google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Euro 2020: Wales vs Swiss Berakhir Dengan Hasil Imbang

Wales vs Swiss
Duel sengit antara Wales menghadapi Swiss berakhir imbang dengan.

cr photo: Anadolu Agency

Duel sengit tersaji dalam lanjutan pertandingan Grup A Euro 2020 yang mempertemukan tim nasional Wales melawan Swiss. Memainkan laga di Baku, Azerbaijan, duel ini memang berjalan cukup ketat antara kedua kesebelasan. Digelarnya laga di venue netral juga membuat atmosfer persaingan lebih kompetitif antara kedua tim di sepanjang pertandingan. Sayangnya memang kedua tim harus puas gagal meraih kemenangan di partai pertama mereka di fase grup Euro ini. Baik Wales maupun Swiss harus puas hanya bisa meraih satu poin usai hanya mengakhiri pertandingan skor akhir imbang 1-1.

Swiss sukses melesakkan gol terlebih dahulu melalui aksi striker Borussia Monchengladbach, yaitu Breel Embolo. Sementara gol balasan Wales dilesakkan oleh pemain depan milik klub Glasgow Rangers, Kieffer Moore. Swiss sejatinya lebih unggul bila melihat dari statistik laga secara keseluruhan. Mereka mencatatkan penguasaan bola dengan total presentase 65 persen berbanding 35 persen. Tembakan yang mereka lepaskan juga lebih banyak, yaitu mencapai 18 tembakan, sedangkan Wales hanya membuat 9 tembakan. Namun sama sama buruk dalam urusan penyelesaian akhir membuat kedua tim hanya bisa bermain imbang.

Hasil imbang ini membuat Wales untuk sementara duduk di posisi 2 klasemen tepat di bawah Italia dengan koleksi poin 1. Italia sendiri memang sebelumnya sukses menang 3-0 atas Turki di laga pembuka Grup A. Sedangkan bagi Swiss tambahan satu poin di laga ini hanya membuat mereka kini ada di posisi 3 klasemen dengan poin 1. Dengan hasil kurang maksimal ini jelas mesti membuat Swiss harus bisa memanfaatkan dua laga tersisa demi bisa melangkah ke babak selanjutnya.

Rangkuman Pertandingan

Tim Nasional Wales dan Swiss saling bertemu untuk menjalani laga lanjutan Grup A Euro 2020. Tampil di Baku, Azerbaijan, yang merupakan venue netral membuat tensi pertandingan sudah tinggi sejak awal babak pertama dimulai. Keinginan kedua tim untuk bisa memenangkan pertandingan membuat keduanya berusaha mengambil alih kendali permainan terlebih dahulu.

Wales berhasil sedikit bermain dominan di menit menit awal babak pertama. Peluang juga sempat mereka dapatkan melalui sebuah umpan yang dilepaskan Daniel James. Bola yang meluncur tajam ke muka gawang Swiss sayang sekali tak mampu dijangkau oleh Kieffer Moore sehingga gol urung tercipta.

Sementara itu dari kubu Swiss mereka juga sempat memiliki satu peluang di pertengahan babak kedua. Haris Seferovic mendapat bola liar hasil sepakan Xherdan Shaqiri. Sayangnya striker Benfica itu tendangannya masih belum berhasil menjebol gawang The Dragon. Sampai dengan babak pertama selesai, sama sekali tak ada gol yang lahir sehingga skor imbang menjadi penutup di babak ini.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Swiss berbalik bermain jauh lebih dominan dari sang lawan. Hal ini membuat Wales memang mesti bermain aman dengan tak begitu meladeni permainan terbuka anak asuhan Vladimir Petkovic tersebut. Alhasil bola jadi lebih sering berkutat di area pertahanan Wales.

Gol yang dutunggu tunggu Swiss pada akhirnya lahir di menit ke-49 babak kedua. Memanfaatkan umpan sepak pojok Xherdan Shaqiri, bola berhasil ditanduk Breel Embolo menjadi gol. Lesakkan striker asal klub Monchengladbach tersebut berhasil membawa timnya sementara memimpin 0-1.

Akan tetapi setelah unggul Swiss memang sedikit terlena dengan mengendurkan permainannya. Alhasil kondisi ini berhasil dimanfaatkan oleh Wales saat babak kedua memasuki menit ke-74. Kieffer Moore yang mendapat umpan matang dari Joe Morrell berhasil menciptakan gol penyama kedudukan. Aksi Moore ini sukses membuat skor kini menjadi imbang 1-1. Tak mampu melesakkan gol lagi di sisa laga, alhasil kedua tim harus puas mengakhiri laga ini dengan hasil imbang.

Susunan Pemain Wales vs Swiss

Wales (4-1-4-1): Danny Ward, Connor Roberts, Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies, Joe Allen, Gareth Bale, Joe Morrell, Aaron Ramsey, Daniel James, Kieffer Moore.

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Manuel Akanji, Fabian Schar, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez, Granit Xhaka, Remo Freuler, Kevin Mbabu, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, Haris Seferovic.