google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Wales Sukses Buat Turki Tak Berdaya

Turki vs Wales
Wales berhasil taklukan perlawanan ketat Turki di lanjutan laga Grup A Euro 2020.

cr photo: Orange Pictures 49415377.jpg via Sports Lens

Kemenangan impresif berhasil diraih oleh tim nasional Wales ketika menghadapi tim kuat, Turki di lanjutan laga Euro 2020 Grup A. Stadion Olimpiade Baku di Azerbaijan menjadi saksi duel ketat antara kedua kesebelasan. Turki yang di laga perdana dihancurkan Italia berusaha bangkit di laga ini dengan mendominasi jalannya pertandingan. Akan tetapi ternyata Wales berhasil memberikan perlawanan yang tak menyenangkan bagi sang lawan. The Dragon bahkan membuat Turki tak berdaya di laga ini. Skuad asuhan Rob Page ini berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir yang cukup memuaskan, yakni 0-2.

Dua gol yang menjadi penentu kemenangan Wales di laga ini masing masing dicetak oleh Aaron Ramsey dan Connor Roberts. Selain Ramsey dan Roberts, di laga ini Gareth Bale tampil sebagai bintang dengan menjadi kreator dari dua gol tersebut. Melihat statistik laga secara keseluruhan, Turki sebenarnya menguasai pertandingan. Turki mencatatkan penguasaan bola sebesar 64 persen berbanding 36 persen. Mereka jumlah melesakkan lebih banyak tembakan, yakni 18 kali dengan 6 yang on target. Sementara Wales membuat 16 tembakan dengan 7 yang on target. Meski demikian, permainan efektif dan efisien Wales sukses tetap memberikan mereka kemenangan di laga ini.

Hasil memuaskan ini berhasil melanjutkan tren apik Wales di Euro 2020 yang belum kalah di dua laga awal fase grup, Wales kini berada di posisi 2 klasemen sementara dengan poin 4. Mereka selisih 2 poin dari Italia yang memuncaki klasemen dengan poin 6. Sedangkan bagi Turki, kekalahan ini membuat kini peluang mereka lolos ke babak 16 sudah sangat mengecil. Turki terdampar di posisi juru kunci Grup A dengan poin masih 0 karena menderita 2 kekalahan dari 2 laga awal.

Rangkuman Pertandingan

Tim nasional Turki harus melakoni laga berat menghadapi Wales dalam lanjutan laga Euro 2020 Grup A. Bermain di venue netral, yakni Olimpiade Stadium, Baku, Azerbaijan, kedua kesebelasan terlibat pertarungan sengit Turki yang memegang kendali permainan mendapatkan perlawanan yang ketat dari sang lawan. Oleh sebab itulah laga sudah diwarnai jual beli serangan sejak menit menit awal.

Turki membuka peluang untuk mencetak gol melalui sebuah aksi dari Burak Yilmaz. Striker Lille tersebut menerima bola sodoran dari Hakan Calhanoglu. Akan tetapi usahanya masih menjauh dari gawang dan tak hasilkan apapun. Skor masih imbang 0-0 antara kedua kesebelasan.

Keasikan menyerang, Turki yang lengah malah kecolongan di menit ke-42 babak pertama. Aaron Ramsey berhasil lolos dari jebakan offside saat menerima umpan Gareth Bale. Dengan tenang gelandang Juventus tersebut berhasil melesakkan gol ke gawang Turki. Lesakkan gelandang senior ini berhasil sementara membawa Wales memimpin 0-1. Kedudukan ini kemudian tak berubah sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Duel antara kedua kesebelasan jauh lebih menarik saat memasuki babak kedua. Turki yang tertinggal benar benar bermain terbuka demi bisa menyamakan kedudukan. Mereka sempat memiliki satu peluang lewat sundulan Merih Demiral yang memanfaatkan sepak pojok Calhanoglu. Namun usahanya bisa diamankan oleh kiper Wales.

Wales sendiri sebenarnya memiliki satu peluang emas untuk bisa menggandakan keunggulan mereka di pertengahan babak kedua. Diawali pergerakan Gareth Bale yang dijatuhkan Kaan Ayhan di kotak penalti, wasit lantas memberikan tendangan penalti untuk Wales. Sayang Gareth Bale yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya karena sepakannya melambung tinggi.

Akan tetapi Bale berhasil membayar kesalahannya tersebut dengan memberikan assist untuk gol kedua Wales. Tepat di masa injury time, tusukan Bale gagal dihadang bek Turki, ia lalu memberikan umpan tarik yang diselesaikan dengan baik oleh Connor Roberts. Aksi wingback kanan Wales tersebut sukses memastikan Wales memenangkan laga ini dengan skor akhir 0-2.

Susunan Pemain Turki vs Wales

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir, Mehmet Zeki Celik, Kaan Ayhan, Caglar Soyuncu, Umut Meras, Okay Yokuslu, Cengiz Under, Ozan Tufan, Hakan Calhanoglu, Kenan Karaman, Burak Yilmaz.

Wales (4-1-4-1): Danny Ward, Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham, Connor Roberts, Joe Allen, Gareth Bale, Aaron Ramsey, Joe Morrell, Daniel James, Kieffer Moore.