google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Prancis Sukses Menang Tipis atas Jerman

Prancis vs Jerman
Duel ketat Prancis vs Jerman berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 untuk Prancis.

cr photo: Standard UK

Laga big match tersaji ketika Prancis bertandang ke Allianz Arena, markas Jerman dalam pertandingan lanjutan Euro 2020 Grup F. Walau bermain sebagai tim tamu, Prancis tetap diunggulkan bisa memenangkan pertandingan ini. Akan tetapi lawan mereka, Jerman bukanlah tim sembarangan. Sepanjang jalannya pertandingan bahkan pasukan Die Manschaft berhasil bermain lebih dominan dari sang tamu. Akan tetapi sangat disayangkan memang Prancis sukses memanfaatkan satu peluang untuk mencetak gol. Di akhir pertandingan, Prancis sukses memenangkan laga dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Satu satunya gol penentu kemenangan Prancis di pertandingan ini lahir lewat aksi own goal defender Jerman, yaitu Matt Hummels. Sementara itu bila dilihat dari statistik, Jerman sebenarnya jauh lebih menguasai jalannya pertandingan. Anak asuhan Joachim Loew total mencatatkan penguasaan bola dengan presentase 62 persen berbanding 38 persen. Jumlah tembakan yang dilepas skuad Der Panzer juga jauh lebih banyak, yakni mencapai 10 kali tembakan. Sedangkan Prancis hanya berhasil melesakkan total 4 tembakan saja dengan 1 yang on target.

Hasil ini sangat positif bagi Prancis untuk mengarungi turnamen Euro edisi kali ini. Kemenangan atas Jerman juga berhasil membuat Prancis untuk sementara ini duduk di posisi 2 klasemen. Mereka mengoleksi 3 poin hanya kalah selisih gol dari Portugal yang di laga lain menang 3-0 atas Hungaria. Bagi Jerman sendiri kekalahan ini otomatis harus membuat mereka memaksimalkan sisa dua laga untuk mengamankan tiket ke 16 besar. Jerman saat ini menempati urutan 3 klasemen Grup F dengan poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Partai besar tersaji di Allianz Arena ketika tuan rumah Jerman bersua Prancis dalam laga lanjutan fase Grup F Euro 2020. Bermain sebagai tuan rumah tak membuat Jerman lantas dengan mudahnya memegang kendali pertandingan. Mereka mendapatkan perlawanan sangat sengit dari Prancis yang di pertandingan ini turun dengan skuad terbaik mereka termasuk Kylian Mbappe. Sejak laga dimulai tensi pertandingan pun sudah tinggi antar kedua kesebelasan.

Nasib sial menimpa Jerman saat babak pertama memasuki menit ke-20 babak pertama. Matt Hummels yang bermaksud menghalau bola malah membuat bola berbelok arah masuk ke gawangnya sendiri. Own goal bek Borussia Dortmund tersebut membuat sementara Jerman tertinggal 1-0 dari pasukan Les Bleus.

Setelah gol ini Jerman berusaha untuk melancarkan gol balasan. Akan tetapi serangan demi serangan mereka berkali kali bisa diredam dengan sangat baik oleh lini pertahanan Prancis. Sampai dengan babak pertama selesai, skor pun tidak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan pasukan Didier Deschamps.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Jerman masih terus mengurung pertahanan lawannya tersebut. Walau demikian, blok pertahanan Prancis yang begitu komplek dan tersistematis membuat Der Panzer sangat kesulitan bahkan untuk sekedar menembus lini tengah yang dikawal Paul Pogba dan N’Golo Kante.

Bahkan Jerman hampir saja dua kali kebobolan saat Kylian Mbappe dan Karim Benzema sukses melesakkan bola ke dalam gawang Manuel Neuer. Beruntung sekali kedua gol dari pemain depan Prancis tersebut harus dianulir oleh wasit karena offside.

Terus menerus melakukan serangan, sangat disayangkan tak banyak peluang yang Jerman dapatkan. Alhasil sampai dengan babak kedua berakhir, mereka sama sekali gagal melesakkan gol balasan. Kemenangan pun jadi milik tim nasional Prancis di laga ini dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Prancis vs Jerman

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Hernandez, Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian Mbappe.

Jerman (3-4-2-1): Manuel Neuer, Antonio Rudiger, Matt Hummels, Mathias Ginter, Robin Gosens, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Joshua Kimmich, Thomas Muller, Kai Havertz, Serge Gnabry.