktu, babak kedua pun akhirnya dimulai. Eriksen tak bisa melanjutkan pertandingan dan harus digantikan oleh pemain lain. Pada babak kedua ini Denmark yang kehilangan ritme berusaha mengembalikkan ritme permainan mereka.

Akan tetapi kelengahan mereka berhasil dimanfaatkan oleh Finlandia untuk melesakkan gol di menit ke-59. Sebuah bola umpan yang dilepas Jere Uronen berhasil disambar oleh Joel Pohjanpalo menjadi gol. Lesakkan striker Union Berlin tersebut sukses membawa Finlandia sementara unggul 0-1.

Di sisa waktu babak kedua, Denmark berusaha keras untuk bisa membalas gol tersebut. Namun kokohnya lini pertahanan Finlandia memaksa sampai laga selesai tak ada gol yang menembus gawang mereka. Alhasil Finlandia pun sukses memenangkan laga dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain Denmark vs Finlandia

Denmark (4-3-3): Kasper Schmeichel, Daniel Wass, Simon Kjaer, Andreas Christensen, Joakim Maehle, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Youssouf Poulsen, Jonas Wind, Martin Briathwaite.

Finlandia (5-3-2): Lucas Hradecky, Jere Uronen, Daniel O’Saughnessy, Paulus Arajuuri, Joona Toivio, Jukka Raitala, Glen Kamara, Tim Sparv, Robin Lod, Teemu Pukki, Joel Pohjanpalo.