google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Ukraina Menang Dramatis atas Swedia

Swedia vs Ukraina
Gol telat Artem Dovbyk di ujung waktu extra time sukses menangkan Ukraina atas Swedia di babak 16 besar Euro 2020.

cr photo: Newsdons

Duel menarik tersaji saat tim nasional Swedia berhadapan dengan Ukraina di lanjutan pertandingan babak 16 besar ajang Euro 2020. Sama sama mengincar kemenangan, baik Swedia maupun Ukraina langsung memperlihatkan permainan yang agresif di sepanjang jalannya pertandingan. Saling berbalas serangan bahkan gol pun terjadi di antara kedua kesebelasan di laga ini. Bahkan saking ketatnya, laga mesti dilanjuta hingga babak extra time. Kejelian Ukraina dalam memanfaatkan peluang pada akhirnya sukses membuat mereka amankan kemenangan di pertandingan ini dengan skor tipi saja, yakni 1-2.

Dua gol penentu kemenangan Ukraina pada pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Oleksandr Zinchenko dan Artem Dovbyk. Sedangkan satu satunya gol balasan yang dicetak Swedia dilesakkan oleh Emil Forsberg. Di pertandingan yang sengit ini juga melahirkan satu kartu merah yang diberikan oleh wasit kepada defender Swedia, yakni Marcus Danielsson.

Dengan hasil memuaskan ini, perjuangan Ukraina di ajang Euro 2020 terus berlanjut. Mereka sukses lolos ke babak perempatfinal menyusul 7 tim lainnya yang sudah lolos. Pada babak tersebut, Ukraina sudah ditunggu Inggris yang di pertandingan lain sukses mengalahkan Jerman 2-0. Sementara bagi Swedia, kekalahan ini otomatis memupus harapan mereka melaju lebih jauh. Swedia pun mesti rela harus tersingkir di babak 16 besar ini.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru mempertemukan tim nasional Swedia menghadapi Ukraina dalam lanjutan pertandingan Euro 2020 babak 16 besar. Hampden Park di Glasgow, Skotlandia menjadi saksi menariknya duel antara kedua kesebelasan. Sama sama menginginkan kemenangan, dua tim ini turun dengan skuad terbaiknya dan lantas bermain sangat terbuka sejak awal awal babak pertama.

Di sepanjang jalannya laga babak pertama, Ukraina yang lebih mendominasi sukses membuka skor terlebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-27. Diawali umpan terukur yang dilepas Andriy Yarmolenko, bola sukses diteruskan dengan sangat baik oleh Oleksandr Zinchenko. Pemain andalan klub Manchester City ini berhasil melesakkan gol untuk membawa Ukraina sementara unggul atas lawannya dengan skor 0-1.

Akan tetapi sayangnya Ukraina tak mampu mempertahankan keunggulannya sampai babak pertama selesai. Pasalnya, di menit ke-42 babak pertama, atau di menit akhir, Swedia sukses menyamakan skor. Alexander Isak sukses memberikan assist yang memudahkan Emil Forsberg mencetak gol. Aksinya sukses memaksa laga babak pertama selesai dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Selepas istirahat, kedua kesebelasan masih saling bermain terbuka, Ukraina juga masih bermain lebih dominan dari lawannya tersebut. Mereka sempat mendapatkan satu peluang lewat aksi Roman Yaremchuk, yang bekerjasama dengan Yarmolenko. Sayang usaha kerasnya masih belum berhasil menjebol gawang Swedia.

Formasi menumpuk lima gelandang yang dilakukan Ukraina terlihat sangat berhasil meredam agresifitas lawannya. Terbukti dengan kesulitannya Swedia untuk sekedar mendekati kotak penalti mereka. Sayang Ukraina sendiri juga terus alami kesulitan mencetak gol keduanya. Babak kedua selesai tanpa adanya gol, sehingga laga dilanjut ke babak extra time.

Pada babak ini, awal bencana mulai menimpa Swedia, tepatnya saat babak extra tim berjalan sembilan menit. Marcus Danielsson melakukan pelanggaran keras. Wasit tak mentolerir hal tersebut dan langsung mengganjarnya dengan kartu merah. Di sisa waktu, Swedia pun harus bermain dengan 10 pemain saja.

Keunggulan jumlah pemain, pada akhirnya baru berhasil dimaksimalkan Ukraina di menit akhir babak kedua extra time. Artem Dovbyk yang masuk sebagai pemain pengganti sukses memaksimalkan umpan Oleksandr Zinchenko untuk melesakkan gol yang memastikan Ukraina memenangkan laga ini dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Swedia vs Ukraina

Swedia (4-4-2): Robin Olsen, Michael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielsson, Ludwig Augustinsson, Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Dejan Kulusevski, Aleksander Isak.

Ukraina (3-5-2): Heorhiy Bushchan, Mykola Matvienko, Serhiy Kryvtsov, Illya Zabarnyi, Oleksandr Zinchenko, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Karavayev, Roman Yaremchuk, Andriy Yarmolenko.