google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Swiss Sukses Buat Turki Tak Berdaya

Swiss vs Turki
Swiss sukses raih kemenangan sangat meyakinkan atas Turki di laga terakhir fase Grup A Euro 2020.

cr photo: beINSports

Kemenangan yang sangat meyakinkan diraih oleh skuad tim nasional Swiss yang melawan Turki di laga lanjutan Euro 2020 Grup A. Swiss yang butuh kemenangan sebesar mungkin di laga ini lantas bermain sangat terbuka dan juga agresif sepanjang 90 menit. Sementara Turki yang enggan pulang dengan tangan hampa juga berusaha untuk menyelesaikan fase grup setidaknya dengan raihan poin. Alhasil laga ini berjalan sangat menarik di mana kedua kesebelasan saling jual beli serangan. Namun Swiss yang jauh lebih efisien dalam bermain pada akhirnya sukses memenangkan laga dengan skor meyakinkan, yaitu 3-1.

Bintang kemenangan Swiss di pertandingan ini adalah sang kapten sendiri, yaitu Xherdan Shaqiri. Winger yang bermain untuk Liverpool itu sukses memborong dua dari tiga gol kemenangan timnya. Sedangkan satu gol lainnya milik Swiss di laga ini dilesakkan oleh Haris Seferovic. Sementara itu satu satunya gol balasan yang dilesakkan oleh Turki di pertandingan ini dicetak oleh pemain bernama Irfan Kahveci.

Sayangnya walau menang, Swiss belum dapat memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Pasalnya di klasemen akhir Grup A, Swiss menempati posisi 3 dengan poin 4. Mereka masih kalah selisih gol dari Wales yang di pertandingan lain hanya kalah 1-0 atas Italia. Swiss masih mesti menunggu semua laga fase grup selesai untuk memastikan diri apakah mereka bisa lolos sebagai 4 peringkat ketiga terbaik di fase grup. Sedangkan Turki, kekalahan sudah jelas membuat mereka pulang lebih dulu. Turki tampil sangat mengecewakan selama fase grup Euro kali ini dengan menelan tiga kekalahan dari 3 kali berlaga, sehingga mereka finish dengan meraih 0 poin.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah duel menarik menghadirkan tim nasional Swiss yang menghadapi Turki dalam lanjutan pertandingan Euro 2020 Grup A. Sama sama mengincar kemenangan, baik Swiss maupun Turki sudah melancarkan permainan yang sangat terbuka semenjak wasit memulai pertandingan. Alhasil jual beli serangan terjadi bahkan ketika babak pertama baru masuk menit menit awal.

Baru enam menit babak pertama berjalan, gol bahkan sudah tercipta. Aksi brilian Haris Seferovic meneruskan umpan Steven Zuber sukses melahirkan gol pembuka untuk Swiss. Skuad asuhan Vladimir Petkovic ini pun sementara unggul dengan skor 1-0.

Belum merasa aman dengan keunggulan satu gol, Swiss terus menekan pertahanan lawannya tersebut. Usai bekerja keras, gol kedua akhirnya berhasil diraih oleh Swiss. Steven Zuber kembali jadi kreator di gol kedua Swiss setelah umpannya kini sangat memudahkan Xherdan Shaqiri mencetak gol untuk bawa timnya unggul 2-0. Kedudukan tersebut lalu bertahan sampai dengan babak pertama usai.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki jalannya babak kedua, masing masing tim tak merubah strategi mereka. Turki di bawah asuhan Senol Gunes masih ngotot bermain ofensif demi mengejar ketertinggalan. Swiss sendiri yang butuh menang besar juga tak sama sekali menurunkan tensinya untuk menambah pundi pundi gol mereka.

Kerja keras Turki sempat membuahkan hasil di saat babak kedua masuk menit ke-62. Irfan Kahveci sukses meneruskan umpan terukur Hakan Calhanoglu untuk melesakkan gol bagi Turki. Lesakkan pemain Istanbul Basaksehir tersebut sukses menipiskan ketertinggalan Turki menjadi 2-1.

Sayangnya, hanya selang tujuh menit saja, yakni di menit ke-69, Swiss kembali berhasil melesakkan gol ketiganya di pertandingan ini. Steven Zuber yang tampil apik sukses melesakkan hattrick assist di laga ini, di mana assist ketiganya sukses disempurnakan oleh Xherdan Shaqiri menjadi gol. Kedudukan pun menjadi 3-1 untuk keunggulan Swiss. Kemudian skor ini bertahan sampai babak kedua selesai dan kemenangan jadi milik Swiss.

Susunan Pemain Swiss vs Turki

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Haris Seferovic.

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir, Mert Muldur, Caglar Soyuncu, Merih Demiral, Mehmet Zeki Celik, Kaan Ayhan, Hakan Calhanoglu, Irfan Kahveci, Ozan Tufan, Cengiz Under, Burak Yilmaz.