google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Spanyol Menang Dramatis atas Kroasia

Kroasia vs Spanyol
Hujan 8 gol warnai kemenangan dramatis Spanyol atas Kroasia di babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: Paudal

Laga super seru terjadi malam tadi ketika Spanyol berhadapan dengan Kroasia di lanjutan laga babak 16 besar ajang Euro 2020. Memainkan laga di tempat netral, kedua tim memang langsung terlibat persaingan sengit di sepanjang pertandingan. Spanyol yang dominan dengan penguasaan bolanya, pada kenyataannya dibuat sangat kerepotan. Bahkan pertandingan butuh dilanjutkan ke babak extra time usai di waktu normal, skor berakhir imbang. Usai lalui perjuangan yang sangat berat, La Furia Roja pada akhirnya sukses mengamankan kemenangan di laga ini. Skuad asuhan Luis Enrique menang dengan skor sangat meyakinkan, yakni 3-5.

Lima gol yang dilesakkan Spanyol berasal dari lima pemain yang berbeda. Mereka di antaranya adalah Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta, Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal. Sedangkan tiga gol balasan Kroasia masing masing dicetak oleh Mislav Orsic, Mario Pasalic, dan own goal Pedri Gonzalez. Spanyol sendiri memang sangat layak menang karena tampil apik dengan mendominasi laga ini. Meski demikian, applause tetap mesti diberikan pada Kroasia yang tampil tak kenal menyerah sampai laga benar benar berakhir.

Dengan kemenangan ini Spanyol sudah dipastikan melenggang ke babak selanjutnya, yakni babak perempatfinal Euro 2020. Di babak tersebut, Spanyol sudah ditunggu oleh Swiss yang di pertandingan lain secara heroik sukses mengalahkan tim kuat, Prancis, lewat drama adu penalti. Sedangkan bagi Kroasia, atas kekalahan ini mereka harus rela kiprahnya di Euro 2020 ini berakhir hanya sampai babak 16 besar.

Rangkuman Pertandingan

Parken Arena di Copenhagen, Denmark menjadi saksi laga menarik antara Spanyol melawan Kroasia di lanjutan babak 16 besar Euro 2020. Spanyol cukup diunggulkan menang di laga ini, meski demikian sang lawan ternyata juga tak bisa dianggap remeh. Di awal awal laga, Spanyol berhasil mendominasi laga. Namun mereka sangat dibuat kerepotan dengan pressing agresif skuad Kroasia.

Kebuntuan sudah pecah saat pertandingan memasuki menit ke-20 babak pertama oleh Kroasia. Semua berawal ketika Pedri Gonzalez lakukan backpass ke kiper. Namun sayang bola tak bisa dikontrol oleh kiper Spanyol, Unai Simon. Bola pun masuk ke gawang dan own goal ini berikan Kroasia keunggulan 1-0.

Beruntung Spanyol mampu merespon cepat gol tersebut. Pada menit ke-38, La Furia Roja berhasil melesakkan gol penyama kedudukan. Sepakan jarak dekat Pablo Sarabia sukses merobek gawang Dominik Livakovic untuk merubah skor menjadi imbang 1-1. Kedudukan imbang ini bertahan sampai dengan babak pertama usai.

Babak Kedua

Memasuki jalannya laga babak kedua, Spanyol mengambil alih inisiatif penyerangan. Hasilnya sangat positif, mereka sukses melesakkan gol keduanya di menit ke-57 babak kedua. Memanfaatkan umpan Ferran Torres, Cesar Azpilicueta sukses menciptakan gol yang bawa Spanyol berbalik unggul 1-2.

Setelah mencetak gol, di menit ke-76 Ferran Torres sukses catatkan namanya sendiri di papan skor. Ia berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan Pau Torres untuk menjauhkan keunggulan timnya menjadi 1-3.

Tertinggal dengan defisit dua gol, Kroasia sama sekali tidak menyerah. Di sisa waktu babak kedua mereka mengurung Spanyol. Mislav Orsic sukses melesakkan gol cantik di menit ke-85. Lesakkan bintang Dinamo Zagreb ini menipiskan ketertinggalan Kroasia menjadi 2-3.

Tak kenal menyerah pada akhirnya secara dramatis, Kroasia sukses berhasil melesakkan gol ketiganya di masa injury time babak kedua. Kali ini Mario Pasalic sukses melesakkan gol yang merubah skor menjadi imbang 3-3. Skor imbang di waktu normal membuat laga terpaksa dilanjut ke extra time.

Pada babak ini, mentalitas baja Spanyol lah yang berbicara. Mereka berhasil mencetak dua gol. Yang pertama di menit ke-100 lewat aksi Alvaro Morata memanfaatkan umpan Dani Olmo. Kemudian yang kedua di menit ke-103 melalui lesakkan Mikel Oyarzabal, lagi lagi usai manfaatkan umpan Olmo. Pada akhirnya, Spanyol pun menangi laga ini dengan skor akhir 3-5.

Susunan Pemain Kroasia vs Spanyol

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic, Josip Juranovic, Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Matteo Kovacic, Nikola Vlasic, Bruno Petkovic, Ante Rebic.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Joe Luis Gaya, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta, Pedri Gonzalez, Sergio Busquets, Koke, Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Ferran Torres.