google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fakta Unik St. Petersburg yang Traveler Wajib Tahu!

Pemandangan indah kota St. Petersburg (foto: pixabay.com/tama66)

Ada banyak fakta unik St. Petersburg yang mungkin tak banyak orang tahu

St. Petersburg atau SANKT Petersburg adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Rusia setelah Moskow dengan luas wilayah 1.439 km². Dikenal sebagai kota budaya, St. Petersburg didirikan oleh Tsar Peter Agung (Peter I) pada 1703 silam.

Kalau traveler berkunjung ke Rusia, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan untuk mengunjungi St. Petersburg. Kota yang dijuluki dengan The Venice of the North menyimpan hal-hal menarik. St. Petersburg dihiasi dengan lanskap indah, bangunan dengan arsitektur mengagumkan, serta jembatan yang cantik di penjuru kota.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan, ada fakta menarik tentang St. Petersburg yang mungkin traveler belum tahu.

Berikut tujuh fakta menarik tentang St. Petersburg yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Berganti nama beberapa kali

Fakta unik St. Petersburg yang pertama adalah kota ini pernah menjadi ibu kota Rusia sejak didirikan pada 1703 hingga 1712.  Selain pernah menjadi ibu kota, St. Peterburg juga mengalami beberapa kali perubahan nama. Kota St. Petersburg berubah nama menjadi Petrograd dari tahun 1914 hingga 1924, setelah Perang Dunia I.

Pada 1924, pecah revolusi di Rusia dan kota ini berubah menjadi Leningrad hingga 1991. Nama Leningrad diambil untuk menghormati revolusioner komunis Vladimir Lenin. Setelah 1991, nama kota ini kembali menjadi St. Petersburg.

2. Stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia

fakta unik st. petersburg
Stasiun kereta bawah tanah di St. Petersburg (foto: https://pixabay.com/tama66-1032521)

Memiliki geologi kota yang unik, kereta bawah tanah di St. Petersburg merupakan salah satu yang terdalam di dunia, yang menjadikannya salah satu fakta unik St. Petersburg. Selain terdalam, sistem kereta bawah tanah kota ini juga sangat megah dengan langit-langit tinggi berhias marmer, lampu gantung, dan karya seni.

Pembangunan sistem kereta bawah tanah kota dimulai pertama kali pada 1941. Dengan adanya invasi Nazi ke Uni Soviet, beberapa kompleks bawah tanah yang sudah dibangun menjadi tempat perlindungan warga dari serangan udara. Stasiun baru dibuka pada 1955.

Admiralteyskaya, stasiun terdalam dalam sistem kereta bawah tanah St. Petersburg dan stasiun terdalam kedua di dunia, terletak di kedalaman 86 meter di bawah tanah. Selain itu, di stasiun ini juga terdapat eskalator terpanjang di dunia, lebih dari 130 meter.

3. Dulunya wilayah rawa-rawa

Ini dia fakta unik St. Petersburg yangn mungkin tak banyak diketahui wisatawan. St. Petersburg modern adalah kota yang penuh dengan gemerlap lampu di malam hari, bar dan restoran yang menghiasi sudut jalan, serta bangunan megah dengan arsitektur mengagumkan.

Tapi, tahukan traveler kalau dulunya kota ini adalah rawa-rawa? Adalah Peter Agung, sosok yang ingin menghubungkan Rusia ke seluruh Eropa melalui jalur laut. Karenanya, ia mengubah dan mendirikan St. Petersburg dari nol.

Dalam usaha pembangunan St. Petersburg, Tsar memerintahkan empat puluh ribu orang untuk membangun kota. Para pekerja melakukan perjalanan ke rawa dengan berjalan kaki dan membawa peralatan sendiri. Selama proses pembangunan jembatan tersebut, setidaknya menewaskan seratus ribu warganya. Mereka tewas saat di perjalanan karena harus berjalan ratusan kilometer.

4. Butuh sepuluh tahun untuk mengelilingi State Hermitage Museum

Kota cantik St. Petersburg menawarkan keindahan alam dengan ratusan jembatan indah yang menghiasi seluruh kota. Selain itu, terdapat ribuan landmark yang menjadi tujuan wisata, diantaranya State Hermitage Museum. Museum ini dikenal juga dengan nama Russian Gosudarstvenny Ermitazh.  

State Hermitage Museum adalah sebuah museum seni dan budaya yang didirikan pada 1764 oleh Catherine the Great (Yekaterina Agung). Dulunya, museum ini adalah galeri seni pribadi milik Yekatarina Agung yang terhubung dengan Istana Musim Dingin. Museum ini dibuka untuk umum sejak 1852.

Terdapat lebih dari tiga juta koleksi karya seni dan artefak dari seniman terkenal dunia, seperti Michaelangelo, Da Vinci, dan sebagainya. Dikabarkan, jika pengunjung melihat satu karya seni selama satu menit, setidaknya dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk benar-benar menjelajah seluruh museum. Kamu harus coba berkunjung untuk tahu fakta unik St. Petersburg yang satu ini.

Baca juga: 7 Negara Eropa Bersiap Menerima Turis Dengan Paspor Vaksin

5. Jembatan terbelah yang sangat indah

fakta unik st. petersburg
Palace Bridge di malam hari (foto: dookinternational.com)

Kota ini terdiri dari empat puluh pulau. Dulunya, Peter Agung melarang pembuatan jembatan dengan harapan agar masyarakat bisa bepergian menggunakan perahu. Seiring perkembangan zaman, jembatan-jembatan dibangun untuk menghubungkan antar pulau.

St. Petersburg menjadi rumah bagi sekitar delapan ratus jembatan. Dari ratusan jembatan yang ada, beberapa jembatan dapat dipindahkan seluruhnya. Kota ini juga punya jembatan terbelah yang menjadi ikon dan destinasi wisata favorit wisatawan.

Uniknya, beberapa jembatan di St. Petersburg akan terbelah menjadi dua ketika tengah malam agar kapal-kapal besar bisa melalui Sungai Neva. Jembatan-jembatan di Sungai Neva ini menjadi ikon kota dan menjadi daya tarik tersendiri. Dua diantaranya yang terkenal indah adalah Palace Bridge dan Trinity Bridge.

6. Dulunya punya ribuan pasukan kucing

Tahukah traveler salah satu fakta unik St. Petersburg yang satu ini? Kota yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO ini dulunya punya pasukan lima ribu kucing. Saat Perang Dunia II, negara merekrut dan mempekerjakan ribuan kucing.

Eits, tapi bukan untuk turun ke medan perang, nih traveler! Ternyata, pasukan kucing bertugas mengusir tikus dari St. Petersburg. Tindakan ini dilakukan karena saat itu banyak tikus-tikus yang berkeliaran dan masuk ke toko makanan.

Tikus-tikus ini memakan makanan yang ada sehingga menularkan penyakit ke penduduk setempat yang mengkonsumsi makanan tersebut. Ribuan kucing disebar di seluruh penjuru kota untuk memburu tikus-tikus itu. Jadi, jangan lewatkan untuk berburu suvenir kucing saat berkunjung ke kota ini!

7. Pilar Raksasa Palace Square tidak memiliki pondasi

fakta unik st. petersburg
Pilar raksasa Alexander Column di Palace Square, St. Petersburg (foto: flickr/Dale Taylor) 

Fakta unik St. Petersburg berikutnya adalah Alexander Column, atau dikenal juga dengan Alexandrian Column. Ini adalah pilar raksasa yang jadi titik fokus Palace Square (Dvortsovaya Ploshchad) di St. Petersburg.

Pilar berbobot enam ratus ton ini telah berdiri selama lebih dari 185 tahun yang dibangun tanpa pondasi. Awalnya, pilar ini dihindari oleh warga St. Petersburg karena takut tertimpa tiang yang sewaktu-waktu bisa roboh.

Kala itu, Auguste de Montferrand, sang pencipta pilar setinggi 48 meter ini harus berjalan-jalan di bawah tiang tersebut setiap hari untuk menunjukkan kalau monumen tersebut aman.

Fakta unik St. Petersburg yang mungkin tak banyak orang tahu

St. Petersburg merupakan salah satu kota terindah di dunia. Wisatawan yang berkunjung dijamin akan jatuh cinta dengan pesona kota yang beragam. Mulai dari sejarah, budaya, arsitektur, hingga kehidupan malamnya. Tak banyak yang tahu, ada beberapa fakta unik St. Petersburg yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Tentunya, tak boleh dilewatkan untuk dieksplor saat berkunjung ke kota ini. Jadi, mau masukkan Sankt Petersburg ke dalam bucket list kamu, traveler? (ds3)