google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Italia Sukses Menang Tipis atas Belgia

Belgia vs Italia
Italia berhasil taklukan Belgia dalam babak perempatfinal Euro 2020.

cr photo: Christof Stache – Pool/Getty Images

Hasil maksimal berhasil diraih kesebelasan tim nasional Italia saat menghadapi Belgia dalam lanjutan pertandingan perempatfinal Euro 2020. Sama sama berstatus sebagai tim unggulan membuat tim yang berlaga di partai menampilkan permainan terbaik mereka. Skuad mewah pun diturunkan dan membuat pertandingan memang berjalan seru hampir di sepanjang 90 menit laga. Italia yang bermain lebih dominan dari sang lawan pada akhirnya berhasil memenangkan pertandingan ini. Skuad berjuluk Gli Azzuri menangi laga dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-2 atas Belgia.

Gol gol penentu kemenangan Italia di pertandingan ini dicetak oleh Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne. Sedangkan satu satunya gol balasan Belgia dicetak Romelu Lukaku melalui titik penalti. Secara statistik, Italia memang lebih unggul, di mana mereka mencatatkan 54 persen penguasaan bola berbanding 46 persen milik sang lawan. Jumlah tembakan yang dilepas Italia juga lebih banyak, yakni 14 dengan 3 yang on target. Sedangkan Belgia selama 90 menit laga membuat 10 tembakan dengan 4 yang on target.

Keberhasilan Italia memenangkan laga ini membuat mereka berhak melaju ke babak selanjutnya, yakni babak semifinal. Pada babak semifinal atau empat besar, Italia sudah ditunggu lawan berat lainnya, yakni Spanyol. Skuad berjuluk La Furia Roja sendiri di laga lain susah payah mengalahkan Tim Kuda Hitam, Swiss melalui drama adu penalti. Sedangkan untuk Belgia, kekalahan ini otomatis membuat langkah mereka terhenti di babak perempatfinal ini. Laju kencang Belgia harus ditahan Gli Azzuri yang memang sejak awal turnamen jadi tim paling garang.

Rangkuman Pertandingan

Laga big match tersaji saat tim nasional Italia berhadapan dengan Belgia dalam lanjutan babak perempatfinal ajang Euro 2020. Sebagai dua tim unggulan, kedua kesebelasan langsung menampilkan permainan terbuka demi bisa mencari gol cepat terlebih dulu. Alhasil jual beli serangan antara kedua kesebelasan sudah terjadi bahkan saat babak pertama belum lama dimulai.

Setelah lalui pertarungan sengit, Italia sukses lebih unggul ketika babak pertama memasuki menit ke-31. Nicolo Barella yang sudah terkepung bek lawan secara cerdik sukses mengecoh bek bek Belgia. Gelandang enerjik milik klub Inter Milan itu melepaskan sepakan kaki kanan yang gagal dihalau Thibaut Courtois untuk bawa Italia unggul dengan skor 1-0.

Sukses membuka skor terlebih dulu membuat Italia sangat percaya diri. Selanjutnya Belgia harus dipaksa sedikit bertahan. Sampai akhirnya gol kedua sukses dilesakkan Italia di menit ke-44. Sepakan kaki kanan melengkung yang dilepas Lorenzo Insigne menjebol gawang Courtois untuk kedua kalinya dan membuat Italia ini unggul 2-0.

Belum mau menyerah begitu saja, Belgia memberikan respon cukup instan atas gol ini. Tusukan Jeremy Doku membuatnya dijatuhkan di kotak terlarang Italia. Wasit kemudian memberikan tendangan penalti pada Belgia di akhir babak pertama. Romelu Lukaku sukses menjalankan tugasnya untuk menjebol gawang Gli Azzuri dan tipiskan skor menjadi 2-1 yang kemudian jadi hasil di babak pertama.

Babak Kedua

Sepanjang jalannya pertandingan babak kedua, baik Italia maupun Belgia sama sama gagal melesakkan gol. Padahal mereka punya beberapa kans terbuka. Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir dan juga kompaknya pertahanan masing masing tim membuat skor sama sekali tak berubah. Italia pun sukses memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1.

Susunan Pemain Belgia vs Italia

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Thorgan Hazard, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku, Romelu Lukaku.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Leonardo Spinazzola, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Giovanni Di Lorenzo, Marco Veratti, Jorginho, Nicolo Barella, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Federico Chiesa.