google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Jerman Dipaksa Imbang oleh Hungaria

Jerman vs Hungaria
Jerman ditahan imbang Hungaria di Allianz Arena namun tetap lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: The Independent

Pertandingan seru mempertemukan tim raksasa Jerman, menghadapi Hungaria dalam lanjutan laga ketiga Euro 2020 Grup F. Jerman yang bermain di kandang sendiri dijagokan menang di pertandingan ini. Akan tetapi pada kenyataannya sepanjang jalannya pertandingan mereka benar benar dibuat kerepotan oleh pasukan Marco Rossi. Bahkan Hungaria berhasil membuat Jerman dua kali tertinggal di pertandingan krusial ini. Namun dengan kerja keras, Jerman sukses secara dramatis menahan imbang sang lawannya tersebut dengan skor akhir 2-2.

Gol gol yang dilesakkan Hungaria di pertandingan kali ini masing masing dicetak oleh Adam Szalai dan Andras Schafer. Sementara itu dua gol balasan skuad Der Panzer dicetak oleh Kai Havertz dan Leon Goretzka. Dari statistik terlihat bahwa Jerman menguasai penuh laga ini dengan penguasaan bola mencapai 76 persen berbanding 24 persen. Jumlah tembakan pun mereka unggul jauh, yakni 18 berbanding 9. Namun kedisiplinan Hungaria sukses meredamnya dan memaksa Die Mannschaft hanya bisa bermain imbang.

Beruntung bagi Jerman mereka terhindar dari kekalahan di laga ini. Pasalnya dengan hasil satu poin ini sudah cukup bagi mereka untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Jerman berhasil mengakhiri fase grup dengan finish di posisi 2 klasemen. Mereka hanya tertinggal 1 poin dari Prancis yang di laga lain juga ditahan imbang Portugal dengan skor sama, yakni 2-2. Sementara bagi Hungaria, hasil ini membuat mereka dipastikan angkat koper. Hungaria finish di posisi 4 klasemen dengan meraih hanya 2 poin. Meski demikian, banyak pihak mengapresiasi performa Hungaria di fase grup ini. Pasalnya alih alih menjadi bulan bulanan tim raksasa, mereka sukses membuat ketiga tim raksasa di Grup F sangat kerepotan.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Jerman kedatangan tim penghuni juru kunci Grup F, Hungaria di laga terakhir fase Grup F Euro 2020. Miliki kualitas skuad lebih mewah ditambah bermain di kandang sendiri, Jerman diunggulkan menang. Apalagi di laga ini Jerman juga berusaha menghindari kekalahan. Alhasil sejak babak pertama dimulai mereka sudah tampil sangat agresif.

Ini bisa dilihat dengan mereka sukses membuka peluang saat babak pertama masih di awal awal menit. Joshuan Kimmich yang naik membantu serangan sukses lepas dari jebakan offside. Sayang usahanya masih bisa digagalkan Peter Gulacsi.

Namun alih alih melesakkan gol terlebih dulu, gawang Jerman malah harus kebobolan duluan. Baru sebelas menit babak pertama berjalan, Adam Szalai berhasil melesakkan gol ke gawang Jerman. Meneruskan umpan Roland Sallai, ia sukses membawa Hungaria sementara unggul 0-1. Keunggulan ini berhasil dipertahankan oleh Hungaria dengan baik sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki babak kedua, Jerman yang masih tertinggal benar benar mengurung Hungaria. Setelah bekerja keras, usaha Jerman berbuah hasil di menit ke-66 babak kedua. Matt Hummels yang memenangi bola udara dengan Gulacsi sukses memberikan bola pada Kai Havertz. Pemain Chelsea itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong untuk ubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Namun ternyata skor sama ini hanya berlangsung dua menit saja. Pada menit ke-68, sebuah serangan balik berhasil berujung gol untuk Hungaria. Kali ini giliran Andras Schafer yang maksimalkan umpan Szalai untuk bawa Hungaria kembali unggul 1-2.

Ketika pertandingan terasa akan berakhir untuk kemenangan Hungaria, Leon Goretzka datang sebagai pahlawan tuan rumah. Sepakan mendatarnya tak mampu dibendung Gulacsi, alhasil gol pun tercipta. Skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain Jerman vs Hungaria

Jerman (3-4-2-1): Manuel Neuer, Mathias Ginter, Matt Hummels, Antonio Rudiger, Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan, Toni Kroos, Robin Gosens, Kai Havertz, Leroy Sane, Serge Gnabry.

Hungaria (5-3-2): Peter Gulacsi, Attila Fiola, Attila Szalai, Willi Orban, Endre Botka, Loic Nego, Andras Schafer, Adam Nagy, Laszlo Kleinheisler, Adam Szalai, Rolan Sallai.