google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fakta Unik Korea, Traveler Sudah Tahu Belum?

Ada banyak fakta unik Korea Selatan (foto: https://unsplash.com/@nicolonimor)

Beberapa tahun terakhir, Korea Selatan berkembang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata populer. Ada banyak alasan yang membuat Korea Selatan jadi destinasi favorit para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Salah satunya, Korean Wave atau Hallyu. Nah, penasaran tidak dengan fakta unik Korea Selatan lainnya?

Simak yuk fakta unik tentang Korea Selatan yang perlu kamu tahu saat traveling ke sana.

Nama ‘Korea’ berasal dari Dinasti Goryeo

Goryeo artinya ‘tinggi dan jelas’. Sebutan untuk Korea sendiri diambil dari nama dinasti Goryeo (935-1392) yang didirikan oleh Jenderal Wang Geon. Korea dalam bahasa Korea di Korea Selatan berarti ‘Han-Guk, yang merupakan kependekan dari Han Min Guk.

Ada beberapa interpretasi puitis dari nama Korea, diantaranya ‘Tanah Pegunungan Tinggi dan Sungai Berkilau’ dan ‘Tanah Pagi yang Tenang’.

Bendera dengan makna yang sangat dalam

fakta unik korea selatan
Bendera nasional Korea Selatan (foto: https://unsplash.com/@stephnakagawa)

Bendera nasional Korea Selatan disebut juga dengan Taegukgi atau Taegeukgi. Bendera ini terdiri dari tiga bagian: latar belakang putih, lingkaran Taeguk merah dan biru di tengah-tengah, dan empat triagram hitam.

Makna dari setiap bagian memiliki makna yang dalam. Bagian dengan latar belakang putih melambangkan warna nasional Korea Selatan, dimana warna putih memiliki makna kedamaian dan kemurnian.

Sementara, Taeguk merah dan biru di tengah-tengah bendera berasal dari filosofi yin dan yang. Yin dan yang melambangkan keseimbangan alam semesta. Taeguk merah melambangkan lawan kekuatan kosmik yang positif. Sedangkan Taeguk biru melambangkan kekuatan kosmik negative.

Bagian trigram melambangkan empat elemen klasik, yaitu angin, air, api, dan bumi yang melambangkan prinsip gerakan yang harmonis.

Baca juga: Liburan ke Seoul Sekaligus Berburu Bunga Sakura, Di Sini Tempatnya!

Google Maps bukan merupakan petunjuk arah

Kalau biasanya kamu traveling ke tempat lain dan menggunakan Google Maps untuk membantu menunjukkan arah, lain lagi ceritanya dengan di Korea Selatan.

Jadi, meskipun Korea Selatan jadi salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia, bahkan melebihi Amerika Serikat, tapi Google Maps di Korea Selatan tidak menunjukkan arah, lho! Jadi, Google Maps tidak bisa digunakan di Negeri Ginseng ini.

Hal ini terkait dengan masalah kemanan negara. Sejak gencatan senjata dengan Korea Utara, Pemerintah Korea Selatan memiliki aturan yang tidak mengizinkan peta detail negara ditempatkan di server luar negeri.

Namun, pemerintah memberikan akses peta kepada bisnis lokal dan bisa menggunakan layanan peta dari Naver dan Kakao.

Lebih hemat menginap di sauna

Sauna atau jjimjilbang (foto: VisitKorea)

Buat kamu yang ingin traveling ke Korea Selatan tapi punya budget yang minim, bisa mempertimbangkan untuk menginap di sauna dibandingkan di hotel. Sauna di Korea Selatan adalah tempat pemandian umum yang kerap disebut jjimjilbang.

Sauna menjadi tempat favorit penduduk setempat untuk memulihkan tenaga setelah lelah seharian bekerja. Pengunjung yang datang akan diberikan seragam khusus dan handuk.

Nah, selain mandi, pengunjung juga bisa tidur dan menginap di tempat ini. Buka selama 24 jam dalam tujuh hari kerja membuat sauna banyak peminatnya. Tak heran, banyak turis yang datang untuk jangka waktu pendek menginap di sini untuk berhemat. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Dapat side dish gratis saat makan di restoran

Pernah perhatikan tidak, kalau kamu makan di restoran Korea di Indonesia, biasanya ada side dish atau banchan yang dihidangkan untuk menemani hidangan utama. Ternyata, kebiasaan menghidangkan banchan dilakukan hampir semua restoran di Korea Selatan.

Biasanya, restoran akan menghidangkan 5-11 banchan di piring-piring kecil. Tentunya, hidangan yang akan selalu kamu temukan adalah kimchi, sawi putih yang telah difermentasi. Nah, kalau banchan sudah habis, kamu bisa minta tambah secara gratis, lho!

Tes alkohol untuk setiap pengemudi

Polisi Korea Selatan akan memblokir satu sisi jalan dan memeriksa semua pengemudi yang lewat setiap Jumat dan Sabtu, khususnya malam hari. Semua pengemudi (kecuali pengemudi taksi) saat melihat patroli harus menepi, membuka jendela, dan melakukan tes alkohol.

Kadar alkohol dalam darah yang diizinkan untuk pengemudi adalah 400 mililiter bir atau segelas soju saja. Jika terbukti melanggar, pengemudi harus membayar denda. Jumlah denda akan disesuaikan dengan kadar alkohol dalam darah. Mislanya, kadar alkohol dalam darah 0,05-0,10 per mil, pengemudi akan dikenakan biaya $ 1.400 sampai dengan $ 2.800. Mahal yah?

Transportasi umum yang terintegrasi

fakta unik korea selatan
MRT di Kota Seoul (foto: Wikimedia Commons)

Korea Selatan jadi salah satu negara dengan sistem transportasi yang terintegrasi. Nah, saat liburan ke Korea Selatan, kamu bisa dengan mudah pergi ke seluruh penjuru Korea Selatan dengan transportasi yang terbilang murah ongkosnya.

Bus dan MRT bawah tanah merupakan sistem transportasi utama di negara ini. Traveler bisa membeli kartu perjalanan di toko-toko yang ada saat tiba di bandara di Korea Selatan. Kamu bisa melakukan isi ulang saldo dimana saja.

Ada banyak rasa unik di McDonald’s

Untuk urusan makanan, tak perlu khawatir, nih karena ada banyak restoran cepat saji seperti McDonald’s. Buat kamu yang suka mencoba berbagi macam makanan khas suatu tempat, wajib mencoba menu di restoran cepat saji ini.

McDonald’s di Korea Sealtan punya banyak rasa unik yang tak boleh kamu lewatkan. Diantaranya menu dengan isian bulgogi atau udang. Hmm…jadi tak sabar yah ingin cobain langsung.

Toilet dengan fitur canggih

Keadaan toilet di suatu tempat baru kadang jadi bahan pertimbangan wisatawan untuk melancong ke luar negeri. Nah, kalau traveling ke Korea Selatan tak perlu khawatir, nih. Sama seperti di Jepang, toilet di Korea Selatan juga ada toilet modern yang punya banyak fitur canggih.

Di Bandara Incheon, kamu bisa menemukan toilet yang dudukannya berupa lapisan plastic transparan dan bisa berganti secara otomatis. Ada juga fitur pemanas dan pengering. Dijamin, buang air jadi nyaman selama liburan.

Fakta unik Korea Selatan yang bisa ditemui saat traveling ke sana

Nah, itu tadi beberapa fakta unik yang bisa kamu temukan saat liburan ke Korea Selatan. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mendapatkan perjalanan liburan yang lancar dan menyenangkan. Jadi, siap traveling ke Korea Selatan? (ds3)