FA Cup: Brighton Berhasil Lewati Hadangan Stoke City

Stoke City vs Brighton
Brighton menang atas Stoke City di ajang Piala FA lewat gol tunggal Evan Ferguson.

cr photo: Sports Lumo.

Pertandingan ketat tersaji ketika skuad Brighton datangi markas Stoke City di lanjutan pertandingan babak 16 besar ajang FA Cup. Bermain di markas lawan, Brighton menargetkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Jadi meskipun bermain di markas lawan, The Seagull tetap bermain agresif dan cukup mendominasi laga ini. Tetapi harus diakui memng bahwa Stoke City bisa memberikan perlawanan yang ketat kepada sang tamu. Butuh kerja ekstra keras dari Brighton untuk selesaikan pertandingan kali ini dengan kemenangan tipis saja, yaitu 0-1.

Gol semata wayang yang sukses diciptakan oleh skuad Brighton yang juga menjadi penentu kemenangan mereka di laga kali ini atas sang tuan rumah lahir dari aksi Evan Ferguson. Catatan statistik pertandingan ini memperlihatkan bahwa skuad Stoke bisa memberikan perlawanan yang cukup ketat. Brighton membuat 14 tembakan, sedangkan Stoke melepas 11 tembakan, jadi bisa dibilang kedua tim cukup intens dalam jual beli serangan. Namun Brighton bisa tampil memanfaatkan momentum untuk meraih kemenangan di laga ini.

Dengan raihan kemenangan ini, skuad Brighton sukses amankan satu tempat di babak selanjutnya, yakni babak perempatfinal ajang FA Cup musim 2022-2023. Brighton sukses menjaga kans untuk berbicara banyak dan memberi kejutan meraih gelar Piala FA. The Seagull menjadi tim EPL pertama yang lolos karena memang mereka jalani laga pembuka babak 16 besar. Sedangkan untuk Stoke City, hasil minor ini membuat mereka tersingkir, meski demikian Stoke tetap layak mendapat apresiasi berkat perlawanan ketatnya.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Stoke City menjamu Brighton di lanjutan babak perempatfinal ajang Piala FA musim kompetisi 2022-2023. Tampil di kandang sendiri, Stoke berusaha untuk memberikan kejutan dengan menargetkan kemenangan di laga ini. Jadi semenjak pertandingan dimulai, skuad berjuluk The Potter pun langsung tampil agresif meladeni permainan terbuka yang juga ditampilkan Brighton.

Jalannya babak pertama yang cukup alot berhasil dimanfaatkan oleh skuad Brighton untuk bisa melesakkan gol lebih dulu. Di menit ke-30, Kaoru Mitoma yang jeli berhasil memberikan assist terukur untuk memudahkan Evan Ferguson melesakkan gol dan membawa The Seagull sementara unggul dengan skor 0-1.

Di sisa sisa waktu babak pertama ini, ketertinggalan membuat Stoke City mau tak mau harus meningkatkan serangan mereka. Sayangnya meski sudah berusaha keras, The Potter terus alami kebuntuan sehingga babak pertama akhirnya selesai dengan kedudukan tetap 0-1 untuk Brighton.

Babak Kedua

Ketika jalannya laga memasuki babak kedua, skuad Stoke City masih dalam upaya mengejar ketertingglan. Sejumlah peluang didapat mereka, salah satu yang terbaik lahir dari aksi Josh Tymon, sangat disayangkan usahanya masih bisa digagalkan oleh lini belakang The Seagull.

Sementara dari kubu Brighton sendiri, mereka sepanjang jalannya babak kedua berupaya untuk menambah keunggulan. Akan tetapi anak anak asuhan Roberto de Zerbi pun alami kebuntuan seperti tim tuan rumah. Sepanjang babak kedua pun pada akhirnya sama sekali tak hasilkan satupun gol dari kedua kesebelasan. Laga ini pun selesai dengan kemenangan Brighton 0-1 atas sang tuan rumah.

Susunan Pemain Stoke City vs Brighton

Stoke City (4-3-3): Jack Bonham, Dujon Sterling, Axel Tuanzebe, Ben Wilmot, Ki-Jana Hoever, Lewis Baker, Jordan Thompson, Josh Laurent, Jacob Brown, Tyrese Campbell, Josh Tymon.

Brighton (4-2-3-1): Jason Steele, Pascal Gross, Lewis Dunk, Jan Paul van Hecke, Tariq Lamptey, Moises Caicedo, Alexis MacAllister, Facundo Buonanotte, Kaoru Mitoma, Jeremy Sarmiento, Evan Ferguson.