google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Jerman Sukses Libas Habis Portugal

Portugal vs Jerman
Jerman sukses bungkam Portugal di laga kedua fase grup Euro 2020.

cr photo: Football 365

Laga seru terjadi ketima tim nasional Jerman menghadapi Portugal dalam lanjutan pertandingan Euro 2020 Grup F. Bermain di Allianz Arena, Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah memang tampil sangat apik di sepanjang pertandingan ini. Termotivasi atas kekalahan di laga perdana membuat Jerman sangat agresif saat melawan Portugal. Kondisi ini membuat sang lawannya tersebut sangat kerepotan di sepanjang pertandingan. Walaupun sempat tertinggal, namun Jerman mampu membalikkan keadaan dan melibas lawannya tersebut. Skuad berjuluk Die Mannschaft sukses mengakhiri laga dengan kemenangan sangat meyakinkan, yakni 4-2.

Pertandingan ini cukup unik karena dua dari empat gol yang dilesakkan Jerman lahir lewat aksi own goal bek Portugal, yakni Ruben Dias dan Raphael Guerrero. Sementara dua gol lainnya masing masing dicetak oleh Robin Gosens dan Kai Havertz. Sedangkan dua gol balasan pasukan Selecao das Quinas dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Diogo Jota. Statistik mencatat Jerman lebih unggul dengan penguasaan bola mencapai 58 persen berbanding 42 persen. Jumlah tembakan Jerman juga lebih banyak, yakni dengan total 12 kali, sedangkan Portugal hanya 7 kali.

Hasil dari pertandingan ini membuat persaingan di Grup F kini kian seru. Tambahan tiga poin membuat Jerman naik ke posisi 2 klasemen Grup F dengan poin 3. Mereka hany tertinggal 1 poin saja dari Prancis di peringkat pertama yang di laga lain ditahan imbang Hungaria. Sedangkan Portugal dengan hasil ini harus puas turun satu peringkat ke posisi 3 dengan poin masih 3. Keempat tim di grup ini masih berpeluang lolos ke babak 16 besar dan laga terakhir fase grup nanti akan jadi penentunya.

Rangkuman Pertandingan

Partai big match tersaji ketika tuan rumah Jerman, berhadapan dengan Portugal dalam laga lanjutan Euro 2020 Grup F. Di laga ini Jerman yang mengincar kemenangan usai kalah di laga perdana langsung memegang kendali permainan sejak awal babak pertama. Anak asuhan Joachim Loew nampak benar benar tak mau melepaskan pertandingan ini begitu saja.

Namun karena terlalu bernafsu mengejar gol, mereka malah harus kebobolan terlebih dulu. Pada menit ke-15 melalui skema serangan balik, Diogo Jota sukses lolos dari jebakan offside. Ia dengan mudah memberikan bola kepada Cristiano Ronaldo yang berdiri bebas, Ronaldo pun tanpa kesalahan sukses melesakkan gol untuk bawa Portugal sementara unggul 0-1.

Akan tetapi keunggulan Portugal ini tak bertahan terlalu lama. Ketika pertandingan masuk menit ke-35, Jerman berhasil menyamakan kedudukan. Diawali umpan Joshua Kimmich yang disambar Robin Gosens, tendangan bek Atalanta itu membentur kaki Ruben Dias dan membuat bola belok masuk ke gawang Portugal. Own goal bek Manchester City itu merubah skor jadi imbang 1-1.

Empat menit berselang, Jerman yang kian agresif benar benar membuat pertahanan lawannya kocar kacir. Tepat di menit ke-39, umpan tarik Serge Gnabry salah diantisipasi oleh Raphael Guerrero, bola kembali masuk ke gawang Portugal. Own goal kedua ini membuat Jerman berbalik unggul menjadi 2-1 yang bertahan sampai istirahat.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Jerman masih mendominasi laga. Akan tetapi Portugal mulai berusaha tampil agresif. Apes bagi Portugal, mereka mesti kembali kebobolan di menit ke-51 babak kedua. Aksi Robin Gosens yang naik membantu serangan diakhirinya dengan umpan ke arah Kai Havertz. Berdiri bebas, bintang Chelsea itu sukses memperbesar keunggulan Jerman menjadi 3-1.

Der Panzer kian tak terkejar tatkala mereka kembali melesakkan gol ke gawang Portugal di menit ke-60. Joshua Kimmich kembali jadi momok bagi pertahanan tamu dengan umpan berbahayanya. Kali ini umpan Kimmich memudahkan Robin Gosens melesakkan gol untuk menjauhkan skor menjadi 4-1.

Portugal sebenarnya sempat berhasil kembali memperkecil ketertinggalan di menit ke-67. Diogo Jota dengan mudah mencocor bola ke gawang kosong hasil umpan Cristiano Ronaldo. Skor berubah kini menjadi 4-2. Sayang sampai laga selesai skor tak kembali berubah dan Jerman sukses mengunci kemenangan dengan skor akhir 4-2.

Susunan Pemain Portugal vs Jerman

Portugal (4-1-4-1): Rui Patricio, Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerrero, Danilo Pereira, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, William Carvalho, Diogo Jota, Cristiano Ronaldo.

Jerman (3-4-2-1): Manuel Neuer, Antonio Rudiger, Matt Hummels, Mathias Ginther, Robin Gosens, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Joshua Kimmich, Kai Havertz, Thomas Muller, Serge Gnabry.