google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Slovakia Sukses Tundukkan Polandia

Polandia vs Slovakia
Diwarnai kartu merah, Slovakia sukses hajar Polandia dengan skor akhir 1-2 di laga Grup E Euro 2020.

cr photo: BBC

Hasil maksimal berhasil didapat oleh kesebelasan Slovakia ketika menghadapi tim kuat Polandia dalam lanjutan laga Grup E Euro 2020. Memainkan pertandingan di Gazprom Arena, St. Petersburg, Rusia, kedua tim sama sama menampilkan permainan terbuka. Semula diprediksi Polandia akan mudah mengatasi perlawanan Slovakia. Akan tetapi di luar dugaan, negara pecahan Ceko itu berhasil memperlihatkan perlawanan yang sangat ketat. Permainan cepat Slovakia pada akhirnya membuat sang lawan kewalahan dan menyerah. Slovakia di pertandingan ini berhasil meraih kemenangand engan skor tipis saja, yakni 1-2.

Gol gol penentu kemenangan Slovakia di laga ini masing masing lahir dari aksi Milan Skriniar dan own goal kiper Polandia, Wojciech Szczesny. Sementara satu satunya gol balasan Polandia dilesakkan oleh Karol Linetty. Laga ini juga diwarnai lahirnya satu kartu merah pertama pada Euro 2020, kartu merah tersebut diberikan kepada pemain Polandia, yakni Gregorz Krychowiak. Secara statistik memang sebenarnya Polandia lebih unggul dengan menciptakan 17 tembakan berbanding 11 tembakan milik sang lawan. Tapi kembali lagi, efektifitas di kompetisi ini menjadi segalanya untuk bisa meraih kemenangan.

Berkat kemenangan ini secara mengejutkan untuk sementara Slovakia menduduki posisi puncak klasemen sementara Grup E Euro 2020. Slovakia mengungguli Spanyol yang di pertandingan lainnya hanya bisa bermain dengan skor akhir imbang tanpa gol melawan Swedia. Sementara bagi Polandia, kekalahan membuat mereka jadi juru kunci klasemen dengan poin masih 0 yang otomatis akan memberatkan langkah mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik menghadirkan duel antara tim nasional Polandia menghadapi Slovakia dalam lanjutan pertandingan Euro 2020 Grup E. Sama sama mengincar kemenangan, kedua kesebelasan langsung memperlihatkan permainan yang terbuka. Polandia yang diunggulkan sejak awal babak pertama langsung memegang kendali permainan. Namun ternyata Slovakia berhasil memberikan perlawanan yang sengit.

Bencana datang ke kubu Polandia ketika laga babak pertama memasuki menit ke-18. Sebuah sepakan yang dilepaskan oleh pemain Slovakia gagal diantisipasi dengan baik oleh Wojciech Szczesny. Mantan kiper Arsenal itu membuat bola masuk ke gawangnya sendiri sehingga kini membuat Polandia sementara tertinggal 0-1.

Ketinggalan satu gol membuat Polandia menaikan tensi serangan demi bisa melesakkan gol balasan. Robert Lewandowski sempat hampir melesakkan gol. Sayang sekali sepakan kerasnya masih melebar dari gawang Slovakia. Babak pertama pun kemudian selesai dengan keunggulan Slovakia 0-1.

Babak Kedua

Selepas turun minum, pelatih Polandia nampak menginstruksikan anak asuhnya bermain lebih menekan. Hasilnya cukup instan di mana mereka sukses melesakkan gol di detik detik awal babak kedua. Maciej Rybus yang naik membantu serangan memberikan umpan yang sukses diselesaikan dengan baik oleh Karol Linetty. Aksi pemain Sampdoria ini sukses merubah skor menjadi imbang 1-1.

Sedang dalam posisi yang bagus, nasib baik malah kembali harus didapat oleh Polandia. Gregorz Krychowiak mendapatkan kartu kuning keduanya usai melakukan pelanggaran keras di menit ke-62. Wasit lantas memberikannya kartu merah yang membuat Polandia harus bermain dengan 10 pemain di sisa laga.

Tidak sampai di sana, tujuh menit berselang, yakni di menit ke-69 Slovakia menambah luka sang lawan. Milan Skriniar sukses melesakkan gol memanfaatkan umpan sepak pojok Marek Hamsik. Lesakkan defender Inter Milan ini membawa Slovakia kembali unggul 1-2. Kalah jumlah pemain membuat Polandia tak bisa berbuat banyak di sisa laga. Alhasil kemenangan jatuh ke tangan Slovakia dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Polandia vs Slovakia

Polandia (3-1-4-2): Wojciech Szczesny, Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Gregorz Krychowiak, Kamil Jozwiak, Maciej Rybus, Mateusz Klich, Karol Linetty, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski.

Slovakia (4-2-3-1): Martin Dubravka, Tomas Hubocan, Milan Skriniar, L’ubomir Satka, Peter Pekarik, Jakub Hromada, Juraj Kucka, Robert Mak, Marek Hamsik, Lukas Haraslin, Ondrej Duda.