google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Ukraina Menang Tipis atas Makedonia Utara

Ukraina vs Makedonia Utara
Jalani laga ketat, Ukraina berhasil kalahkan Makedonia Utara di lanjutan laga Grup C Euro 2020.

cr photo: BBC

Raihan memuaskan berhasil didapat oleh kesebelasan Ukraina ketika melawan tim nasional Makedonia Utara di lanjutan Grup C Euro 2020. Bermain di venu netral, yakni Bucharest, Rumania, kedua kesebelasan terlibat persaingan cukup alot di sepanjang laga. Ukraina yang diunggulkan menang pada kenyataannya tak bisa begitu saja meraih kemenangan. Anak asuhan Andriy Shevchenko terasa sangat kesulitan melawan Makedoni Utara yang merupakan tim debutan. Usai melewati pertarungan sengit, pada akhirnya Ukraine berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1.

Dua gol Ukraina di laga ini dicetak oleh pemain sama yang juga mencetak gol ke gawang Belanda di laga perdana. Mereka adalah tombak kembar Ukraina, yakni Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk. Sementara itu satu satunya gol balasan Makedonia Utara dicetak oleh bek Leeds United, Ezgjan Alioski. Meski tak diunggulkan, secara statistik Makedonia Utara ternyata mampu mengimbangi sang lawan. Mereka hanya kalah penguasaan bola 47 persen berbanding 53 persen. Selain itu jumlah tembakan yang dilepaskan pun tak berbeda jauh, di mana Ukraina membuat 17 tembakan sedangkan Makedonia membuat 13 tembakan.

Atas hasil ini, Ukraina sukses mengembalikkan diri ke jalur kemenangan. Kini mereka bersiap untuk memastikan diri ke babak 16 besar. Ukraina sendiri duduk di posisi 2 klasemen sementara Grup C dengan poin masih 3. Mereka tertinggal 3 poin dari Belanda yang duduk di puncak klasemen yang mana di laga lain Belanda menang 2-0 atas Austria. Sedangkan bagi Makedonia Utara, kekalahan ini membuat mereka masih di dasar klasemen Grup C dengan poin 0.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat mempertemukan tim nasional Ukraina dengan Makedonia Utara dalam lanjutan laga Grup C Euro 2020. Memainkan laga di National Stadium, Bucharest, Rumania, kedua kesebelasan langsung terlibat duel ketat. Sama sama menderita kekalahan di laga perdana membuat mereka tampil sangat agresif. Sejak babak pertama dimulai, jual beli serangan sudah terjadi antara kedua kesebelasan.

Sempat berlangsung alot, pada akhirnya kebuntuan berhasil dipecahkan terlebih dulu oleh Ukraina saat babak pertama berjalan setengah jam. Umpan tajam yang dilepas Oleksandr Karavayev berhasil disontek Andriy Yarmolenko tepat di depan gawang. Aksi pemain West Ham United itu sukses membawa Ukraina sementara unggul 1-0.

Usai mencetak gol, pada menit ke-34 Yarmolenko menjadi kreator akan gol kedua yang dicetak oleh Roman Yaremchuk. Umpan terobosan Yarmolenko berhasil melepas Yaremchuk dari posisi offside. Dengan tenang, penyerang Lokomotiv Moskow tersebut sukses membuat gol yang bawa Ukraina kini unggul 2-0. Kedudukan tersebut bertahan sampai laga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Setelah istirahat, Makedonia Utara yang tertinggal dua gol benar benar membuat mereka sangat termotivasi di babak kedua. Permainan mereka jauh lebih terorganisir dan juga tertata lebih baik. Hasilnya, pada menit ke-57, Makedonia Utara dihadiahi tendangan penalti usai Goran Pandev dijatuhkan di kotak terlarang. Ezgjan Alioski yang maju sebagai algojo sempat gagal saat tendangannya ditepis kiper. Namun rebound sukses ia sambar untuk perkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Pada pertengahan babak kedua, nasib siap hampir menimpa Makedonia Utara. Salah satu pemainnya handsball di kotak terlarang. Wasit lalu memberikan tendangan penalti untuk Ukraina. Beruntung Ruslan Malinovskyi gagal menjalankan tugasnya karena dihalau kiper Makedonia Utara. Sampai laga selesai tak ada lagi gol yang lahir sehingga laga ini berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina.

Susunan Pemain Ukraina vs Makedonia Utara

Ukraina (4-3-3): Heorhiy Bushchan, Oleksandr Karavayev, Illya Zabarnyi, Mykola Matvienko, Vitaliy Mykolenko, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko, Oleksandr Zinchenko, Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Ruslan Malinovskyi.

Makedonia Utara (3-4-2): Stole Dimitrievski, Visar Musliu, Darko Velkovski, Stefan Ristovski, Ezgjan Alioski, Enis Bardhi, Stefan Spirovski, Arijan Ademi, Boban Nikolov, Elif Elmas, Goran Pandev.