google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Italia Menang Tipis atas Austria

Italia vs Austria
Lewat babak perpanjangan waktu, Italia sukses taklukan Austria di babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: Football Italia

Kemenangan berhasil diamankan tim nasional Italia setelah susah payah menghadapi Austria di laga babak 16 besar ajang Euro 2020. Wembley Stadium di Inggris menjadi saksi serunya pertandingan antara Italia melawan Austria ini. Di sepanjang jalannya pertandingan, kedua kesebelasan bermain sangat atraktif dan saling sering. Ini berbanding terbalik dari prediksi yang mengatakan Italia bisa menang mudah di laga ini. Anak asuhan Roberto Mancini butuh hingga 120 menit untuk bisa menaklukan Austria dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Gol gol kemenangan Italia di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Federico Chiesa dan Matteo Pessina. Sedangkan satu gol balasan Austria dilesakkan oleh Sasa Kalajdzic. Pertandingan ini memang mesti dilanjutkan sampai babak pertambahan waktu usai kedua kesebelasan hanya mampu bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Atas kemenangan dramatis ini, Italia berhak atas satu tiket menuju babak perempatfinal ajang Piala Eropa 2020. Gli Azzuri sukses melaju ke babak selanjutnya, dan kini tinggal menunggu pemenang di laga antara Belgia menghadapi Portugal. Sedangkan bagi Austria, perlawanan keras mereka sayang belum cukup untuk menaklukan sang raksasa. Alhasil David Alaba dan kawan kawan harus rela kiprah mereka di Euro terhenti pada babak 16 besar.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan tim nasional Italia berhadapan dengan lawannya, Austria dalam pertandingan lanjutan babak 16 besar Piala Eropa 2020. Italia yang diunggulkan menang memang lantas menampilkan permainan menyerangnya. Namun, di luar dugaan Austria mampu memberikan perlawanan cukup ketat pada sang lawan.

Bahkan Austria memiliki satu kans terbuka untuk bisa melesakkan gol di babak pertama. Marko Arnautovic lepas dari jebakan offside, dan mengelabui bek bek Italia. Sayang sepakan keras eks bintang West Ham United itu masih melambung dari gawang Gianluigi Donnarumma.

Italia sendiri di babak pertama juga punya satu kans yang hampir membuat mereka unggul. Sepakan keras Ciro Immobile tanpa terduga membentur tiang gawang. Kegagalan kedua tim mencetak gol membuat babak pertama berakhir imbang 0-0.

Babak Kedua

Di babak ini, laga tak terlalu berbeda jauh seperti babak pertama. Kedua tim sama sama gagal melesakkan gol. Namun Sebenarnya Austria sempat sukses membobol gawang lawannya lewat aksi Arnautovic. Namun sangat disayangkan, gol tersebut harus dianulir oleh wasit. Lantaran di tayangan VAR, Arnautovic terbukti dalam posisi offside. Tak ada gol di babak kedua membuat laga dilanjutkan ke babak extra tim 2 kali 15 menit.

Pada babak perpanjangan waktu ini, Italia sukses memanfaatkan kans yang ia dapat setelah Roberto Mancini lakukan beberapa perubahan. Lima menit babak perpanjangan waktu berjalan, Federico Chiesa sukses memecah kebuntuan. Sepakan kaki kirinya sukses merobek gawang lawan dan buat Italia unggul 1-0.

Masih di babak yang sama, tepatnya di menit ke-114, Italia kembali berhasil melesakkan gol ke gawang lawannya tersebut. Scrimmage yang ada di kotak penalti Austria, sukses dimaksimalkan Matteo Pessina untuk mencetak gol dan gandakan keunggulan timnya menjadi 2-0.

Austria sempat memperkecil ketertinggalan di menit akhir perpanjangan waktu. Manfaatkan situasi sepak pojok, Sasa Kalajdzic sukses mencetak gol menggunakan sundulannya untuk tipiskan skor menjadi 2-1. Sayang waktu yang tersisa tak cukup untuk mengejar defisit gol. Alhasil Italia pun sukses menangkan laga ini dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Italia vs Austria

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Leonardo Spinazzola, Nicolo Barella, Jorginho, Marco Veratti, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Austria (4-2-3-1): Daniel Bachmann, David Alaba, Marvin Hinteregger, Alkesandar Dragovic, Stefan Lainer, Florian Grilitsch, Xaver Schlager, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, Konrad Laimer, Marko Arnautovic.