google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Swiss Sukses Tundukkan Prancis

Prancis vs Swiss
Lewat drama adu penalti, Swiss sukses singkirkan calo kuat juara, yakni Prancis di babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: BBC

Kejutan besar terjadi ketika tim nasional Prancis berhadapan dengan Swiss pada pertandingan lanjutan babak 16 besar ajang Euro 2020. Sebelum laga dimulai, Prancis jauh dijagokan menang di laga ini dengan segala keunggulannya. Namun di luar dugaan ternyata di sepanjang jalannya pertandingan mereka dibuat sangat kewalahan oleh Swiss. Dipaksa bermain imbang bahkan sampai ke babak extra time, laga pun dilanjut ke babak adu penalti. Di babak ini, Swiss sukses menaklukan sang Ayam Jantan dengan total skor adu penalti 4-5.

Di waktu normal sendiri laga selesai dengan skor akhir 3-3. Prancis mencetak tiga golnya masing masing melalui aksi Paul Pogba dan brace memukau yang dicetak Karim Benzema. Sedangkan tiga gol balasan Swiss di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Mario Gavranovic, dan dua gol apik kreasi Haris Seferovic. Kemenangan Swiss ini jadi kemenangan pertama lewat adu penalti di ajang Euro edisi kali ini.

Berkat kemenangan heroik ini, Swiss berhasil melaju ke babak selanjutnya, yakni babak perempatfinal. Pada babak tersebut, Swiss akan menghadapi tim kuat, yakni Spanyol. Pasukan Tim Matador sendiri melaju ke babak perempatfinal setelah dengan sangat susah payah mengalahkan Kroasia dengan skor akhir 3-5. Sedangkan untuk Prancis, kekalahan ini otomatis menghentikan kiprah mereka di Euro kali ini. Harapan mereka untuk mengawainkan gelar Piala Dunia dan Piala Eropa pun otomatis pupus karena kekalahan ini.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Prancis menghadapi lawannya, sang Kuda Hitam, yakni Swiss dalam pertandingan lanjutan babak 16 besar ajang Euro 2020. Sebagai tim yang diunggulkan menang, Prancis memang sejak awal sudah berusaha keras untuk bisa menguasai laga. Akan tetapi permainan disiplin yang ditunjukkan pasukan Vladimir Petkovic membuat Prancis sangat kesulitan.

Swiss bahkan berhasil unggul lebih dulu ketika pertandingan babak pertama berjalan 15 menit. Memaksimalkan umpan Steven Zuber, bola sukses dilesakkan ke dalam gawang Prancis oleh Haris Seferovic. Aksi striker Benfica ini sukses bawa Swiss sementara unggul 0-1. Kedudukan ini kemudian ternyata sanggup dipertahankan oleh Swiss sampai dengan babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Prancis yang tertinggal lantas meningkatkan intensitas serangan mereka. Hasilnya sangat positif, Prancis sukses melesakkan gol balasan di menit ke-57 babak kedua. Umpan Kylian Mbappe berhasil diteruskan menjadi gol oleh Karim Benzema untuk merubah skor menjadi imbang 1-1.

Tak butuh waktu lama bagi Prancis untuk bisa berbalik unggul. Dua menit berselang, atau di menit ke-59, Prancis berhasil melesakkan gol keduanya. Karim Benzema berhasil melesakkan bracenya yang menawan untuk membawa Prancis berbalik unggul 2-1.

Skuad asuhan Didier Deschamps kian berada di atas angin saat Paul Pogba berhasil melesakkan gol cantik di menit ke-75 babak kedua. Gol cantik bintang Manchester United itu berhasil menjauhkan keunggulan tim nasional Prancis kini menjadi 3-1.

Tertinggal dengan defisit dua gol, Swiss ternyata tak menyerah. Mereka berhasil memperkecil ketertinggalannya di menit ke-81. Umpan matang Kevin Mbabu memudahkan Haris Seferovic mencetak gol untuk ubah skor jadi 3-2.

Secara dramatis Swiss pada akhirnya berhasil memperpanjang nafas setelah Mario Gavranovic mencetak gol di menit ke-90. Gol ini membuat laga di waktu normal berakhir imbang 3-3 dan terpaksa dilanjut ke extra time.

Selama extra time kedua tim gagal melesakkan satupun gol. Alhasil pertandingan langsung berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini lima penendang Swiss sukses menjalankan tugasnya. Mereka adalah Mario Gavranovic, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ruben Vargas, dan Admir Mehmedi. Sedangkan di kubu Prancis, hanya empat yang sukses dari lima penendang. Mereka adalah, Paul Pogba, Olivier Giroud, Marcus Thuram, dan Presnel Kimpembe. Sedangkan Kylian Mbappe gagal, alhasil Prancis kalah di babak adu penalti dengan skor akhir 4-5.

Susunan Pemain Prancis vs Swiss

Prancis (3-5-2): Hugo Lloris, Raphael Varane, Clement Lenglet, Presnel Kimpembe, Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Antoine Griezmann, Adrien Rabiot, Karim Benzema, Kylian Mbappe.

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Steven Zuber, Granit Xhaka, Remo Freuler, Silvan Widmer, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo.