google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Inggris Susah Payah Kalahkan Ceko

Ceko vs Inggris
Menang tipis atas Ceko, Inggris sukses lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: BBC

Hasil cukup memuaskan diraih oleh kesebelasan tim nasional Inggris saat menghadapi Ceko di laga terakhir Grup D Euro 2020. Tampil di Wembley Stadium, The Three Lions berstatus sebagai tuan rumah di laga kali ini. Akan tetapi lagi lagi, Inggris masih belum mampu tunjukkan performa yang menjanjikan. Selama 90 menit mereka sangat kesulitan untuk mengalahkan lawannya tersebut. Padahal dengan jajaran pemain bintangnya, Southgate selaku pelatih sebenarnya bisa lakukan banyak variasi skema. Namun beruntung di laga ini, kesolidan Inggris masih ditunjukkan dan mereka sukses atasi sang lawan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0.

Gol semata wayang di laga ini yang jadi penentu kemenangan Tim Tiga Singa dilesakkan oleh winger Manchester City, yaitu Raheem Sterling. Ini menjadi gol kedua Sterling di ajang Euro, dan membuatnya menjadi top skor Inggris sementara di ajang Piala Eropa. Dari statistik, meski menang Inggris tak tunjukkan performa impresif. Mereka mungkin unggul sedikit dari segi penguasaan bola. Akan tetapi jumlah tembakan yang dilepas hanya 5 berbanding 7 milik Ceko. Ini menunjukkan lini depan Inggris nampak sedang tidak baik baik saja.

Meski demikian, kemenangan ini tetap memberikan 3 poin penuh kepada Inggris. Dengan tambahan tiga poin tersebut, Inggris sukses memastikan tempat di babak 16 besar. Mereka lolos dengan predikat sebagai juara Grup D dengan raihan 7 poin dari 3 kali berlaga. Sedangkan bagi Ceko, hasil ini membuat mereka turun ke posisi 3 klasemen Grup D. Walau demikian mereka masih memiliki lolos ke 16 besar sebagai peringkat 3 terbaik, namun mereka mesti menunggu semua laga fase grup selesai terlebih dulu.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Inggris kali ini berhadapan dengan salah satu Kuda Hitam Grup D, yakni Ceko di laga terakhir Grup D Euro 2020. Tampil di hadapan publiknya sendiri, Inggris jelas membidik kemenangan, apalagi kemenangan di laga ini akan membuat mereka otomatis lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Oleh sebab itu, sejak babak pertama dimulai, Inggris sudah berusaha mendominasi pertandingan.

Permainan yang cukup agresif dari Inggris di awal babak pertama sukses membuat mereka mencetak gol cukup cepat. Saat babak pertama baru berjalan 12 menit, The Three Lions sudah sukses membobol gawang Ceko. Aktor utamanya adalah Raheem Sterling yang meneruskan umpan Jack Grealish. Lesakkan Sterling ini sukses membawa Inggris sementara unggul 1-0.

Setelah gol, sayangnya permainan Inggris tak alami peningkatan. Mereka bermain dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Kondisi ini sempat berusaha dimanfaatkan Ceko beberapa kali untuk bisa melesakkan gol balasan. Akan tetapi pertahanan kokoh yang digawangi Harry Maguire dan John Stones masih sanggup meredamnya. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Babak Kedua

Saat pertandingan memasuki babak kedua, Inggris sebenarnya berusaha untuk terus menaikan intensitas serangan demi menambah keunggulan. Akan tetapi Ceko juga bermain cukup rapat di belakang. Kondisi ini membuat pertandingan sempat berjalan alot.

Tim tamu sebenarnya lebih agresif dengan melesakkan lebih banyak tembakan. Walau mereka kalah penguasaan bola, namun permainan reaktif Ceko cukup merepotkan tuan rumah. Sampai dengan babak kedua selesai kedua tim sama sama tak mampu melesakkan gol. Alhasil skor 1-0 pun bertahan sampai laga selesai dan kemenangan jadi milik tuan rumah, Inggris.

Susunan Pemain Ceko vs Inggris

Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik, Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Jan Boril, Tomas Holes, Tomas Soucek, Lukas Masopust, Vladimir Darida, Jakub Jankto, Patrick Schick.

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford, Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker, Declan Rice, Kalvin Phillips, Raheem Sterling, Jack Grealish, Bukayo Saka, Harry Kane.