google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Rusia Berhasil Taklukan Finlandia

Finlandia vs Rusia
Gol tunggul lesakkan Aleksei Mirabchuk berhasil bawa Rusia amankan kemenangan atas Finlandia di lanjutan laga Grup B Euro 2020.

cr photo: Around World Journal

Hasil cukup memuaskan berhasil didapat oleh kesebelasan Rusia ketika menghadapi Finlandia di lanjutan laga Euro 2020 Grup B. Memainkan laga di kandangnya sendiri, Rusia mendapat dukungan dari banyaknya pendukung yang datang langsung di stadion. Ditambah lagi motivasi tinggi untuk meraih kemenangan, alhasil tim berjuluk Beruang Merah tersebut cukup memegang kendali sepanjang pertandingan. Akan tetapi Rusia memang sempat mendapat kesulitan yang berarti dari lawannya. Finlandia berhasil membuat tuan rumah kerepotan. Namun, ketenangan Rusia pada akhirnya sukses memberikan mereka kemenangan. Skuad asuhan Stanislas Cherchesov berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Dari statistik memperlihatkan bahwa memang Rusia lebih unggul dari lawannya. Total mereka mencatatkan penguasaan bola dengan presentase 59 persen berbanding 41 persen. Sementara itu jumlah tembakan yang mereka lepas juga lebih banyak, yakni mencapai 14 tembakan dengan 3 yang on target. Sedangkan Finlandia hanya berhasil membuat 11 tembakan dengan satu shot saja yang on target. Dengan statistik seperti itu cukup wajar Rusia bisa mengamankan kemenangan di laga kali ini.

Kemenangan ini berhasil memunculkan kembali asa Rusia untuk bisa lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Tambahan tiga poin ini berhasil membawa mereka naik ke posisi 2 klasemen sementara Grup B. Mereka mengoleksi 3 poin unggul head to head atas Finlandia. Sementara bagi Finlandia sendiri, kekalahan ini membuat mereka turun ke posisi 3 klasemen, Finlandia masih mengoleksi 3 poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah dari dua kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik mempertemukan dua tim Kuda Hitam, yakni Rusia melawan Finlandia dalam lanjutan laga Euro 2020 Grup B. Rusia yang meraih hasil minor di laga perdana fase grup sangat termotivasi untuk bisa meraih kemenangan di laga ini demi menjaga asa mereka lolos ke babak 16 besar. Dengan dukungan para penonton di stadion, Rusia sejak awal babak pertama sudah bermain dominan atas lawannya.

Walau demikian, Finlandia berhasil memberikan perlawanan yang cukup ketat di sepanjang babak pertama. Lini belakang Finlandia juga tampil sangat solid untuk bisa meredam serangan serangan sang tuan rumah. Bahkan Finlandia sempat hampir membuka skor terlebih dulu lewat sepakan keras Teemu Pukki. Namun aksi pemain Norwich City itu masih bisa diblock oleh kiper Rusia.

Mendapat perlawanan yang ketat, Rusia tak kehilangan akal. Kesabaran mereka menekan pertahanan Finlandia akhirnya berbuah manis saat babak pertama memasuki menit akhir. Sepakan keras Aleksei Miranchuk berhasil menghujam gawang Finlandia. Aksi gelandang serang milik klub Atalanta itu sukses sementara membawa Rusia memimpin 1-0. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Finlandia yang tertinggal berusaha bermain lebih berani. Teemu Pukki dan kawan kawan pun lantas bermain terbuka untuk meladeni permainan terbuka Rusia. Hasilnya memang Finlandia memiliki sejumlah untuk bisa melesakkan gol. Salah satu yang terbaik adalah lewat aksi Joel Pohjanpallo yang sangat disayangkan kali ini sontekan striker Union Berlin itu masih melebar dari gawang Rusia.

Rusia sendiri di babak kedua juga memiliki sejumlah peluang berbahaya. Salah satu di antaranya adalah melalui aksi Artem Dzyuba. Striker bertubuh tinggi besar ini sempat berhasil menyambar sebuah umpan yang dilepas Miranchuk. Namun sayang arah sundulannya masih terlalu tinggi. Saling serang antara kedua tim di babak kedua tak hasilkan satupun gol. Skor 1-0 pun tak berubah dan Rusia sukses keluar sebagai pemenang di laga ini.

Susunan Pemain Finlandia vs Rusia

Finlandia (5-3-2): Lucas Hradecky, Jukka Raitala, Joona Toivio, Paulus Arajurri, Daniel O’Saughnessy, Jere Uronen, Robin Lod, Rasmus Schuller, Glen Kamara, Teemu Pukki, Joel Pohjanpallo.

Rusia (3-4-2-1): Matvei Safonov, Georgi Dzhikiya, Igor Diveev, Dmitri Barinov, Daler Kuzyaev, Roman Zobnin, Magomed Ozdoyev, Mario Fernandes, Aleksandr Golovin, Aleksei Miranchuk, Artem Dzyuba.