google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Swedia Menang Dramatis atas Polandia

Swedia vs Polandia
Swedia menang dramatis atas Polandia di akhir laga fase grup Euro 2020.

cr photo: beINSports

Pertandingan tidak kalah menarik terjadi saat tim nasional Swedia berhadapan dengan Polandia di lanjutan laga terakhir Euro 2020 Grup E. Swedia yang sudah memastikan satu tiket ke babak 16 besar tampil di bawah tekanan sang lawan, Polandia. Robert Lewandowski cs sendiri memang sangat membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Permainan agresif Polandia sayang tak dibarengi dengan efektifitas dan keseimbangan antara bertahan dan menyerang. Alhasil di laga ini kemenangan malah jatuh ke tangan Swedia. Anak asuhan Janne Andersson menang dengan skor tipis 3-2.

Sosok attacking midfielder milik RB Leipzig, yakni Emil Forsberg jadi bintang di pertandingan ini. Itu terjadi setelah Forsberg sumbangkan 2 gol yang pimpin kemenangan timnya. Sementara satu gol sisanya dilesakkan oleh pemain Swedia lain bernama Viktor Claesson. Sedangkan dua gol balasan tim nasional Polandia di laga ini diborong oleh sang striker, Robert Lewandowski.

Atas kemenangan ini, Swedia berhasil memantapkan langkah mereka melaju ke babak 16 besar Euro 2020. Swedia lolos dengan menyandang predikat Juara Grup E. Mereka finish dengan poin 7 hasil dari 3 kali berlaga, unggul 2 poin dari Spanyol di posisi 2 yang di laga lain menang telak 5-0 atas Slovakia. Sementara bagi Polandia, kekalahan ini membuat mereka menjadi tim selanjutnya yang harus gugur di fase grup ajang ini. Polandia hanya mampu menempati posisi juru kunci dengan poin 1 dari 3 kali bermain.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan tim nasional Swedia menghadapi Polandia di pertandingan terakhir ajang Euro 2020 Grup E. Polandia di laga ini bermain dengan pressure tinggi karena wajib sekali memenangkan pertandingan untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Oleh sebab itu Polandia memulai laga dengan langsung mengambil alih kendali permainan atas sang lawan.

Namun alih alih melesakkan gol, gawang Polandia malah harus kebobolan terlebih dahulu. Sebuah serangan kilat di menit ke-2 dilancarkan oleh Alexander Isak, ia kemudian dengan muda memberikan bola pada Emil Forsberg. Tanpa kesalahan, Forsberg sukses melesakkan gol untuk bawa Swedia memimpin 1-0. Di sisa waktu babak pertama, Polandia berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalan. Akan tetapi sampai laga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Swedia sama sekali tak berubah.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Janne Andersson memasukkan Dejan Kukusevski untuk menambah daya gedor skuad asuhannya. Hasilnya sangat positif, karena Kulusevski menjadi pencetak assist yang memudahkan Emil Forsberg lesakkan gol keduanya di menut ke-59. Brace Forsberg ini membawa Swedia memimpin 2-0.

Tertinggal dua gol, Polandia lantas sudah seolah tampil nothing to lose di sisa laga. Mereka pun sukses memperkecil ketertinggalan di menit ke-61 babak kedua. Robert Lewandowski sukses memaksimalkan umpan Piotr Zielinski untuk ubah skor kini menjadi 2-1.

Daya juang Polandia patut diacungi jempol di laga ini. Mereka sukses menyamakan kedudukan di menit ke-84 babak kedua. Robert Lewandowski kembali melesakkan gol setelah meneruskan umpan Frankowski. Gol kedua Lewy ini sukses merubah skor jadi imbang 2-2.

Akan tetapi mimpi buruk datang bagi Polandia di masa injury time babak kedua. Viktor Claesson sukses mencetak gol meneruskan bola sodoran Kulusevski. Lesakkan Claesson ini memastikan Swedia meraih kemenangan dengan skor akhir 3-2.

Susunan Pemain Swedia vs Polandia

Swedia (4-4-2): Robin Olsen, Michael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielsson, Ludwig Augustinsson, Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Robin Quaison, Alexander Isak.

Polandia (3-4-1-2): Wojciech Szczesny, Jan Bednarek, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski, Timoteusz Puchacz, Mateusz Klich, Georgi Krychowiak, Kamil Jozwiak, Piotr Zielinski, Robert Lewandowski, Karol Swiderski.