google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fakta Unik Bogor, Punya Kebun Raya Tertua hingga Masuk Dalam Guinness Book of Record

Salah satu ikon kota Bogor, Lawang Salapan dekat Tugu Kujang (foto: PemkotBogor)

Kota ini identik dengan sebutan Kota Hujan, tapi ada banyak fakta unik Bogor lainnya lho!

Kota Bogor menjadi salah satu destinasi wisata populer untuk menghabiskan liburan bagi masyarakat sekitar Bogor, seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi.

Dengan adanya berbagai macam wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata keluarga, tak heran Kota Bogor selalu ramai di akhir pekan dan libur lainnya.

Tapi, tahukah traveler kalau Kota Bogor punya beberapa fakta menarik, diantaranya Kebun Raya Bogor yang menjadi kebun raya tertua se-Asia?

Nah, simak yuk informasi fakta unik Bogor berikut ini yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Sejarah Hari Jadi Kota Bogor

Setiap tanggal 3 Juni diperingati sebagai Hari Jadi Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sejak 1973. Ternyata, penetapan hari ulang tahun kota ini diambil dari hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja pada 2 Juni 1482.

Kota Bogor dulunya merupakan tempat berdirinya Kerajaan Tarumanagara di abad kelima yangs sekaligus ibu kota Kerajaan Sunda di Pajajaran. Kota Bogor menjadi pusat pemerintahan Prabu Siliwangi.

2. Tugu Kujang, ikonnya Kota Bogor

fakta unik bogor
Tugu Kujang yang menjadi ikon Kota Bogor (foto: m.ayobogor.com)

Kalau berkunjung ke Kota Bogor, pastinya pernah melihat ikon kota yang satu ini, bukan? Inilah Tugu Kujang yang terletak di simpang tiga jalan raya Padjajaran, Otto Iskandar, dan Baranangsiang di Bogor.

Tugu Kujang sebuah tugu yang memiliki bentuk menyerupai senjata pusaka asli dari Jawa Barat. Tugu yang pertama kali dibangun pada 1982 ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan luas 26 meter x 23 meter.

Baca juga: Tempat Wisata Keluarga di Bogor Cocok Untuk Refreshing di Akhir Pekan

3. Julukan Kota Hujan

Fakta unik Bogor berikutnya yaitu sebutan Kota Hujan. Tak heran, warga Kota Bogor terbiasa selalu siap sedia membawa payung. Dengan curah rata-rata curah hujan 3.500 hingga 4.000 milimiter, tak heran kalau Bogor mendapat julukan ini.

Menurut beberapa pendapat ahli, ada beberapa faktor yang membuat Bogor memiliki intensitas hujan tinggi. Diantaranya karena kota ini dikelilingi pegunungan, yaitu Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango.

Ditambah lagi, Bogor juga punya wilayah hutan yang masih banyak dan luas. Kedua hal ini menyebabkan mudahnya terjadi proses pembentukan awan dalam proses hidrologi.

4. Makna Buitenzorg

Selain punya julukan Kota Hujan, Bogor juga dikenal dengan nama Buitenzorg.

Kota Bogor awalnya tercipta pada masa penjajahan Belanda. Nama Buitenzorg adalah Bahasa Belanda yang artinya kota yang damai atau kota yang tenteram. Hal ini ditandai dengan adanya tempat peristirahatan pada jaman kolonial, yaitu Istana Bogor.

Belanda saat itu memberikan nama-nama gelar bagi kota yang mereka promosikan untuk menarik kedatangan para wisatawan mancanegara. Bogor saat itu pun sudah menjadi incaran warga untuk berakhir pekan.

5. Istana Negara Bogor – Istana Merdeka

Fakta unik Bogor lainnya yang mungkin jarang diketahui warga Bogor dan lainnya adalah letak Istana Negara Bogor dan Istana Merdeka yang saling berhadapan. Jika ditarik garis antara Istana Bogor dan Istana Merdeka di Jakarta, maka akan terbentang garis lurus sepanjang lima puluh kilometer.

Baca juga: Mau Liburan Ke Bogor? Yuk Coba Glamping di Bogor!

6. Memiliki kebun raya tertua

fakta unik bogor
Kebun Raya Bogor yang sudah berusia dua abad (foto: pingpoint.co.id)

Warga Bogor patut bangga karena memiliki Kebun Raya Bogor. Tentunya, hampir semua orang yang berkunjung tahu tentang tempat wisata yang satu ini. Kebun buatan atau taman buatan yang memiliki luas 87 hektar dengan sekitar 15.000 jenis koleksi tanaman ini menjadi kebun raya tertua se-Asia Tenggara.

Kebun Raya Bogor didirikan pada 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen. Pada 2017 lalu kebun raya ini genap berusia 200 tahun, lho! Bahkan, Kebun Raya Bogor menjadi kebun raya tertua ketiga di dunia setelah Kebun Raya Pandova di Italia dan Royal Botanic Garden Sydney di Australia.

7. Intensitas petir yang melebihi rata-rata

Kota ini punya intensitas petir tinggi yang menjadi salah satu fakta unik Bogor. Kota ini pernah mengalami 322 sambaran petir dalam satu hari, padahal normalnya hanya delapan puluh petir dalam sehari.

Bahkan, BMKG mengatakan kalau Bogor sebagai kota dengan potensi petir terbesar di dunia pernah masuk dalam rekor Guinness Book Of Record. Banyaknya petir yang sering terjadi karena di kota ini punya topografi daerah yang dingin, sedangkan daerah di sekelilingnya panas.

Hal ini menyebabkan pertemuan suhu yang berbeda, udara panas yang bergerak ke udara dingin sehingga terjadi petir.

Baca juga: Ini dia 7 Tempat Wisata Instagramable di Sentul Untuk Weekend Getaway Seru!

8. Titik 0 km Kota Bogor

Kalau kamu pernah berkunjung ke Bogor mungkin pernah melihat tugu kecil berwarna hijau, putih, dan kuning yang menancap di depan gedung Balai Kota Bogor. Buat yang tidak tahu, inilah tugu yang menandakan titik 0 km Kota Bogor.

Tugu yang tingginya tak lebih dari satu meter ini memiliki tulisan yang terdapat di tiga sisi tugu. Tulisan tersebut yaitu ‘JKT 59’ di sisi atas, ‘Bgr 0’ di sisi kanan, dan ‘Jtn 47’ di sisi kiri.

Titik 0 km Kota Bogor yang jadi peninggalan Kolonial Belanda awalnya berada di dalam Istana Bogor. Karena letaknya yang tak memungkinkan untuk dilihat banyak orang, Tugu Titik 0 km ini kemudian dipindah ke depan Balai Kota Bogor.

9. Hari libur dipadati pengunjung dari luar Kota Bogor

Menjadi tempat favorit warga daerah lain, terutama warga Jakarta, membuat Kota Bogor selalu padat saat akhir pekan dan hari libur lainnya. Jalanan di kota ini lebih sering dipenuhi kendaraan dengan plat mobil luar Kota Bogor.

Karena banyaknya pengunjung yang datang, tak heran kerap terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan kota ini. Umumnya warga Bogor sendiri menghindari beraktivitas di luar saat musim liburan dan akhir pekan dan lebih memilih berdiam di rumah.

Sebagai destinasi wisata, ada beberapa fakta unik Bogor yang menarik

Nah, itu tadi sembilan fakta unik tentang Bogor yang mungkin traveler belum tahu. Sebagai tujuan berlibur, Kota Hujan ini menawarkan berbagai tempat wisata yang seru. Kalau kamu, apa yang membuat Bogor menarik untuk dikunjungi? Kulinernya, tempat wisata alam, wisata keluarga, belanja, atau kafe dan resto yang Instagramable untuk hang out? Yang pasti, Kota Bogor memang tak pernah bosan untuk dikunjungi, bukan? (ds3)