google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Italia Sukses Gulung Habis Swiss

Italia vs Swiss
Dua gol Manuel Locatelli pimpin kemenangan Italia atas Swiss di lanjutan laga Euro 2020 Grup A.

cr photo: Football Italia

Laju kencang Italia nampaknya masih belum terhenti, kali ini korbannya adalah tim nasional Swiss dalam lanjutan laga Euro 2020 Grup A. Gli Azzuri yang bermain di kandangnya sendiri memang sangat termotivasi untuk bisa memenangkan laga ini. Alhasil di sepanjang pertandingan mereka cukup dominan atas sang lawan. Walaupun begitu, sejatinya Swiss sempat berhasil memberikan perlawanan yang cukyp ketat kepada sang tuan rumah. Sayang memang kuatnya gempuran Italia membuat mereka tetap tak bisa membendungnya. Italia sukses meraih kemenangan dengan skor akhir sangat meyakinkan, yakni 3-0.

Pada pertandingan ini gelandang muda Italia, yaitu Manuel Locatelli menjadi bintang kemenangan Italia. Pemain milik klub Sassuolo tersebut memborong dua dari tiga gol kemenangan Italia pada laga ini. Sementara itu satu gol lainnya dicetak oleh Ciro Immobile. Statistik mencatat, Italia sebenarnya kalah tipis dalam urusan penguasaan bola dengan presentase 49 persen berbanding 51 persen. Akan tetapi mereka lebih agresif dengan membuat lebih banyak tembakan. Italia membuat hingga 13 tembakan, sedangkan Swiss hanya berhasil menciptakan 6 tembakan saja.

Hasil maksimal ini berhasil membawa Italia menjadi tim yang pertama lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Italia saat ini menduduki posisi 1 klasemen dengan poin 6. Jumlah poin mereka sudah bisa dipastikan tak akan terkejar tim yang ada di posisi 3 klasemen. Sebaliknya bagi Swiss, kekalahan ini menahan mereka di posisi 3 klasemen dengan poin masih 1. Swiss masih butuh kemenangan di laga terakhir nanti melawan Swiss apabila memang ingin lolos ke babak 16 besar sambil berharap Wales takluk dari Italia.

Rangkuman Pertandingan

Skuad tim nasional Italia menjalani laga kedua fase Grup A Euro 2020 dengan menghadapi lawan mereka tim Kuda Hitam, Swiss. Gli Azzuri yang bertindak sebagai tuan rumah mengincar kemenangan kedua mereka di laga ini. Bermain di depan supporternya sendiri, Italia langsung menggebrak di menit menit awal laga. Pasukan Roberto Mancini langsung memaksa Swiss hanya bisa bermain bertahan.

Terus menekan, usaha Italia untuk bisa membuka skor terlebih dulu sukses terealisasi di menit ke-26 babak pertama. Menerima sodoran dari Domenico Berardi, Manuel Locatelli lantas melepaskan sepakan keras yang sangat terarah. Aksi gelandang muda Sassuolo itu sukses merubah skor sementara menjadi 1-0 untuk keunggulan Italia.

Setelah kebobolan, Swiss bermain lebih berani. Mereka sedikit lebih terbuka demi bisa mencetak gol penyama kedudukan. Akan tetapi buruknya koordinasi di lini depan membuat serangan demi serangan Swiss sangat mudah dipatahkan oleh lini belakang tuan rumah. Sampai babak pertama selesai, skor pun sama sekali tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Italia.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Swiss masih berusaha keras untuk bisa melesakkan gol balasan. Sejumlah peluang pun sempat mereka dapatkan. Salah satunya melalui aksi dari Haris Seferovic, akan tetapi usaha striker milik klub Benfica tersebut masih belum menghasilkan apapun.

Alih alih menyamakan kedudukan, gawang Swiss malah kembali kebobolan di menit ke-52 babak kedua. Lagi lagi Locatelli menjadi momok menakutkan bagi lini pertahanan Swiss. Kali ini aksinya meneruskan umpan Nicolo Barella berhasil menjebol gawang Swiss untuk kedua kalinya. Aksi kedua Locatelli ini sukses menggandakan keunggulan Italia menjadi 2-0.

Tampil solid di sepanjang pertandingan, Italia pun sukses menyempurnakan kemenangan mereka di menit ke-89. Ciro Immobile sukses memanfaatkan umpan Rafael Toloi untuk bisa melesakkan gol ke gawang Swiss. Aksi striker Lazio ini sukses memastikan Italia menang dengan skor akhir 3-0.

Susunan Pemain Italia vs Swiss

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola, Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Manuel Akanji, Fabian Schar, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez, Granit Xhaka, Remo Freuler, Kevin Mbabu, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Haris Seferovic.