google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Italia Sukses Menang Telak atas Turki

Turki vs Italia
Italia sukses bungkam Turki dalam laga pembuka ajang Euro 2020 Grup A.

cr photo: Forza Italian Football

Gelaran Euro 2020 akhirnya resmi dimulai, pertandingan antara Italia melawan Turki di Stadio Olimpico menjadi laga pembuka. Gli Azzuri yang bermain di depan para pendukungnya mendapat suntikan moril berlebih di pertandingan ini. Sepanjang jalannya pertandingan, anak asuhan Roberto Mancini benar benar tidak terbendung. Turki mereka buat tak beradaya dan hanya bisa bermain mengandalkan serangan balik. Meskipun sempat terbentur perlawanan ketat di babak pertama, Italia pada akhirnya sukses memenangkan pertandingan. Giorgio Chiellini dan kawan kawan menang dengan skor akhir sangat meyakinkan, yakni 0-3.

Tiga gol yang dilesakkan pasukan Italia di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, dan own goal defender Juventus, Merih Demiral. Melihat dari statistik laga secara keseluruhan, sangat wajar memang Itali bisa memenangkan laga ini. Pasalnya mereka mencatatkan penguasaan bola sangat tinggi dengan presentase mencapai 64 persen berbanding 36 persen. Jumlah tembakan yang mereka lepaskan juga sangat jauh di atas lawannya. Italia total membuat 24 tembakan dengan 8 yang on target. Sedangkan Turki hanya melepas 3 tembakan yang semuanya off target.

Berkat kemenangan ini, Italia sukses mengawali langkah mereka di ajang Euro 2020 dengan sangat baik. Kemenangan ini menjadi akan memberikan kepercayaan diri tambahan kepada skuad Italia. Tambahan tiga poin dari laga ini juga membuat Italia sementara menempati puncak klasemen Grup A. Sedangkan bagi Turki, ini jelas menjadi hasil yang tak menyenangkan bagi mereka, karena di dua laga selanjutnya Turki harus meraih hasil maksimal. Turki otomatis terjun ke posisi dasar klasemen Grup A dengan poin masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Ajang Euro 2020 akhirnya digelar di Stadio Olimpico dengan duel antara Italia melawan Turki sebagai pertandingan pembukanya. Italia yang bertindak sebagai tuan rumah cukup percaya diri mengawali laga. Termotivasi dengan kemenangan di depan publiknya sendiri, Gli Azzuri langsung mengambil alih kendali permainan sejak laga dimulai. Sang lawan mereka paksa bermain bertahan di areanya sendiri.

Meski demikian, di sepanjang babak pertama Italia cukup kesulitan membongkar pertahanan lawannya tersebut. Andalkan Caglar Soyuncu dan Merih Demiral, Turki berhasil meredam serangan Italia. Tuan rumah sebenarnya punya satu peluang emas lewat sepakan Lorenzo Insigne. Sayang aksinya meneruskan umpan Immobile masih sedikit melenceng.

Terus menyerang sayangnya memang tidak membuat Italia mampu sekalipun melesakkan gol ke gawang tim tamu. Turki sendiri juga gagal memanfaatkan setiap momen serangan balik yang mereka miliki. Alhasil babak pertama pun selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Selepas turun minum, permainan Italia semakin menjadi jadi. Mereka kini melakukan serangan lebih variatif dari segala sisi. Tekanan ini pada akhirnya tak mampu ditahan oleh pertahanan Turki. Gol pun tercipta saat babak kedua memasuki menit ke-53. Bermaksud menghalau umpan Domenico Berardi, Merih Demiral malah membuat bola berbelok masuk ke gawangnya sendiri. Own goal ini sukses bawa Italia sementara unggul dengan skor 0-1.

Tidak terlalu lama dari terciptanya gol pertama, Italia yang kian percaya diri sukses menambah keunggulan mereka saat babak kedua memasuki menit ke-66. Kali ini giliran sang bomber andalan, yakni Ciro Immobile yang berhasil menaklukan kiper Turki untuk membawa timnya menggandakan skor menjadi 0-2.

Timnas Italia pun sukses menyempurnakan kemenangan mereka dengan lesakkan gol ketiga di menit ke-79. Usai mencetak gol, Immobile berhasil memberikan assist yang memudahkan Lorenzo Insigne mencetak gol. Aksi kapten Napoli tersebut berhasil memastikan Italia memenangkan laga ini dengan skor akhir 0-3.

Susunan Pemain Turki vs Italia

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir, Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras, Okay Yokuslu, Kanan Karaman, Yusuf Yazici, Ozan Tufan, Hakan Calhanoglu, Burak Yilmaz.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Leonardo Spinazzola, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Alessandro Florenzi, Manuel Locatelli, Jorginho, Nicolo Barella, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Domenico Berardi.